English Language Indonsian Language

Pilihan Investasi Untuk Pemula

Sumber Gambar : https://bit.ly/3pckVzK

Bandung, ITB Career Center - Ada beberapa pilihan untuk berinvestasi. Beberapa pilihan investasi paling umum adalah real estat dan saham. Masing-masing investasi tersebut memiliki risiko, peluang, dan aturan tersendiri. Hal tersebut yang harus kita pertimbangkan dan pelajari jika ingin mulai berinvestasi.

Dikutip dari Thebalance.com karya Joshua Kennon, dalam berinvestasi mungkin kita akan memilih jenis investasi yang paling menarik minat kita. Selain memilih berdasarkan minat, kita harus memahami terlebih dahulu investasi sesuai kebutuhan kita. Contohnya adalah untuk anak muda dan memilih investasi jangka panjang, maka saham bisa menjadi pilihan walaupun dengan resiko tinggi tapi menguntungkan.

Namun jika kita sudah berusia 70 tahun dan pensiun, maka pendapatan yang lebih stabil dari obligasi bisa menjadi pilihan. Berikut adalah informasi dasar yang akan memberikan kita gambaran sebelum menentukan investasi.

  • Memperoleh Saham dalam Bisnis

Secara historis, memiliki saham dalam bisnis yang sukses merupakan salah satu investasi yang menjanjikan. Jika ingin berinvestasi dalam saham, kita dapat mencoba beli saham dalam bisnis publik, yaitu dengan membeli saham di perusahaan yang diperdagangkan di salah satu bursa saham, seperti New York Stock Exchange (NYSE). Kita dapat berinvestasi melalui akun perantara, paket pembelian saham langsung, atau akun reksa dana.

Cara mudah bagi investor baru untuk memperoleh saham dalam bisnis adalah dengan membeli sebagian sahamnya. Selain itu, kita dapat memulai bisnis sendiri dengan mendirikan kepemilikan tunggal, kemitraan umum, kemitraan terbatas, perseroan terbatas, atau korporasi.

  • Menginvestasikan Uang di Real Estat

Menghasilkan keuntungan dari memiliki real estat adalah salah satu pilihan investasi yang paling banyak dilakukan orang. Jika kita memiliki properti, baik itu rumah, kantor, atau sebidang tanah, kita dapat mulai berinvestasi dengan properti tersebut.

Dalam ekonomi modern, ada beberapa cara memperoleh real estat untuk investasi. Pertama belilah rumah untuk keluarga. Ini lebih merupakan mitigasi biaya daripada investasi, tetapi tetap termasuk dalam kategori investasi. Kedua, beli properti dan sewakan. Jika kita memiliki properti, kita dapat menyewakannya kepada penyewa. Ketiga, beli properti dan jual kembali untuk mendapatkan keuntungan. Kita dapat membeli properti, memperbaiki atau mengembangkan properti tersebut dengan cara tertentu dan kemudian menjualnya.

Selain dua jenis investasi di atas, ada berbagai investasi lain yang dapat kita pilih. Investasi adalah hal yang sangat penting untuk kita, selain dapat meningkatkan nilai kekayaan dan aset yang kita miliki, investasi pun dilakukan untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. (Mar)

 

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung