English Language Indonsian Language

Mengenal Astra Center of Excellence Team Lebih Dalam

Bandung, itb.ac.id - Dalam rangka Virtual Integrated Career Days Mei 2022, ITB Career Center bekerjasama dengan PT Astra International menyelenggarakan webinar dengan topik “Introduction to Astra Center of Excellence Team” pada Kamis pagi (19/05/2022). Webinar ini menghadirkan dua narasumber utama, Kania Kismadi selaku Talent & Culture Section Head PT Astra International dan salah satu alumni SBM ITB 2021 , Dear Rohni Manihuruk yang sekarang bekerja sebagai Center of Excellence Associate di PT Astra International.

Melalui pemaparannya, Dear membagikan pengalamannya bekerja sebagai Centre of Excellence Team bersama PT Astra International. “Dalam mengatur beberapa anak perusahaan, Astra memerlukan sebuah tim yang fungsinya untuk supporting dan advisory seperti corporate legal, corporate development, dan digital strategy,” jelasnya.

Centre of Excellence Team merupakan salah satu tim dalam digital strategy yang berfungsi untuk mempercepat transformasi digital PT Astra International. Tim tersebut akan mendukung transformasi digital dengan beberapa cara, yaitu dengan pengembangan strategi, riset, pembentukan corporate venture, pengembangan karakter dan kapabilitas. “Di sisi strategi dan venture, kami beberapa kali assess dan assist business unit kita, seperti Toyota, Honda dan sebagainya,” paparnya. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan, Centre of Excellence Team akan membantu anak perusahaan tersebut untuk mengembangkan strategi jangka panjang dalam konteks digitalisasi seperti riset pelanggan, workshop, sampai pengembangan inisiatif digital yang akan mendorong transformasi digital.

Melihat dari sisi budaya dan kapabilitas, PT Astra International memiliki Astra Digital Academy dimana Centre of Excellence Team akan melakukan riset mengenai pembangunan kapasitas dan budaya digital secara efektif, kebutuhan pengembangan masing - masing anak perusahaan, serta kolaborasi dengan berbagai pihak. Kolaborasi tidak terbatas hanya di anak perusahaan, tetapi juga mitra eksternal perusahaan. “Kita suka ngadain Immersion Day, mirip studi banding dan kita berkesempatan mengunjungi Google, Microsoft, dan Amazon Web Services. Salah satu part yang menyenangkan menurutku adalah bertemu dengan orang - orang penting di dunia,” ujarnya.

Dear menambahkan, Centre of Excellence Team bisa diungkapkan sebagai “lean and agile”. Menjadi bagian dari Centre of Excellence Team, membutuhkan rasa tanggung jawab yang tinggi disertai ritme kerja yang cepat. Selain itu, setiap anggota harus memiliki prinsip bekerja sebagai tim, dan bukan sebagai individu, tidak heran diskusi sudah menjadi makanan sehari - hari. Di sisi lain, menurutnya Centre of Excellence Team cukup fleksibel dan dinamis dalam jam kerja. “Aku percaya temen - temen ga akan menyesal karena hal ini sangat sulit didapatkan di luar sana, nggak banyak perusahaan - perusahaan lain kaya Astra dan seperti Centre of Excellence Team,” tutupnya

Reporter: Andrew Benaldo Adikara (Teknik Pangan/FTI, 2020)

Komentar


Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung