English Language Indonsian Language

Menginspirasi Langkah Menuju Kesuksesan dalam Success Hack ITB 88

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id -  Acara Success Hacks ITB 88 yang diadakan oleh alumni ITB '88 telah sukses menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi para peserta dalam mencapai kesuksesan. Acara ini menghadirkan berbagai pembicara yang membagikan konsep dan ide-ide unik mereka, memberikan kesempatan berharga bagi peserta untuk berinteraksi dan belajar dari para pemimpin perusahaan terkemuka dalam kelompok-kelompok mentoring kecil.

Ketua pelaksana Success Hack, Dina Aditya Reni S.Si, M.Sc, menjelaskan, kegiatan ini diadakan untuk menandai 35 tahun alumni ITB ‘88, jadi kita nginnya setelah kita menjalani 35 tahun ini ada begitu banyak knowledge, skills yang kita miliki, kita pengen sharing untuk memberikan sesuatu yang impactful. Ia pun menyebutkan bahwa konsep unik dari acara ini adalah sesi mentoring, di mana setiap top leader perusahaan akan memberikan bimbingan kepada sekitar 10 peserta, untuk memberikan wawasan berharga kepada mereka.

"Kegiatan ini mengeksplorasi berbagai topik penting seperti kepemimpinan, kesetaraan gender, dan manajemen krisis. Pembicara-pembicara ulung dalam berbagai bidang menekankan pentingnya memiliki visi yang jelas, sikap positif, dan strategi untuk menghadapi tantangan di masa depan," ucapnya. 

Salah satu pemateri kegiatan, Direktur Keuangan PT Pertamina, Emma Sri Martini (alumni Teknik Informatika ITB '88), menggaris bawahi tiga faktor kunci, dikenal sebagai "triangle of success" untuk mencapai kesuksesan: pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif. Pengetahuan mengacu pada perolehan dan penerapan teori, mengubahnya menjadi kesadaran dan strategi. Di sisi lain, keterampilan mencakup kemampuan praktis dan eksekusi. Emma menyoroti pentingnya keterampilan seperti keterampilan digital, komputer, dan komunikasi.

"Pola pikir dan sikap positif sangat penting dalam mencapai kesuksesan diantaranya growth mindset (curiosity), resilience, agility, visionary, leading by example, ‘we’ mentality.," jelasnya. 

Acara ini juga membahas pentingnya integritas dan rasa syukur, serta potensi besar yang dimiliki Indonesia dalam pertumbuhan ekonomi. Para pembicara menekankan peran penting pemimpin dan wirausahawan muda dalam mendorong kemajuan negara dan menciptakan bisnis baru. Mereka juga menyoroti pentingnya mengedepankan kualitas daripada kuantitas dalam industri serta peran pendidikan dan pelatihan kejuruan.

Success Hacks ITB 88 ditutup dengan pembahasan tentang pentingnya mimpi dan aspirasi, mendorong penonton untuk bermimpi besar dan mengikuti tujuan mereka tanpa batasan. Acara ini memotivasi peserta untuk menemukan energi dan tekad dalam menghadapi segala tantangan, dengan keyakinan bahwa energi tersebut dapat membantu mereka mencapai potensi terbaik dalam diri mereka. 

Acara yang dihadiri oleh berbagai pembicara terkemuka seperti Managing Director Schlumberger Indonesia, Scott Cremin, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Lucky Alfirman, Anggota Dewan Komisioner Kepala Eksekutif Pengawas Teknologi Sektor Keuangan Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto Otoritas Jasa Keuangan, Hasan Fawzi, Direktur Beasiswa LPDP, Dwi Larso, Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia, Wahid Sutopo, Direktur Sumber Daya Manusia PT Antam Tbk, Ahmad Ardianto, dan dihadiri oleh berbagai alumni ITB ‘88 lainnya.

Success Hacks ITB 88 telah membawa semangat baru dan inspirasi bagi para peserta, mendorong mereka untuk mengejar impian dan mencapai kesuksesan dengan semangat dan tekad yang kuat.

Selasa, 26 September 2023
Reporter : Satria Octavianus Nababan
Editor : Anne Rufaidah

Sumber Berita : https://kemahasiswaan.itb.ac.id/beranda/read/berita/2107/id/menginspirasi-langkah-menuju-kesuksesan-dalam-success-hack-itb-88--

Komentar


Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung