English Language Indonsian Language

Perbedaan Magang Berbayar dan Tidak Berbayar Secara Umum

Sumber foto: https://bit.ly/31zCWiu

Bandung, ITB Career Center – Magang adalah salah satu kegiatan yang dilakukan mahasiswa atau siswa untuk mendapatkan pengalaman bekerja secara langsung di suatu perusahaan. Dengan mengikuti magang, kita dapat mempraktikan langsung bidang studi atau teori perkuliahan dalam pekerjaan nyata. Selain mahasiswa atau siswa, beberapa alumni pun dapat mengikuti magang untuk mencari pengalaman dan menambahkannya ke resume.

Dikutip dari Indeed.com, bergantung pada posisinya, magang bisa dibayar atau tidak. Magang tidak berbayar biasanya ditawarkan kepada mahasiwa atau siswa untuk memenuhi nilai akademik. Biasanya sudah ada kesepakatan antara keduabelah pihak, dan hak kewajiban berdasarkan pendidikan serta pekerjaan.

Ada pula magang yang berbayar. Banyak perusahan yang tertarik dengan mahasiswa karena merupakan bibit unggul yang nantinya dapat dilatih dan menjadi karyawan setelah lulus pendidikan. Mereka lebih senang melatih anak magang agar sesuai dengan standar perusahaan. Maka mereka menawarkan magang berbayar.

Ada tiga perbedaan utama antara magang berbayar dan magang tidak berbayar berdasarkan pekerjaan yang dilakukan. Berikut adalah tiga perbedannya:

Fleksibilitas

Saat kita magang tanpa bayaran, kita memiliki fleksibilitas yang lebih besar dalam jadwal bekerja. Kita dapat melakukan negosiasi waktu bekerja yang disesuaikan dengan jadwal kelas. Kita pun bahkan dapat diberi kelonggaran dengan bekerja paruh waktu. Berbeda dengan magang dibayar, kita harus mengikuti waktu bekerja sesuai dengan ketentuan perusahaan. Kita dituntut untuk bekerja secara professional walaupun berstatus magang.

Beban kerja

Seringkali karyawan magang diberikan tugas-tugas yang tidak sesuai dengan bidangnya. Sebagai magang yang tidak dibayar, kita dapat mengatakan tidak untuk tugas yang tidak sesuai dengan bidang kita. Beda halnya dengan magang berbayar, kita akan lebih sungkan untuk menolak pekerjaan. Selain itu, beban yang diberikan tentu lebih besar karena perusahaan merasa memiliki hak untuk memberikan pekerjaan tersebut.

Visibilitas

Ada manfaat tersendiri untuk magang berbayar dan tidak berbayar dalam hal visibilitas. Misalnya, sebagai karyawan magang yang tidak dibayar, kita mungkin menerima perhatian khusus dari manajemen atas, yang mungkin bersedia membimbing kita selama magang. Di sisi lain, sebagai karyawan magang berbayar, terutama jika kita bekerja hampir penuh waktu, kita mungkin dipandang lebih setara dengan karyawan professional, terutama dengan karyawan level awal.

 

Beberapa hal di atas dapat menjadi pertimbangan untuk kita yang sedang mencari pengalaman magang. Berbayar atau tidak, melakukan magang akan menambah pengalaman kita dalam bekerja. Selain itu, banyak kesempatan karir yang terbuka saat kita melakukan magang. Maka pilihlah jenis magang sesuai dengan kebutuhan kita. (Mar)

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung