English Language Indonsian Language

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch 1 2022 Telah Resmi Dibuka.

Bandung, ITB Career Center – Dalam rangka pembukaan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch 1 2022, Panitia FHCI mengundang para perwakilan dari Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta dan juga turut mengundang para perwakilan perusahaan BUMN. Acara ini bertajuk Workshop Match-Up Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang diselenggarakan secara daring melalui platform zoom.

 

Tangkapan layar saat sesi foto dilaksanakan pada acara Workshop Match-Up Program PMMB Batch 1 2022 pada Jumat, 25 Februari 2022. (Dok. ITBCC)

Acara yang dihadiri kurang lebih oleh 300 peserta ini dibuka oleh Bapak Sofyan Rohidi selaku Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Dalam sambutan dan pemaparan hasil matchup PMMB Batch 1 2022 ini disampaikan bahwa jumlah penyerapan matchup antara Perguruan Tinggi dan Perusahaan BUMN pada tahun ini mengalami penurunan, hingga kurang lebih 50% jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Masih dalam kondisi pandemi seperti ini, kebijakan perusahaan WFH dan sebagian WFO menjadikan salahsatu alasan kurang terserapnya mahasiswa dalam program ini. Disebutkan bahwa sebelum pandemi, dalam 1 tahun penyelenggaran PMMB bisa menyerap kurang lebih 11.000 mahasiswa, namun sejak pandemi, jumlah yang terserap hanya 5500 mahasiswa atau 2500 mahasiswa per batch.

“Total pendaftar PMMB setiap tahunnya cukup banyak, tahun ini saja jumlah pendaftar mencapai 13.345 mahasiswa dari 213 Perguruan Tinggi. Ini artinya program ini sangat diminati mahasiswa, Semoga dari para BUMN membuka lebih banyak lowongan untuk para mahasiswa ini” ujar Bapak Sofyan.

Berdasarkan data, ada 7 jurusan yang cukup banyak dibutuhkan oleh perusahaan, yaitu Akuntansi, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Teknik Industri, Desain Komunikasi Visual, Psikolog, dan Manajemen Bisnis, dari total 172 jurusan yang tersebar dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia (31 Provinsi Lokasi Kebutuhan)

Setelah dilakukan match-up antara ketersediaan mahasiswa dengan kebutuhan perusahaan, 93% sudah terpenuhi dan sisanya belum terpenuhi yaitu sebanyak 7% atau 180 posisi belum terpenuhi. Jumlah jurusan terbanyak yang masih bisa diisi adalah berasal dari Desain Komunikasi Visual sebanyak 24 posisi, Manajemen 20 posisi, Hukum, Psikologi dan Akuntasi sebanyak 11 posisi masing-masing. Untuk memenuhi kebutuhan ini, akan dibicarakan kemudian kepada masing-masing PIC dari perguruan tinggi.

 

Tangkapan layar saat Pak Sofyan Memberikan Sambutan dan Pemaparananya (Dok.ITBCC)

Ada satu pertanyaan dari peserta yang hadir akan kekhawatiran ada program serupa yang dijalankan oleh instansi lain, yaitu program MSIB, yang membuat jumlah penyerapan dari program PMMB ini mengalami penurunan yang cukup jauh, namun ditegaskan kembali oleh Pak Sofyan bahwa penurunan kebutuhan dari perusahan BUMN ini bukan karena berebut lahan dengan program lain, namun memang karena adanya pandemi.

Untuk pengumuman hasil match-up program PMMB Batch 1 2022 bisa diakses di >> https://karir.itb.ac.id/articles/detail/1378 (EF).

Komentar


Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung