English Language Indonsian Language

Cetak Calon Pemimpin Masa Depan , PT. Elnusa Tbk Gelar Leader's Sharing & Action (ELSA) Gelar Sesi Sharing Bareng Mahasiswa ITB

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – Direktorat Kemahasiswaan melalui ITB Career Center bersama PT. Elnusa Tbk menggelar Elnusa Leader's Sharing & Action (ELSA) yang diadakan secara bauran pada Senin, 20 Mei 2024, bertempat di Gedung Kuliah Umum Timur (GKUT) ITB Kampus Ganesha. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Elnusa yang mengacu pada International Organization for Standardization (ISO) 26000 yakni Social Responsibility serta Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya tujuan keempat, yaitu Pendidikan Berkualitas. Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan inspirasi kepada mahasiswa mengenai dunia kerja serta lingkungan profesional yang dinamis dan menantang.

Hafiz Aziz Ahmad, S.Sn., M.Des., Ph.D., Kepala Sub Direktorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan Mahasiswa ITB, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat memberikan wawasan baru dan membuka peluang bagi mahasiswa. Hafiz menekankan pentingnya belajar dari pengalaman para pemimpin di Elnusa, yang dapat menjadi bekal berharga bagi mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja.

Hera Handayani, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT Elnusa Tbk, turut hadir menjadi pemateri utama dengan materinya yang bertajuk "Big Dream Big Impact". Hera berbicara tentang pentingnya memiliki mimpi besar dan berani bermimpi. Dia menekankan bahwa langkah pertama menuju kepemimpinan adalah mengenali diri sendiri. Menurutnya, memahami diri sendiri, termasuk memahami kemampuan dan batasan, adalah kunci untuk bisa memimpin diri sendiri dengan konsisten. Hera menekankan bahwa orang-orang yang bisa naik ke posisi atas adalah mereka yang konsisten terhadap diri mereka sendiri dan mampu menangani kegagalan dengan baik.

Hera juga berbicara tentang pentingnya hidup dengan kesadaran penuh, fokus pada apa yang sedang dikerjakan, dan tidak hanya hadir secara fisik tetapi juga mental secara utuh. Ia menekankan bahwa untuk mencapai dampak besar, seseorang harus fokus pada tanggung jawab yang sedang dijalankan dan memastikan tim dapat memberikan hasil terbaik. Itulah kunci menjadi pemimpin.

Tidak hanya itu, Hera juga membahas tentang bagaimana membuat diri standout di dunia kerja nantinya. Ia menekankan pentingnya rasa ingin tahu, terus belajar seperti anak kecil, dan yang tidak kalah penting yaitu membangun jaringan. Networking, menurutnya, sangat bermanfaat karena dari komunitas kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru. Hera juga menekankan pentingnya menjadi proaktif, dan merasa jika mendapatkan tugas di luar tugas utama sebagai tantangan untuk eksplorasi diri.

Hera turut menekankan untuk tidak terlalu nyaman dalam zona aman kita, dan mencoba keluar dari zona nyaman tersebut. Menurutnya, proses keluar tersebut melewati tiga zona yakni zona ketakutan, zona pembelajaran, dan zona pertumbuhan. Ia menjelaskan bahwa langkah paling sulit namun penting adalah meninggalkan zona nyaman, menghadapi tantangan, dan tidak terjebak oleh ketakutan. Di zona pembelajaran, kita belajar menghadapi tantangan, memperoleh keterampilan baru, dan memperluas zona nyaman kita. Di zona pertumbuhan, kita menemukan tujuan, menetapkan tujuan baru, dan hingga menaklukkan tujuan tersebut.

Selain itu, Hera melengkapkan pemahaman peserta dengan berbagai tahapan kepemimpinan lainnya seperti Lead Others, Lead Leaders, Lead Organization, hingga akhirnya Lead Strategy.

Acara ELSA ini tidak hanya memberikan wawasan mengenai dunia kerja dan kepemimpinan, tetapi juga diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa untuk memiliki mimpi besar dan berani mengambil langkah keluar dari zona nyaman untuk terus belajar dan memberikan dampak bagi diri dan sekitar.

 

Dokumentasi: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika 2021)
Reporter : Iko Sutrisko Prakasa
Editor : Anne Rufaidah

Komentar


Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung