English Language Indonsian Language

Inilah Keuntungan Memiliki Pengalaman Kerja

(Sumber Gambar : https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/magazine.job-like.com/magazine/wp-content/uploads/2018/07/31194833/166.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Memiliki pengalaman bekerja dapat menjadi keuntungan bagi kita saat melamar ke suatu perusahaan. Pengalaman kerja pun merupakan salah satu poin penting yang diperhitungkan oleh perusahaan saat mencari karyawan. Seorang pelamar yang memiliki pengalaman kerja biasanya akan lebih diutamakan.

Pengalaman kerja memberikan kita kesempatan untuk belajar memegang tanggung jawab dan mencoba tantangan dalam pekerjaan. Seperti yang dikutip dari allaboutcareers.com, ada beberapa alasan mengapa pengalaman kerja bagi pelamar,

  • Diutamakan

Alasan pertama pentingnya kita memiliki pengalaman kerja adalah lebih diutamakan dalam proses rekrutmen. Data yang dikeluarkan oleh Highfliers, menunjukan bahwa perusahaan akan lebih mengutamakan seseorang yang memiliki pengalaman kerja untuk bergabung. Mereka akan lebih mudah beradaptasi dalam lingkungan pekerjaan karena sudah memiliki pengalaman.

  • Bukti nyata

Alasan kedua pentingnya pengalaman kerja adalah bukti nyata yang bisa kita tunjukan kepada peruasahaan mengenai kemampuan kita. Biasanya karyawan yang memiliki pengalaman kerja dinilai lebih mampu mengerjakan pekerjaan dengan lebih cepat dan lebih baik. Memasuki bidang yang sama dengan pekerjaan sebelumnya pun akan menunjukan kepada perusahaan tentang minat kita dalam bidang tersebut. Selain itu kita dapat menuliskan pengalaman bekerja di resume kerja kita.

  • Menemukan bakat

Dengan mencoba bekerja di berbagai tempat, kita akan menemukan bakat kita yang sebenarnya. Dengan mencoba pekerjaan langsung, kita akan lebih mudah mengetahui, apakah kita cocok dan senang dengan bidang tersebut atau tidak. Kita pun akan mudah mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam diri kita. Sehingga akan lebih mudah untuk memperbaiki diri dan menemukan karir yang tepat.

  • Memperkenalkan dunia kerja

Pengalaman kerja akan memperkenalkan kita ke dunia kerja yang sebenarnya. Kita dapat mempelajari apa yang harus dilakukan, dan apa yang tidak boleh dilakukan di tempat kerja. Selain itu kita akan mendapatkan pengetahuan di tempat kerja dan belajar untuk beradaptasi dengan budaya kerja yang akan kita hadapi.

Pengalaman kerja dapat kita dapatkan walaupun kita masih menjadi mahasiswa. Dengan mengikuti magang di perusahaan salah satunya. Kita pun dapat mengambil kesempatan-kesempatan yang ditawarkan saat kuliah untuk berkunjung ke perusahaan atau melakukan penelitian di perusahaan tertentu. Dengan begitu, saat lulus nanti, kita sudah memiliki pengalaman kerja yang memudahkan kita melamar ke perusahaan yang kita impikan. (Mar)

           

 

 

 

 

 

 

 

 

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung