English Language Indonsian Language

A Journey with BCA : Langkah Awal Karir di Dunia Perbankan

 

 

BANDUNG, itb.ac.id — ITB Career Center kembali menghadirkan rangkaian ITB Virtual Integrated Career Days dengan berbagai perusahaan ternama di Indonesia. Acara ini menghadirkan Bank BCA sebagai narasumber dalam tema “A Journey with BCA” pada hari Kamis (19/05/2022).

Pemaparan profil perusahaan disampaikan oleh anggota Employer Branding Team dari Bank BCA yaitu Laurensia Saras. Sejak didirikan pada tahun 1957, Bank BCA selalu berusaha memperbarui pelayanan dengan meluncurkan beberapa fitur dan kemudahan bagi nasabah. Di era digital seperti sekarang, tim pengembangan produk berusaha menciptakan inovasi-inovasi yang menjawab kebutuhan nasabah, seperti BCA QR, WELMA, BCA Lifestyle, hingga myBCA.

“Sebagai sebuah perusahaan yang sudah cukup lama berdiri, justru kita ingin terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Jangan sampai pelayanan yang kita berikan tidak sesuai dengan kebutuhan nasabah,” ujar Laurensia.

Tim kerja Bank BCA terbagi menjadi dua, yaitu kantor pusat yang terdiri dari 5 kantor dengan penyesuaian masing masing fungsi unit kerja untuk setiap kantornya, serta kantor wilayah yang menjadi perpanjangan kantor pusat dalam melakukan handling untuk kantor-kantor cabang. Kantor wilayah dan kantor cabang sama-sama memiliki peran yang tidak kalah penting dengan kantor pusat karena posisinya lebih dekat dengan konsumen. Untuk mengakomodasi fungsi tersebut, Bank BCA menghadirkan 1.242 kantor cabang di seluruh Indonesia dengan 23.952 karyawan. Hal ini menjadikan peluang masuk untuk kantor cabang cukup besar karena membutuhkan banyak sumber daya.

Di sisi lain, benefit yang didapatkan karyawan berupa benefit finansial terdiri atas gaji pokok, THR, bonus, pembagian saham, dan lain-lain. Selain benefit finansial, Bank BCA juga menawarkan berbagai fasilitas bagi karyawannya lewat layanan konseling, komunitas hobi, team engagement, dan employee development. Berbagai fasilitas dan layanan tersebut diberikan dengan tujuan menciptakan suasana kerja yang nyaman bagi karyawan sehingga produktivitas dan kinerja dapat terjaga.

“Lagi-lagi, kembali ke pribadi masing-masing. Tidak hanya dari pihak BCA yang mendorong, tapi diri masing-masing juga, bagaimana upayanya untuk mau mengembangkan diri. Itulah yang nanti akan menentukan pengembangan karir ke depannya,” jelas Laurensia.

Untuk saat ini, Bank BCA sedang membuka lowongan untuk 4 program posisi. Pertama, Management Development Program (MDP). Pada program ini, calon karyawan menjalani proses pelatihan (training) selama 1 tahun di bidang marketing. Dari pelatihan tersebut calon karyawan diharapkan mampu menguasai bidang audit, operasional, dan pengembangan bisnis sehingga tujuan dari program ini adalah menghasilkan para pemimpin tim dan Supervisor Umum. Kedua, Wealth Management Program (WMP) yang khusus menangani bidang investasi dengan masa pelatihan 1 tahun. Tujuan program ini adalah mencetak para Wealth Specialist. Ketiga, Relationship Officer yang hanya berfokus pada bidang marketing dengan masa pelatihan 1 tahun. Keempat, IT Trainee dengan masa pelatihan 6,5 bulan untuk menghasilkan IT Specialist. IT Specialist memegang peranan penting dalam sistem perbankan karena berkaitan dengan pengembangan sekuritas dan produk digital.

Dari semua lowongan tersebut, Laurensia menegaskan bahwa setiap jurusan berpotensi diterima sekalipun jurusan dengan basis teknik. Bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya, tidak disarankan untuk mengikuti program pelatihan, namun bisa langsung mendaftar melalui jalur experienced. Semua informasi tentang lowongan pekerjaan tadi dapat diakses melalui laman web https://karir.bca.co.id/

Reporter : Hanifa Juliana (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2020)

Komentar


Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung