English Language Indonsian Language

Bukan Bakat, Ini Faktor Penunjang Penguasaan Bahasa Asing

 Belajar bahasa asing itu tidak sulit, asalkan kita menemukan metode yang cocok untuk kita terapakan dalam pembelajaran.

(Sumber foto : https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2016/08/tips-belajar-bahasa.jpg?x54339)

 

Bandung, ITB Career Center – Menguasai lebih dari satu bahasa ternyata memberikan keuntungan bagi diri sendiri. Hal tersebut dapat menjadi nilai plus bagi seseorang dalam berbagai hal, salah satunya adalah mencari pekerjaan. Banyak perusahaan yang lebih memilih pelamar dengan penguasaan bahasa asing yang baik. Alasannya beragam, salah satunya karena banyak perusahaan yang ingin masuk dalam persaingan global.

            Tuntutan yang begitu besar akan penguasaan bahasa ternyata tidak mudah diterima semua orang. Banyak diantara kita yang sulit belajar bahasa asing dan beranggapan bahwa belajar bahasa membutuhkan bakat. Buktinya banyak orang yang penguasaan bahasa asingnya masih minim padahal ia belajar di sekolah sejak kecil atau bahkan mengikuti kursus bahasa. Lalu apakah benar tidak semua orang bisa dengan mudah menguasai bahasa asing?

 

            Anggapan tersebut dipatahkan seorang guru bahasa, Lydia Machova. Lydia merupakan tutor bahasa yang menguasai delapan bahasa asing. Seseorang yang menguasai banyak bahasa sering disebut polyglot. Sebagai seorang polyglot, Lydia menegaskan dirinya tidak memiliki bakat khusus dalam belajar bahasa.

“Jika kamu berpikir bahwa belajar bahasa membutuhkan bakat, aku akan menceritakan tentang Benny, temanku yang sama-sama seorang polyglot,” ujar Lydia saat dirinya berkesempatan menjadi pembicara dalam Ted.com dengan topik The Secrets of Learning a New Language.

Benny seorang temannya asal Irlandia sudah belajar bahasa Jerman selama 5 tahun. Akan tetapi, setelah lulus sekolah, Benny bahkan tidak bisa mengingat satu kata pun dalam bahasa Jerman. Sampai pada umur 21 tahun, ia bepikir bahwa dirinya memang tidak memiliki bakat belajar bahasa. Tetapi, siapa sangka, 11 tahun kemudian, dirinya dapat menguasai 10 bahasa asing.

“Benny mencari cara sendiri yang cocok untuk dirinya dalam belajar bahasa,” ujar Lydia.

Lalu bagaimana trik Lydia dan Benny dalam belajar bahasa asing, berikut empat hal yang harus diketahui jika ingin mudah menguasai berbagai bahasa seperti Lydia dan Benny.

  • Menemukan Metode yang Tepat

Lydia mengatakan setiap orang memiliki metode tersendiri untuk belajar bahasa asing. Hal pertama dan terpenting yang kamu butuhkan adalah menemukan metode yang tepat untuk dirimu sendiri. Contohnya metode yang digunakan Benny untuk belajar bahasa.

Cara yang Benny gunakan untuk belajar bahasa asing adalah mempraktikan beberapa kalimat dari buku travelnya kepada native speaker. Benny mulai berkomunikasi dan mendapatkan pelajaran dari feedback yang ia dapat. Metode tersebut cocok digunakan oleh Benny. Ia menerapkan metode tersebut untuk belajar banyak bahasa.

“Kabar baiknya, dia tidak perlu datang langsung ke berbagai negara untuk bertemu native speker. Karena kamu bisa berkomunikasi dengan mudah melalui internet. Cari metode tersebut, jika kamu tidak menyukai menulis di kertas, kamu bisa mencoba menulis di smartphone, jika kamu tidak menyukai mendengarkan textbook yang membosankan, kamu bisa belajar melalui konten di Youtube dengan berbagai bahasa.” ujar Lydia.

  • Menikmati Proses

Setelah menemukan metode yang tepat, hal penting lainnya adalah menikmati proses. Temukan kenikmatan belajar bahasa yang kita inginkan.

“Nikmati proses pembelajaran. Jika kamu mau ingin benar-benar mahir dalam suatu bahasa, kamu juga harus menikmati proses dan bersabar,” ujar Lydia.

  • Sistem Belajar

Cari tahu sistem pembelajaran yang pas. Lydia mengatakan, bisa saja kita bangun 15 menit lebih awal dari biasanya. Itu adalah waktu yang sempurna untuk menghafal kosa kata bahasa. Kita juga bisa mendengarkan podcast saat berkendara menuju kantor. Sistem belajar tidak harus mengganggu kegiatan rutin kita.

“Ada banyak yang bisa kita lakukan tanpa mengganggu kegiatan sehari-hari yang kita lakukan, kamu tidak memerlukan waktu tambahan, karena itu akan menjadi bagian dalam kehidupan mu sehari-hari” ujarnya.

  • Sabar dan Konsisten

Selain menemukan metode, proses pembelajaran bahasa pun harus dibarengi oleh rasa sabar. Tidak mustahil belajar bahasa dalam waktu dua bulan, jika kamu belajar dengan konsisten setiap hari dengan enjoy.

Cara tersebut adalah rahasia dari para polyglot utuk belajar bahasa dengan mudah dan cepat. Kamu pun dapat menemukan metode yang efektif yang bisa kamu terapkan. Jadi, jika kamu merasa lelah belajar bahasa dan merasa terlalu sulit untuk menguasainya, coba hentikan pemikiran tersebut dan terus mencoba hingga kamu menemukan metode yang cocok untuk dirimu sendiri. Selamat Mencoba! :)

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung