English Language Indonsian Language

Prioritaskan Kesejahteraan Karyawan, CCEP Indonesia Usung Budaya “Being Well”

BANDUNG,kemahasiswaan.itb.ac.id -  Di zaman semakin maju  ini, gangguan kesehatan mental yang terjadi di kalangan masyarakat khususnya remaja dan dewasa menjadi topik yang ramai diperbincangkan. Namun, masih ada juga orang yang menganggap kesehatan mental sebagai hal yang tabu. Layaknya sakit secara fisik,  gangguan kesehatan mental juga dapat menghambat segala aktivitas yang kita lakukan.

Coca - Cola Europacific Partner (CCEP) Indonesia, perusahaan minuman terkemuka di dunia merupakan salah satu perusahaan yang aware terhadap isu gangguan kesehatan mental. Sabtu (20/4/2024), CCEP Indonesia mempromosikan pentingnya menjaga kesehatan mental dalam acara ITB Career Center di Sabuga dan program “Well Being”yang ada di Coca - Cola sebagai budaya perusahaan.

Lia Savitrie Yulianto, Manager Well Being CCEP Indonesia mengenalkan program Well Being untuk para karyawan CCEP. Sebelumnya, Lia menyebutkan kriteria orang yang dianggap well being atau sejahtera menurut WHO. Ia menuturkan bahwa terdapat 4 ciri orang yang sejahtera, diantaranya mampu memahami potensi diri, produktif, mampu bangkit dari stres, dan yang terakhir bermanfaat bagi orang lain.

Budaya Well Being yang ada di Coca - Cola mengajarkan untuk peduli  terhadap orang lain. “Di Coca - Cola kita diajarkan untuk peduli terhadap orang lain sehingga orang - orang yang sehat bisa mensupport orang yang terkena mental health karena pada dasarnya orang yang terkena mental health bukan berarti seumur hidupnya gila. Tapi, orang yang mental health bisa aja kondisinya hari ini lagi ga baik tapi bisa jadi besok kondisi nya baik”, terang Lia Savitrie

Untuk memastikan karyawannya sehat secara fisik, mental, finansial, sosial, dan spiritual, Coca - Cola memiliki departemen khusus Well Being. Uniknya di departemen tersebut memiliki hotline yang bisa dihubungi 24 jam untuk berkonsultasi terkait masalah apapun. Segala sesuatu yang membuat karyawan terganggu atau pusing bisa dilimpahkan ke departemen Well Being untuk dikonsultasikan sehingga masalah tersebut terselesaikan. 

Coca - Cola memiliki 141 Well Being First Aiders yang tersertifikasi sebagai pertolongan pertama terhadap karyawan yang terkena gangguan mental. Well Being First Aiders membantu karyawan untuk lebih terbuka tanpa harus pergi ke professional untuk berkonsultasi.

Dengan mengusung budaya "Being Well", CCEP Indonesia berkomitmen untuk terus menjadi perusahaan yang peduli terhadap kesejahteraan karyawan dan mendorong terciptanya lingkungan kerja yang sehat dan produktif bagi semua pihak yang terlibat.


Reporter : Nur Asyiah (Rekyasa Pertanian, 2021)
Editor : Anne Rufaidah

Komentar


Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung