English Language Indonsian Language

Pilihan Karir Bagi Pecinta Hewan

Sumber foto : https://bit.ly/2D05jNA

Bandung, ITB Career Center – Jika kita adalah seorang pencinta hewan, pasti kita akan memilih karir yang berhubungan dengan hewan. Bagi pencinta hewan, menghabiskan waktu bersama hewan adalah hal yang menyenangkan, tentu pekerjaan yang dilakukan akan terasa ringan karena dilakukan dari hati. Dikutip dari Thebalancecareers.com, ada beberapa pilihan karir untuk para pencinta binatang. Berikut beberapa karir tersebut:

Dokter hewan

Dokter hewan adalah tenaga kesehatan yang memberikan perawatan medis pada hewan. Para pencinta hewan tentu membutuhkan dokter hewan untuk merawat binatang kesayangannya. Beberapa dokter hewan bahkan mengkhususkan diri dalam merawat hewan peliharaan, ternak, kebun binatang, hewan olah raga atau laboratorium. Mereka bekerja di rumah sakit atau klinik hewan pribadi.

Jika ingin bekerja dalam profesi ini, kita harus memperoleh gelar Doctor of Veterinary Medicine (DVM) terlebih dahulu dari sekolah kedokteran hewan yang terakreditasi. Sebagian besar dokter hewan merupakan lulusan dari jurusan dokter hewan. Setelah lulus dari sekolah kedokteran hewan, kita harus mendapatkan lisensi resmi jika ingin berpraktik.

Asisten Dokter Hewan

Sama halnya seperti dokter untuk manusia, dokter hewan memiliki asisten untuk mendukung tugas-tugas dasar merawat hewan seperti memberi makan, memandikan, dan melatih hewan dalam perawatannya. Mereka pun membersihkan dan menyiapkan ruang pemeriksaan atau operasi serta fasilitas kesehatan hewan. Terkadang mereka mengumpulkan sampel darah dan urin.

Untuk menjadi asisten dokter hewan, sebaiknya mengikuti pelatihan formal dan memiliki pengalaman bekerja dengan hewan. Sebagian besar asisten dokter hewan akan diberikan pelatihan di tempat kerja.

Pelatih hewan

Pelatih hewan merupakan salah satu pekerjaan yang tentunya dekat dengan hewan. Mengajari anjing, kuda, bahkan hewan laut untuk berperilaku dengan cara tertentu merupakan pekerjaan pelatih hewan. Mereka mempersiapkan hewan untuk keamanan, melatih kinerja, kepatuhan hingga melatih hewan untuk membantu penyandang disabilitas. Untuk bekerja sebagai pelatih hewan, seseorang biasanya membutuhkan ijazah sekolah menengah atas atau yang sederajat, atau terkadang gelar sarjana diperlukan untuk persyaratan di beberapa tempat.

Groomer

Groomer membantu memastikan hewan peliharaan terlihat bersih dan sehat. Mereka bertugas untuk memandikan hewan dan melakukan perawatan seperti memotong bulu, memotong kuku dan lainnya. Seorang groomer bekerja untuk bisnis perawatan, penampungan hewan, klinik, dan toko hewan peliharaan. Kita dapat menjadi groomer dengan mendapatkan pelatihan di sekolah perawatan berlisensi.

 

Beberapa pekerjaan di atas merupakan contoh pekerjaan yang dekat dengan hewan. Untuk para pecinta hewan, beberapa pekerjaan di atas dapat menjadi pilihan dalam berkarir. Tentu menyenangkan bukan bekerja sambal berinteraksi dengan hewan yang kita sukai. (Mar)

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung