English Language Indonsian Language

Kenali Diri dan Dapatkan Karir yang Tepat!

Bandung, ITB Career Center- Salah satu hal penting untuk mendapatkan pekerjaan yang tepat adalah dengan mengenal bakat diri. Salah satu Konselor ITB Career Center, Karlina Firdaus mengatakan, setiap individu memiliki permasalahan masing-masing yang dapat menghambat dalam pemilihan karir yang tepat. Hal ini dapat diselesaikan jika ia mampu mengenali dirinya, baik itu mengetahui kelebihan, kekurangan, maupun potensi individu itu sendiri.

            “Dalam psikologi dikenal dengan pendekatan konseling client centered, di mana konseling berpusat pada klien. Kalian yang berpikir tentang diri sendiri, juga yang menentukan pendekatan penyelesaian solusinya. Selain memang subjeknya mengetahui bagaimana dirinya, kemampuannya dia, secara positif atau negatifnya dia, dan dia juga kenal apasih penghambatnya, tantanganya seperti apa, supaya dia bisa meminimalisir dan menguatkan lagi potensi-potensi yang dimilikinya. Terutama potensi positifnya,” ujar Karlina saat ditemui di kantor ITB Career Center pada Jumat (18/1/2019).

           

Salah satu hal penting untuk mendapatkan pekerjaan yang tepat adalah dengan mengenal minat dan bakat diri. 


Berikut adalah beberapa poin penting yang bisa kita pelajari untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat yang kita miliki.

  • Hilangkan Pemikiran Negatif

Karlina mengatakan, tanpa disadari, pemikiran negatif dapat mempengaruhi individu dalam menentukan karir. Pemikiran negatif merupakan sugesti kepada diri, sugesti tersebut akan terekam ke dalam alam bawah sadar dan membuat seseorang berubah menjadi seperti apa yang ia pikirkan.

Untuk menghilangkan pemikiran negatif tersebut, kita dianjurkan untuk selalu berpikir positif. Tentunya selalu berpikir positif tentang diri sendiri. Dengan selalu berpikir positif, hambatan yang ada akan mudah dilalui.

“Berpikir positif tentang dirinya, apa sih yang menjadi kelebihan dia baik internal maupun ekternal. Faktor pendukung atau sumber daya yang dimiliki agar dia bisa berkarya mulai dari sekarang dan yang akan datang. Malah kalau ada hambatan malah bisa membantu,” kata Karlina.

  • Fokus pada Tujuan

Karlina mengatakan untuk mendapatkan karir yang sesuai, kita harus fokus kepada tujuan. Salah satu konsep yang digunakan untuk mencapai tujuan secara efektif adalah konsep Spesific, Measurable, Achievable, Realistic dan Timely (S.M.A.R.T). Untuk fokus pada tujuan, kita pun dituntut untuk cuek terhadap hal-hal yang tidak sesuai dengan tujuan.

“Kita harus memiliki tujuan yang spesifik, realistis, bisa terukur, bisa tidak dicapai oleh kita sendiri dan berapa lama jangka waktunya. Kalau kita sudah punya tujuan yang spesifik, kita lebih mudah mengeliminir prioritas. Mana yang prioritas, mana yang tidak prioritas, mana yang urgent dan mana yang tidak. Jadi harus bisa dipilah-pilah dari situ,” jelas Karlina.

  • Pahami Diri Sendiri

Dengan memahami diri, kita akan mudah menentukan tujuan hidup termasuk karir. Ada dua faktor yang memudahkan kita untuk mengenal diri sendiri, yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal adalah dengan mendengarkan komentar orang lain tentang diri kita. Kita dapat mengetahui sifat hingga bakat dari feedback orang lain terhadap kita. Sedangkan untuk faktor internal adalah kepekaan terhadap diri sendiri.

Selain itu, ada pula rangkaian tes psikologi terkait diri yang bisa dicoba untuk lebih mengenal diri. Tes psikologi, menurut Karlina, lebih akurat untuk mengenal diri. Kita dapat mengetahui minat, bakat, dan hal lain tentang diri yang ingin diketahui.

“Dengan memahami diri sendiri, minat kita di mana dan bakat kita apa saja, akan memudahkan kita dalam memilih karir yang sesuai,” tegas Karlina.

Beberapa hal tersebut dapat menjadi catatan penting sebelum kita menentukan karir. Walaupun begitu, Karlina menjelaskan setiap individu memiliki permasalahan yang berbeda-beda dalam menentukan karir, sehingga penanganan dan pendekatannya pun berbeda. Untuk itu, ITB Career Center memberikan layanan Konseling Karir bagi rekan-rekan mahasiswa ITB, anggota ITB Career Center maupun Umum. Lewat Konseling Karir, kita akan dibantu merencanakan, memilih, dan mempersiapkan karir. 

 

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung