English Language Indonsian Language

Bangun Tim Solid Demi Mencapai Tujuan Bersama

Sumber foto : https://bit.ly/32PxPKs

Bandung, ITB Career Center – Membentuk tim yang solid dalam pekerjaan tidaklah mudah. Sedikit orang yang memahami cara meningkatkan kerjasama tim atau cara mengembangkan tim yang efektif. Menjadi bagian dari tim berkaitan dengan pemahaman kita tentang misi atau tujuan organisasi secara keseluruhan.

Dikutip dari Thebalancecareers.com, untuk menjadi tim yang solid, setiap orang harus memiliki tujuan bersama dan berkontribusi untuk menggapi tujuan tersebut. Meskipun kita memiliki bidang yang berbeda-beda, anggota tim satu dengan lainnya harus tetap saling mendukung. Setiap bidang memiliki tanggung jawab yang sama untuk mencapai tujuan bersama. Ada beberapa hal yang harus dipahami oleh setiap anggota tim untuk membangun tim yang solid.

Menyatukan Keberagaman

Setiap tim memiliki anggota latar belakang yang berbeda, baik itu sifatnya, budayanya, pemikirannya dan lain sebagainya. Sehingga setiap orang membawa pengalaman hidup yang berbeda, pengalaman kerja yang tidak biasa, dan berbagai tingkat kesuksesan bekerja dengan tim sebelumnya. Untuk membangun tim yang solid, kita harus menerima kekurangan dan kelebihan setiap anggota. Kita pun harus dapat menyatukan keberagaman agar menjadi kekuatan untuk mencapai tujuan.

Tim Jelas Tentang Misi dan Tujuannya

Tim memahami tujuan dan berkomitmen untuk mencapainya. Arah dan kesepakatan yang jelas tentang misi dan tujuan ini penting untuk kerja tim yang efektif. Anggota tim harus memiliki pengetahuan tentang keseluruhan misi yang disepakati. Kejelasan tim ini diperkuat ketika organisasi memiliki kepastian dalam kerja tim, tujuan, akuntabilitas, dan hasil.

Lingkungan yang Saling Mendukung

Setiap individu harus dapat menciptakan lingkungan yang nyaman untuk bekerja. Bahkan setiap orang berani mengambil risiko atau tindakan demi mencapai tujuan bersama. Anggota tim saling percaya satu sama lain. Tidak ada hukuman untuk anggota tim yang tidak setuju, semua orang berhak mengemukakan pendapat tanpa merasa malu.

Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang harus dibangun dalam tim adalah jenis komunikasi yang terbuka, jujur, dan saling menghormati. Orang-orang merasa bebas untuk mengungkapkan pikiran, pendapat, dan solusi untuk masalah mereka. Orang-orang harus merasa didengarkan oleh setiap orang dan anggota lainnya berusaha untuk memahami.

Rasa Komitmen Grup yang Kuat

Anggota tim memiliki rasa memiliki yang kuat terhadap tim. Mereka memiliki komitmen yang dalam terhadap keputusan dan tindakan tim. Rasa memiliki ini ditingkatkan dan diperkuat ketika tim menghabiskan waktu bersama dalam membangun tim dan mencapai tujuan bersama. Komitmen ini harus ditanamkan dari awal dan oleh semua anggota.

 

Beberapa tips di atas merupakan hal yang harus kita lakukan untuk membangun tim yang soild. Dengan kerjasama yang baik antar anggota tim, pekerjaan akan lebih mudah diselesaikan, tentu kesuksesan yang diimpikan pun akan lebih mudah terwujud. (Mar)

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung