English Language Indonsian Language

Resmi Dibuka, PMW X TOP ITB 2024 Siapkan Wirausahawan Muda

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id - PMW X TOP ITB Batch 1 tahun 2024 resmi dibuka pada Sabtu (20/4/2024) di Sabuga ITB. Acara tersebut dihadiri oleh  Dr. Irwan Gumilar, S.T, M.Si, Indra Permana Sopian, serta para peserta PMW  XT OP ITB Batch 1 Tahun 2024.

Pada kesempatan ini, Sekretaris Bidang Kewirausahaan dan Inkubasi Bisnis, Dr. Irwan Gumilar, S.T, M.Si menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya,  ia berharap semoga startup yang dirancang oleh peserta PMW X TOP ITB tidak hanya bertahan pada masa kuliah, namun bisa berkembang dan bertahan hingga seterusnya.

 Acara inti dari pembukaan PMW X TOP ITB batch 1 2024 adalah seminar bertajuk “Membangun Bisnis Teknologi: How to Sustain From Zero to 1”. Seminar ini menghadirkan Indra Permana Sopian, CEO Beta UAS sebagai pembicara. BETA UAS merupakan perusahaan manufaktur yang berdiri sejak 2016 dan memproduksi drone - drone lokal untuk pemetaan, survey, dan kebutuhan industri.

Seminar “Membangun Bisnis Teknologi: How to Sustain From Zero to 1” menjadi mata acara yang sangat insightful khususnya bagi para peserta PMW dalam mengembangkan dan mempertahankan keberlanjutan sebuah startup.

“Mencari investor itu sama halnya kayak  mencari pasangan dan partner bisnis karena komitmennya itu long term. Jadi cari investor yang sevisi sama kalian. Jangan sampai tergiur dengan angka yang fantastis, karena nanti term nya macam - macam dan jangan sampai terjebak” ujar Indra Permana, membagikan tips dalam mencari investor dalam dunia bisnis.

Indra juga mengungkapkan bahwasanya seorang pebisnis harus memiliki tujuan hidup yang sejalan dengan tujuan bisnis yang dibangun. Selain itu, menurutnya membangun kepercayaan dan relasi merupakan hal yang krusial bagi seorang founder.

“Mempertahankan klien lebih mudah daripada mencari klien baru. Dengan mempertahankan satu klien, mereka akan membantu untuk mempromosikan produk kita. Orang - orang lebih percaya untuk membeli sebuah produk apabila direkomendasikan oleh orang terdekat kita,” jelasnya.

 Pembukaan PMW X TOP ITB Batch 1 Tahun 2024 ditutup dengan pengumuman team yang berhasil mendapatkan pendanaan. Sebanyak 25 team mendapatkan pendanaan dengan total sebesar 160 juta rupiah. Pembukaan PMW X TOP ITB Batch 1 Tahun 2024 berlangsung dengan sukses. Acara ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para mahasiswa ITB untuk memulai bisnis teknologi mereka sendiri dan berkontribusi pada kemajuan industri teknologi di Indonesia.

 

Reporter : Nur Asyiah (Rekayasa Pertanian, 2021)

Dokumentasi & Editor : Anne Rufaidah

Komentar


Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung