English Language Indonsian Language

Menjadi Pemimpin Yang Baik Melalui Program MT dan PLDP Paragon

BANDUNG, itb.ac.id – Dengan acara Titian Karir Terpadu ITB 2022, ITB Career Center menghadirkan sejumlah webinar untuk menawarkan peluang kerja bagi lulusan ITB sekaligus membagi tips dalam mencari kerja selama 19-21 Mei 2022. Pada hari Jumat (20/05/2022), webinar yang diadakan berjudul “Know More About MT and PLDP at Paragon Corp” dan mengundang Saniy Shabrina (Ketua Paragon University) dan Fitriyanti (Officer Paragon University).

Paragon menyediakan program pengembangan diri yaitu NEP (New Entry Program) bagi pejabat dan eksekutif tingkat pemula yang baru lulus kuliah atau memiliki pengalaman kerja kurang dari 2 tahun. NEP sendiri terdiri dari 2 program: MT (Management Training) untuk level eksekutif dan PLDP (Paragon Leader Development Program) untuk level officer yang masing-masing berlangsung selama 1.5 tahun. “Di Paragon, kita mempunyai 10 soft competencies dan beberapa functional competencies yang diyakini,” Saniy memulai pemaparannya. 10 kompetensi ini dijalani untuk memimpin dan berinteraksi dengan orang lain.

Kedua program pengembangan diri berprinsip untuk fokus kepada kemajuan peserta dalam segi abilitas dan kapabilitas tanpa melihat hasilnya saja. Selain itu, program-program tersebut mendorong proses pembelajaran mandiri dan terus menerus agar ilmu yang didapat bisa diimplementasikan dalam proyek dengan proses learning by doing. “Metode pembelajaran yang dipegang di Paragon adalah model 70:20:10, dimana 70% merupakan tugas dan terjun dalam dunia pekerjaan. 20% merupakan mentoring dan 10% adalah pelatihan seperti workshop,” Saniy menambahkan.

Program MT membantu dalam mempersiapkan para lulusan kuliah untuk menjadi calon pemimpin masa depan yang mampu mendorong pertumbuhan bisnis sesuai dengan kompetensi dan nilai-nilai Paragon. Peserta yang mengikuti program ini diharapkan untuk dapat mengerti cara kerja bisnis dan industri Paragon, menaikkan kompetensi tiap orang, dan mengimplementasikan sistem manajemen perusahaan dengan baik agar dapat menjadi pemimpin baik kedepannya yang berdampak bagi bisnis.

Salah satu program dalam program MT adalah self-development and improvement project, dimana masing-masing peserta presentasi kemajuan proyek mereka dan usulan untuk memperbaiki proyek tersebut. Presentasi dilakukan tiga kali sebagai rangkaian rencana pengembangan individu.

Di sisi lain, program PLDP fokus terhadap persiapan karyawan baru dalam menghadapi dunia pekerjaan dan mengoptimalkan kinerja melalui keterampilan memecahkan masalah lebih baik, pemikiran analitis dan kemampuan manajemen diri. Melalui program ini, peserta diharapkan dapat mengelola dan melaksanakan tugas individu dengan baik agar melatih kemampuan manajemen diri, kepemimpinan, dan kolaborasi dengan orang-orang. Sama seperti program MT, tiap pembelajaran dan mentoring termasuk program self-development and improvement project dimana peserta presentasi kemajuan mereka.

 “Jangan menunda untuk menilai diri sendiri dan mulai mengambil kesempatan untuk menjadi pemimpin,” Fitriyanti menjelaskan tips untuk mengikuti program MT dan PLDP. “Jangan lupa juga untuk melakukan yang terbaik dalam akademik kalian dan membangun network dengan orang-orang baik.” Selain itu, dia berpesan kepada semua mahasiswa yang tertarik supaya terus menggali potensi mereka dan menjadi versi terbaik diri sendiri.

Reporter: Ruth Nathania (Teknik Lingkungan, 2019)

Komentar


Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung