English Language Indonsian Language

Mau mencapai target? Work Smarter not Harder

(Sumber Gambar : https://www.researchgate.net/post/Hard_work_or_Smart_work_Which_is_important_and_why2)

Bandung, ITB Career Center - Istilah work smarter, not harder banyak dianut oleh para profesional. Mengapa demikian? Bekerja keras sendiri diartikan sebagai kegiatan bekerja dengan sungguh-sunggu tanpa lelah. Seseorang yang bekerja keras biasanya tidak akan berhenti jika target belum tercapai demi kepuasan hasil.

Tidak salah saat kita bekerja keras demi mencapai hasil, akan tetapi, ada cara lebih 'menyenangkan' yang bisa ditempuh demi mencapai hasil yang sama dengan saat kita bekerja keras. Jawabanya adalah bekerja cerdas.

Bekerja cerdas artinya kita dapat mengambil yang termudah dari pekerjaan yang ada dan belajar menentukan prioritas dari setiap pekerjaan. Dengan tujuan yang sama yaitu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, bekerja dengan cerdas nyatanya lebih banyak dipilih oleh para profesional untuk mengejar target perusahaan.      

Memang terdengar lebih mudah jika diucapkan, tetapi jika dipikirkan kembali tanpa perencanaan yang matang dan strategi yang cerdas, pekerjaan yang ada akan sama dengan biasanya, bekerja lembur, bekerja terlalu keras, sangat mengikat dan melelahkan. Seperti yang dikutip dari forbes.com, ada beberapa cara yang bisa diterapkan dalam ritme kerja, sehingga pekerjaan akan lebih efektif.

  • What you shouldn’t do and what you must do

Catat apa yang harus dilakukan dan apa saja yang mesti dihindari. Buat prioritas atas pekerjaan apa yang harus diselesaikan dan perkiraan berapa lama waktu yang akan kita habiskan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk patuh untuk menghindari hal-hal yang dapat menghambat pekerjaan. Dengan ini, kita akan menghemat lebih banyak waktu, dan tentunya waktu yang lebih pendek dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

  • Kontrol Kebiasaan

Mengontrol kebiasaan kita merupakan salah satu kunci dari bekerja dengan cerdas. Buat aturan-aturan yang kamu lakukan dengan penuh komitmen. Jangan sampai kebiasaan buruk mengontrol diri. Kita harus dapat mengontrol kebiasaan baik untuk meningkatkan manajemen waktu untuk menyelesikan pekerjaan.

  • Manfaatkan Teknologi untuk Bekerja

Zaman sekarang banyak teknologi yang dapat memudahkan kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Pelajari teknologi-teknologi baru dan gunakan dalam membantu pekerjaan kita. Gunakan secara cerdas.

Dengan tekanan pekerjaan yang besar dan tugas yang begitu banyak, tentu kita harus pintar-pintar mencari peluang dan memilih jalan yang terbaik agar pekerjaan dapat selesai dengan cepat dan hasil yang baik. (Mar)

 
 
 


Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung