English Language Indonsian Language

Langkah Bangun Top of Mind Awareness Konsumen Pada Brand Kita

Bandung, ITB Career Center – Dalam bisnis dikenal dengan istilah Top of Mind Awareness, itu merupakan istilah untuk suatu brand yang akan diingat pertama kali oleh konsumen saat memikirkan suatu kategori produk. Misalnya saat kita ingin membeli air mineral, kita akan mengingat salah satu brand terkenal.

Brand yang sudah dapat disebut top of mind tentu merupakan brand ternama yang sangat melekat di hati konsumen. Sangat sulit bagi pesaing untuk menggantikan posisi tersebut, karena biasanya hal ini dibangun dalam waktu yang lama. Dikutip dari Medium.com, ada beberapa strategi yang dapat kita gunakan agar produk kita menjadi top of mind bagi konsumen.

  • Menjadi Selalu Terlihat

Menjadi brand yang selalu ada di manapun konsumen pergi adalah kunci menjadi to of mind. Jadilah brand yang menonjol yang selalu ada dimana-mana, baik iklan secara online, maupun secara offline. Hal ini bertujuan untuk membangun kesadaran konsumen akan brand yang kita jual. Semakin sering bertemu dengan brand kita, semakin diingat pula brand kita.

  • Terhubung Secara Emosional

Salah satu strategi yang harus dilakukan agar konsumen memperhatikan brand kita adalah terhubung secara emosional dengan konsumen. Buat iklan atau penawaran yang terinspirasi dari konsumen. Jadikan konsumen bagian dari brand dengan mengizikan mereka berkontribusi dengan perusahaan.

  • Bersikap Konsisten

Brand yang memiliki konsistensi dalam berbagai hal, akan lebih mudah diingat oleh konsumen dibandingkan dengan brand yang berubah-ubah. Contohnya konsisten dalam promosi melalui media sosial, konsistem dalam jadwal postingan, konsisten dalam memberi promo, konsisten dalam sistem perusahaan dan lainnya. Konsistensi akan membangun kepercayaan konsumen terhadap produk, sebaliknya, jika tidak konsisten maka sulit mendapatkan kepercayaan itu.

  • Gunakan Tag Line atau Slogan

Slogan singkat dan berkesan akan membantu konsumen mengingat tentang bisnis kita. Ini pun dapat membantu mengingatkan konsumen mengapa brand kita adalah pilihan yang tepat untuk dibeli, dan bisa menjadi cara yang ampuh untuk mendorong brand menjadi top of mind pada konsumen. Buat tag line atau slogan efektif yang mencerminkan brand kita, lalu promosikan di mana saja, baik itu melalui media online ataupun media offline. Sehingga semua orang dengan mudah mengenal brand kita.

Beberapa hal di atas dapat kita lakukan untuk membantu brand kita dikenal oleh konsumen. Tentu semua membutuhkan waktu dan tidak instan. Yang penting terus berusaha dan pantang menyerah. Pastikan pula untuk membangun brand terbaik dan berkualitas. (Mar)

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung