English Language Indonsian Language

Forum ICCN Dorong Kompetensi Tenaga Kerja Indonesia

Menteri Ketenagakerjaan RI, Dr. Hanif Dahiri, menyampaikan bahwa 60 persen sumberdaya manusia (SDM) Indonesia merupakan lulusan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Adanya ketidak sesuaian kebutuhan SDM, over supply dan tidak punya kompetensi yang memadai ini menjadi persoalan serius dalam bidang ketenagakerjaan di kita sekarang ini,” kata Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Hanif Dahiri, dalam acara Indonesia Career Center Summit (ICCS) th 2017, yang digelar forum Indonesia Career Center Netwok (ICCN), di gedung International Convention Center (IICC), Kota Bogor. Rabu, (13/09/17).

Untuk itu Hanif berharap hadirnya forum ICCN ini akan mampu mendorong sekaligus meningkatkan kopetensi para pekerja Indonesia, sehingga mampu bersaing dengan para pekerja asing. “Era kebutuhan dalam dunia kedepan jauh berbeda. Untuk itu, suka tidak suka, siap atau tidak siap, kita memang harus mampu memeprsiapkan SDM di kita ini dengan sebaiak mungkin agar nantinya mampu bersaing dengan para pekerja asing,” harapnya.

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof.Dr. Herry Suhardiyato, pada kesempatan tersebut juga mayampaikan bahwa IPB sebagai lembaga pendidikan perguruan tinggi nasional akan terus berupaya melaksanakan berbagai macam kegiatan untuk meningkatkan daya saing SDM agar mampu menjawab tantangan dunia kerja ke depan lebih baik.

“Melalui Indonesia Career Center Netwok (ICCN) ini para tenaga ahli yang ada dapat bersaing, berkompeten dan berkualitas. ICCN ini juga dapat menjadi sarana bertemunya semua stakeholder yang berkaitan dengan SDM di Indonesia untuk menjadi wadah atau sarana berbagi pengetahuan, pengalaman, konsultasi, dan mencari solusi-solusi permasalahan dalam mengelola dan menguatkan peran pusat karir di perguruan tinggi,” papar Rektor IPB.

Presiden ICCN, Dr. Bambang Setiabudi menjelaskan, bahwa forum ICCN ini adalah asosiasi pusat karir perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang telah disepakati namanya sejak pra summit kedua oleh 36 pusat karir yang hadir pada waktu itu. “Pada tahun 2017 ini pula, asosiasi telah melakukan program penguatan pusat-pusat karir di berbagai wilayah di Indonesia,” jelasnya.

Sumber : bisnisjakarta.co.id

Komentar


Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung