English Language Indonsian Language

Saturday Lesson; Hadirkan Pelatihan Membuat CV Profesional dan Menarik

BANDUNG, kemahasiswaan.itb,ac,id – Melampirkan Curriculum Vitae (CV) biasanya menjadi salah satu syarat dalam melamar sebuah pekerjaan. Namun, diperlukan keterampilan khusus dalam membuat CV agar CV seorang pelamar kerja bisa menarik perhatian perekrut kerja.

“Secara singkat, CV atau dikenal juga resume, adalah first impression kita terhadap perusahaan yang diminati pekerjaannya. Melalui CV tersebut, kita hanya memiliki satu kesempatan untuk memberikan kesan pertama pada perekrut pekerjaan. CV merupakan salah satu cara menyampaikan diri kita,” terang Head of Business Development Kinobi Indonesia, Ken Mahendra Basuki, saat menjadi pembicara Saturday Lesson pada Sabtu (12/2/2022).

Menurutnya, CV seseorang dimulai tidak hanya saat ia memulai bekerja. Akan tetapi saat seseorang itu sudah memasuki masa perkuliahan. Hal ini disebabkan, saat mengenyam pendidikan tinggi adan spot khusus dimana mahasiswa menentukan dimana ia akan melakukan pemagangan dan bidang apa saja yang akan ia pelajari. Saat itulah, spot pada CV diisikan sesuai dengan pengalaman magang dan bidang apa saja yang dipelajari.

Ia menuturkan, bahwa CV bukanlah sebuah legal document jadi seseorang tidak perlu menuliskan alamat lengkap tempat tinggal namun cukup nama daerahnya saja. Kemudian, CV pun bukan termasuk portfolio showcase sehingga tidak perlu memajang banyak foto portofolio pekerjaan maupun sejenisnya. CV juga bukan sebuah dating profile, sehingga seseorang tidak perlu menyebutkan sifat personal pelamar kerja. Misalkan dengan menyebutkan bahwa pekerja adalah seorang penyabar, tekun, atau sebagainya. Cukup hanya menyebutkan informasi yang relevan saja dengan bidang pekerjaan tersebut.

“Di era digital ini, perusahaan yang menerima lamaran pekerjaan hingga ribuan CV biasanya menggunakan Application Tracking System (ATS) dalam seleksinya. Lalu tahapan berikutnya ke proses first glace, in consideration, dan akhirnya interview. ATS pun banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar swasta dan multinasional,”terang Ken.

Untuk mempermudah mahasiswa maupun alumni ITB dalam membuat CV professional dan menarik, ITB bekerjasama dengan Kinobi Indonesia membuat sebuat tool untuk membuat resume The Kinobi Resume Tool, yang bisa diakses melalui itb.app.kinobi.asia. Mahasiswa ITB secara gratis bisa membuat akun di tools tersebut. Pada akun itu, terdapat CV Builder, dimana mahasiswa maupun alumni ITB bisa membuat CV atau menggunakan template CV yang sudah ada. (Anne Rufaidah)

Komentar


Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung