English Language Indonsian Language

Tips Memajukan Karir Di Tahun Baru

 

Sumber foto : https://bit.ly/38WT7Je

Bandung, ITB Career Center – Tahun baru adalah harapan baru bagi karir kita. Di awal 2021 kita bisa mulai merencanakan karir lebih matang dan tindakan apa saja yang dapat kita lakukan untuk memanjukan karir. Dikutip dari Forbes.com, kontributor Ashira Prossack, memberikan beberapa tips untuk memajukan karir di tahun baru.

Perjelas tujuan karir

Memperjelas tujuan karir di tahun baru adalah prioritas utama kita dalam perencanaan karir. Tujuan karir merupakan apa yang kita inginkan dalam karir dan bagaimana kita mendapatkannya. Kita dapat mulai dengan merenungkan perjalanan karir selama enam bulan hingga satu tahun kebelakang. Apakah karir yang kita sudah jalani selama ini sudah sesuai dengan tujuan kita?

Setelah menetapkan tujuan karir, langkah selanjutnya adalah mengubahnya menjadi tindakan. Identifikasi apa yang perlu kita lakukan untuk mencapai hal tersebut, kemudian uraikan menjadi langkah-langkah yang lebih detail dan lebih mudah untuk dilakukan. Salah satunya, tentang keterampilan yang perlu kita pelajari, tingkatkan, atau perkuat.

Pengembangan diri sebagai investasi karir

Walaupun terkendala pandemi Covid, ada banyak cara untuk mengembangkan diri selain les tatap muka. Kini banyak pembelajaran online yang bisa kita ikuti untuk mengembangkan diri. Pengembangan diri seperti mempelajari keterampilan baru yang tidak hanya membantu kita sukses di tempat kerja, tetapi juga membantu mencegah kebosanan. Selain kursus online atau pelatihan virtual kita pun dapat sekadar membaca buku untuk menambah pengetahuan.

Kursus online dan pelatihan virtual langsung sangat bagus untuk mengembangkan keterampilan khusus dan disertai dengan bonus untuk mendapatkan sertifikasi atau kredit pengembangan profesional. Kita dapat menambahkan keterampilan atau kursus ini ke resume untuk menunjukkan kemampuan kita dan membantu menyiapkan diri untuk promosi atau pekerjaan baru.

Jaringan yang kuat

Memiliki jaringan yang kuat adalah suatu keharusan dalam berkarir dan berbisnis. Perbanyak kenalan profesional kita sebagai dukungan untuk membantu kita mengembangkan dan memajukan karier. Hal ini mencangkup mentor, rekan kerja, orang-orang di industri, orang-orang yang kita hormati, dan orang-orang yang menginspirasi.

Tahun ini, fokuslah pada membangun koneksi baru dan memperkuat koneksi yang sudah ada. Kita dapat berinteraksi kembali dengan orang-orang yang sudah lama tidak dihubungi dan tanyakan kabar mereka. Tanyakan beberapa hal tentang mereka sebelum bercerita tentang diri sendiri, hal ini untuk menghindari kesan promosi diri. Setelah kita berhasil mempererat koneksi, kita dapat meminta saran atau bantuan mereka dalam karir. Untuk mencari koneksi baru, kita dapat mengikuti acara virtual, forum komunitas dan lainnya.

Tiga hal tersebut harus kita prioritaskan untuk memajukan karir di tahun baru. Kita dapat mempersiapkan karir di tempat baru atau untuk mengembangkan karir di tempat kerja sekarang. Dengan begitu, karir yang kita inginkan akan terwujud. (Mar)

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung