English Language Indonsian Language

Pertamina Patra Niaga: Fuel Your Future with Pertamina Patra Niaga

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – ITB Integrated Career Days April 2024 sukses digelar di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB dengan menghadirkan beragam kesempatan bagi para pencari kerja dan mahasiswa untuk memperluas wawasan mereka tentang dunia kerja. Salah satu highlight dari acara tersebut adalah presentasi dari PT. Pertamina Patra Niaga yang bertajuk "Energizing Your Career: Fuel Your Future with Pertamina Patra Niaga" pada 19 April 2024 yang dibawakan langsung oleh Dasa Tri Suryo Wicaksono, Manager Organization Capability dari Pertamina Patra Niaga.

Dalam presentasinya, Dasa memberikan gambaran tentang transformasi Pertamina sebagai salah satu perusahaan energi terkemuka di Indonesia. Salah satu aspek penting dari transformasi ini adalah pembentukan 6 subholding di bawah naungan Pertamina Patra Niaga.

Subholding tersebut meliputi Upstream, Refinery and Petrochemical, Commercial and Trading, Gas, Integrated Marine Logistics, dan Power and New Renewable Energy. Masing-masing subholding memiliki tanggung jawabnya sendiri dalam rantai nilai energi nasional, seperti eksplorasi, produksi, pengolahan, distribusi, dan pemasaran.

Dalam penjelasan lebih lanjut, Dasa menjelaskan bahwa Subholding Upstream, dioperasikan melalui PT Pertamina Hulu Energi (PHE), bertanggung jawab atas eksplorasi dan produksi minyak dan gas. Sedangkan Subholding Refining dan Petrochemical, dioperasikan oleh PT Kilang Pertamina Internasional, bertanggung jawab atas pengolahan minyak menjadi produk minyak dan produk petrokimia. Subholding Commercial and Trading (C&T), yang dioperasikan melalui PT Pertamina Patra Niaga, bertanggung jawab atas pendistribusian dan pemasaran produk energi Pertamina, termasuk BBM, pelumas, dan LPG.

Dalam konteks penjelasan selanjutnya, Dasa menggarisbawahi bahwa Subholding Commercial and Trading (C&T) memiliki portofolio produk yang luas, mencakup segmen B2C (Business to Customer) dan B2B (Business to Business), serta mendukung infrastruktur untuk mendukung operasional perusahaan. Di segmen B2C, produk-produk seperti bahan bakar minyak (BBM), LPG, dan pelumas menjadi fokus utama, sementara di segmen B2B, Pertamina Patra Niaga menyediakan berbagai macam produk seperti bahan bakar industri, petrokimia, aviasi, dan perdagangan.

Tak hanya itu, Subholding Gas, Integrated Marine Logistics, dan Power and New Renewable Energy juga turut berkontribusi dalam menyediakan layanan dan produk energi bagi masyarakat Indonesia. Melalui struktur ini, Pertamina bertujuan untuk mewujudkan kedaulatan energi bagi Indonesia dengan mengintegrasikan seluruh kegiatan penyediaan energi secara lebih fokus dan terarah.

Dasa juga membahas mengenai kesempatan karier di Pertamina Patra Niaga. Program rekrutmennya mencakup berbagai latar belakang pendidikan mulai dari sarjana hingga lulusan SMK. Ada juga kesempatan bagi para profesional berpengalaman untuk bergabung dengan perusahaan ini, baik untuk posisi tetap maupun kontrak. Program magang juga tersedia bagi mereka yang baru lulus kuliah dan ingin mendapatkan pengalaman kerja di lingkungan perusahaan besar seperti Pertamina Patra Niaga.

Dengan fokus pada penyediaan berbagai produk energi, baik dari sumber konvensional maupun terbarukan, Pertamina Patra Niaga berharap dapat ikut andil dalam memenuhi kebutuhan energi nasional.

Reporter : Iko Sutrisko Prakasa | Editor : Anne Rufaidah

 

 

Komentar


Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung