English Language Indonsian Language

Kiat Sukses Ikuti Virtual Job Fair

Sumber Foto : https://bit.ly/3gRqtep


Bandung, ITB Career Center – Covid-19 memberikan perubahan besar dalam kehidupan kita. Salah satunya adalah pemanfaatan media online untuk menggantikan pertemuan tatap muka. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir berkumpulnya banyak orang, seperti mengadakan virtual job fair. Job Fair secara virtual merupakan salah satu peluang bagi para pencari kerja di tengah pandemi. Mengikuti bursa kerja secara online dapat pula menjadi pengalaman baru bagi kita.

Dikutip dari Indeed.com, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar kita sukses mengikuti virtual job fair, di antaranya mengikuti acara tepat waktu, tetap menggunakan pakaian terbaik, dan meninggalkan kesan bagi saat perekrutan online. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan agar sukses menghadapi virtual job fair.

Baca deskripsi acara

Virtual job fair mengaharuskan kita lebih teliti untuk membaca panduan acara. Salah satu yang harus diperhatikan adalah deskripsi acara, di sini kita akan menemukan informasi penting seperti rangkaian acara, jenis perusahaan, jadwal perusahaan, hingga penawaran yang diberikan oleh perusahaan tersebut

Selain itu, kita dapat mengetahui persyaratan pekerjaan, seperti sertifikasi yang diperlukan, dan detail lain yang akan membantu kita menentukan pekerjaan manakah yang paling cocok untuk kita. Kita pun biasanya mendapatkan hal-hal yang harus dipersiapkan hingga pakaian yang harus digunakan yang sesuai dengan virtual job fair.

Lakukan riset tentang perusahaan

Acara job fair secara virtual dirancang bagi pemberi kerja untuk secara virtual bertemu banyak kandidat dalam waktu singkat. Begitu pula para pencari kerja, keterbatasan waktu akan menyulitkan kita menggali informasi mengenai perusahaan saat perekrutan. Maka, meneliti perusahaan sebelum wawancara akan membantu kita terkoneksi dengan perusahaan tersebut dan lebih menonjol dari kandidat lainnya.

Sebelum acara, kita dapat mencari tahu tentang informasi perusahan secara umum, seperti latar belakang, visi misi, budaya kerja dan profil di media sosial. Sehingga pemahaman kita tentang perusahaan akan lebih dalam, sehingga lebih mudah berkomunikasi saat proses rekrutmen dengan keterbatasan waktu dan ruang.

Perbarui resume

Tinjau kembali resume untuk memastikannya relevan atau tidak dengan pekerjaan yang ditawarkan di acara virtual job fair. Salah satu cara menyesuaikannya adalah dengan merefleksikan pengalaman kerja kita sebelumnya dengan deskripsi acara. Pertimbangkan persyaratan pekerjaan dengan kualifikasi, keterampilan, dan pengalaman yang kita miliki. Jadikan resume lebih singkat, jelas dan padat agar mudah dipahami oleh perekrut.

 

Tips di atas dapat kita ikuti agar sukses dalam virtual job fair, apalagi jika ini merupakan virtual job fair pertama yang kita lakukan. Pastikan pula koneksi internet kita berjalan lancar agar dapat mengikuti acara secara maksimal. (Mar)

 

 

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung