English Language Indonsian Language

Berkolaborasi Dengan PT. Pertamina (Persero), LPIK ITB Resmi Launching Program CoRE Pertamina ITB 2023

 

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan Institut Teknologi Bandung (LPIK ITB) mengadakan acara Grand Opening Core Pertamina ITB di Gedung Aula Barat pada Senin, (18/09/2023) lalu. Acara ini merupakan kegiatan pembuka dari rangkaian Program CoRE (Co-Creation Research and Entrepreneurship) Pertamina-ITB yang akan diadakan dalam tiga bulan ke depan. Adapun tema yang dibawakan dalam acara ini adalah "Empowering Tomorrow: Young Innovators Shaping The Future Energy". Berikut merupakan beberapa tamu undangan yang hadir dalam acara ini. Prof. Reini Wirahadikusumah, P.hD., selaku Rektor ITB, Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D., selaku Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB, Dr. G. Prasetyo Adhitama S.Sn,. M.Sn., selaku Direktur Kemahasiswaan ITB, Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, M.T., Ph.D., selaku Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan ITB, Brahmantya Satyamurti Poerwadi selaku Corporate Secretary PT. Pertamina (Persero) dan Rifky Rakhman Yusuf selaku Vice President Stakeholder Relations and Management

Di dalam paparan sambutannya, Prof. Reini mengatakan bahwa program CoRE Pertamina ITB ini merupakan kegiatan bergengsi yang bisa memberikan banyak manfaat dan dampak bagi negara Indonesia. Dengan tema yang dibawakannya, ia yakin program ini bisa memberikan angin segar bagi lahirnya inovasi-inovasi anak muda perihal energi baru terbarukan di Indonesia. Pihaknya menilai, tema-tema inovasi berbasis energi yang dibawakan saat ini memang harus terus diaktulisasikan mengingat permasalahan energi yang terjadi di dunia saat ini sudah cukup ironis.

“Seringkali, kita semua berpikir bahwa inovasi itu selalu harus berkaitan dengan teknologi. Ini bukan sesuatu yang salah, tetapi untuk saat ini fokus kita jangan terlalu berorientasi kesana. Inovasi berbasis energi atau ide yang berlandaskan biological ini harus senantiasa diusahakan agar manfaat yang dirasakan lebih baik lai dan permasalahan perihal isu-isu lingkungan dan sosial bisa terselesaikan,” jelas Prof. Reini.

Senada dengan sambutan tersebut, Vice President Stakeholder Relations and Management PT. Pertamina, Rifky Rakhman Yusuf menyampaikan bahwa program yang digagas antara PT. Pertamina dan LPIK ITB ini merupakan sebuah program yang baik dan sangat selaras dengan visi Pertamina untuk terus berusaha berkomitmen terhadap kebijakan Net Zero Emission yang saat ini sedang diupayakan oleh pemerintah. Ia menegaskan, PT. Pertamina sangat berupaya untuk menyadarkan generasi muda Indonesia terutama mahasiswa dalam meningkatkan kesadaran mereka perihal energi baru yang berkelanjutan.

”Kami sadar, mahasiswa adalah satu stakeholder penting yang harus selalu dilibatkan dalam upaya penanganan energi di Indonesia. Kita sama-sama mengetahui bahwa mereka adalah calon-calon orang yang akan meneruskan estafet energi di negeri ini. Oleh karen itu, kesadaran perihal energi baru terbarukan penting untuk ditingkatkan agar permasalahan mengenai energi di dunia bisa ditanggulangi,” ungkap Rifky.

Penting untuk diketahui, CoRE Pertamina-ITB merupakan program kerjasama antara LPIK ITB dan PT. Pertamina dalam menumbuhkan semangat wirausaha kepada mahasiswa di seluruh Indonesia melalui fasilitasi dalam menciptakan purwarupa sederhana dan model bisnis, serta memicu mahasiswa memiliki kemampuan berpikir kritis melalui kegiatan problem-based learning.

Jumat, 29 September 2023 
Reporter : Nur Rama Adamas
Editor : Anne Rufaidah

sumber berita : https://kemahasiswaan.itb.ac.id/beranda/read/berita/2099/id/berkolaborasi-dengan-pt.-pertamina-(persero),-lpik-itb-resmi-launching-program-core-pertamina-itb-2023

 

Komentar


Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung