English Language Indonsian Language

10 Tips Yang Bermanfaat Untuk Pegawai Baru

  1. Di awal masa bekerja, biasanya Anda akan masuk ke probation period di mana perusahaan akan menilai kelayakan Anda untuk direkrut menjadi pegawai tetap. Tunjukkan maturity dan willingness to learn. Sama seperti di kampus, akan ada deadline dan multiple projects di mana Anda akan bekerja bersama tim.
  2. Tepati deadline, lakukan presentasi dengan percaya diri.
  3. Selanjutnya, Anda pasti akan melakukan kesalahan. Tidak apa-apa karena ini adalah bagian dari learning curve. Akan ada masa adaptasi, masa dimarahi, masa stuck… mirip kuliah. Selama kesalahan yang dilakukan tidak fatal, tidak apa-apa. Do a smart mistake. Yang penting apabila melakukan kesalahan: (1) komunikasikan dengan atasan, (2) cari solusinya.
  4. Pikul tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. Terkadang, mengerjakan tugas dengan cepat dan baik memang memiliki efek samping kurang enak: diberi pekerjaan lebih oleh atasan. Namun, dengan begitu kita akan menjadi pihak yang dapat diandalkan dan banyak belajar.
  5. Di kantor, it’s not about ‘me’ but about ‘us’. Kerjasama tim lebih penting daripada bersinar sendirian.
  6. Do extra miles. Lakukan lebih sebagai seorang pegawai baru untuk menunjukkan kualitas dan motivasi. Saat kuliah, belajar setengah-setengah paling hanya berujung di nilai C. Saat kerja, bekerja setengah-setengah bisa membuat Anda kehilangan pekerjaan. Ada banyak orang yang siap menggantikan posisi Anda kapanpun.
  7. Bertanggungjawablah atas waktu. Saat bekerja, bekerjalah. Saat have funhave fun lah dengan sebaik-baiknya.
  8. Urusan rumah jangan dibawa ke kantor, urusan kantor jangan dibawa ke rumah. Terutama apabila nanti Anda berkeluarga.
  9. Manage your social network accounts properly. Jangan meng-update status berisi keluhan seputar pekerjaan.
  10. Manage your income to plan your future: untuk menikah, membeli properti, membangun keluarga, meraih mimpi.

Hari pertama masuk kerja, you will learn about the company. Kalahkan keringat dingin dan jantung yang berdebar dengan semangat dan motivasi. Bekali diri Anda dengan sedikit pengetahuan tentang produk mereka, pasar mereka, dan pengetahuan dasar lainnya. Jangan malu-malu memperkenalkan diri karena    kesan pertama akan dikenang selamanya. Jangan ragu mengeluarkan ide-ide Anda. Lakukan yang terbaik pada pekerjaan Anda, yakinkan atasan bahwa ia memilih orang yang tepat. Segalanya memang akan terasa asing dan baru tetapi Anda pasti bisa melewatinya.

 

[Dikutip dari materi Saturday Lesson #1 yang diselenggarakan oleh ITB Career Center
12 Mei 2012.]

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung