English Language Indonsian Language

Adakan Sosialisasi Program Pertamuda Seed and Scale 2023, Ditmawa ITB Dukung Usaha PT. Pertamina Kembangkan Inovasi Anak Muda Dalam Bidang Energi

BANDUNG, kemahasiswaan-itb.ac.id — Bekerja sama dengan PT. Pertamina (Persero), Direktorat Kemahasisswaan Institut Teknologi Bandung (Ditmawa ITB) mengadakan acara Sosialisasi Pertamuda Seed and Scale secara daring pada Jumat, (22/09/2023) lalu. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Hafiz Aziz Ahmad, S.Sn., M.Des., Ph.D., selaku Kepala Subdirektorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan Mahasiswa Ditmawa ITB dan Dr. Irwan Gumilar, S.T, M.Si., selaku Sekretaris Lembaga Bidang Kewirausahaan dan Inkubasi Bisnis LPIK ITB.

Dalam paparan pembuka, Hafiz Aziz menyampaikan bahwa minat mahasiswa ITB dalam bidang usaha dan bisnis mulai terlihat akhir-akhir ini. Bersumber dari data Tracer Study tahun 2022, alumni ITB yang memilih wirausaha sebagai pilihan karir setelah mereka lulus mencapai 5% dari total mahasiswa. Menurutnya, angka ini adalah awal yang baik dan bisa menunjukkan bahwa mahasiswa ITB mulai ada keinginan untuk berpartisipasi dalam hal-hal yang berhubungan dengan bisnis.

”Kami melihat, partisipasi mahasiswa dalam kegiatan berbasis usaha dan bisnis ini mulai meningkat. Dalam program kami tahun lalu, sebanyak 40 proposal ide bisnis berhasil mereka kirimkan dan tentunya ini adalah angka yang cukup banyak. Oleh karena itu, kami sadar bahwa bimbingan dan dukungan sangat penting untuk mereka dapatkan agar partisipasi mereka bisa terus meningkatn dan bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat,” jelas Hafiz dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPiK) ITB juga turut menyatakan dukungannya terhadap program Pertamuda ini. Diwakili oleh Sekertaris Lembaga Bidang Kewirausahaan dan Inkubasi Bisnis, Irwan Gumilar, pihak LPiK ITB menyampaikan bahwa perkembangan minat mahasiswa dalam pengembangan perusahaan rintisan merupakan salah satu isu yang menjadi pusat perhatian mereka. Oleh karena itu, adanya program Pertamuda Seed and Scale ini sangat membantu LPiK dalam mewujudkan salah satu misi mereka.

”Program Pertamuda Seed and Scale ini merupakan program yang sangat sejalan dengan tujuan kami dalam meningkatkan partisipasi mahasiswa di dunia bisnis. Karena itu, kami akan selalu mendukung dengan baik upaya program ini agar bisa berjalan sesuai target dan tentunya manfaat yang diharapkan bisa dirasakan oleh masyarakat,” tutur Irwan.

Sebagai catatan, Program Pertamuda Seed and Scale 2024 merupakan program yang diinisiasi oleh PT. Pertamina (Persero) dalam rangka memperluas implementasi SDGs (Sustainable Development Goals) dan inovasi pada sektor energi serta mendorong perusahaan rintisan di Indonesia untuk meningkatkan peluang bertemu dengan akses permodalan. Adapun tema yang dibawakan tahun ini adalah ”Energizing Your Future”.

Manager Program Pertamuda Seed and Scale 2024, Bonnie Susilo mengatakan bahwa peran PT. Pertamina dalam membina sinergi antara dunia industri dan perguruan tinggi khususnya di sektor energi sangat penting.

”Dengan adanya adanya isu minimnya inovasi dalam bidang energi, Program Pertamuda ini  hadir sebagai salah satu komitmen PT. Pertamina dalam mendukung program kementerian BUMN untuk menumbukan inovasi-inovasi anak muda dalam bidang energi sehingga sinergi antara kampus dan industri bisa lebih baik dan tantangan yang berkaitan tentang isu energi ini bisa diatasi,” pungkas Bonnie.

Reporter : Nur Rama Adamas
Editor : Anne Rufaidah

Source Berita : https://kemahasiswaan.itb.ac.id/beranda/read/berita/2114/id/adakan-sosialisasi-program-pertamuda-seed-and-scale-2023,-ditmawa-itb-dukung-usaha-pt.-pertamina-kembangkan-inovasi-anak-muda-dalam-bidang-energi

Komentar


Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung