English Language Indonsian Language

Meningkatkan Komunikasi Dalam Berbisnis

Sumber foto : https://bit.ly/3iO4xCv

Bandung, ITB Career Center –Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang kita lakukan saat bekerja atau berbisnis. Komunikasi di tempat kerja dilakukan tidak hanya tatap muka, ada pula komunikasi secara tulisan dan komunikasi jarak jauh.

Dikutip dari Nextiva.com, setiap saluran komunikasi memiliki kelebihan tersendiri. Komunikasi tertulis sangat bagus untuk bukti legal dari keputusan dan kebijakan yang dibuat. Sedangkan interaksi verbal lebih baik dilakukan saat diskusi karena memungkinkan munculnya ide seketika dan menonjolkan aliran pemikiran yang lebih terbuka.

Dengan mempelajari komunikasi bisnis, kita akan meningkatkan kemampuan komunikasi untuk meminimalisir kesalahpahaman komunikasi di tempat kerja. Selain dua komunikasi tersebut, berikut adalah beberapa saluran komunikasi yang bisa dimanfaatkan dalam komunikasi bisnis di tempat kerja, yaitu:

Komunikasi berbasis web

Komunikasi berbasis web yang biasa kita gunakan adalah email dan aplikasi pesan. Email memungkinkan kita mengirimkan informasi secara serentak kepada banyak orang. Kita pun bahkan dapat melampirkan file-file penting untuk disebarkan bersama informasi melalui email. Komunikasi ini pun dianggap sebagai salah satu komunikasi yang formal. Komunikasi berbasis web dapat menjadi pilihan untuk kita yang ingin memberikan informasi langsung kepada lebih dari satu orang secara lebih formal.

Komunikasi telepon dan video

Komunikasi menggunakan telepon dan video seperti menghilangkan jarak antara kita dengan rekan kerja, kita akan merasa lebih dekat satu sama lain walaupun berada di lokasi yang berbeda. Komunikasi menggunakan telepon dan video memungkinkan pertukaran ide yang lebih baik berkat komunikasi non-verbal (nada suara) dan tatap muka dibandingkan dengan komunikasi tertulis. Komunikasi ini dapat dimanfaatkan oleh kita yang ingin mendapatkan feedback secara langsung dari seseorang.

Komunikasi tatap muka

Komunikasi tatap muka menghasilkan lebih banyak ide daripada komunikasi virtual. Komunikasi tatap muka pun merupakan komunikasi yang memiliki lebih sedikit kesalahpahaman dalam penyampaian informasi. Komunikasi tatap muka cocok dilakukan untuk berdiskusi dan rapat bekerja.

Laporan dan dokumen resmi

Laporan dan dokumen resmi merupakan salah satu saluran komunikasi dalam bisnis. Dokumentasi aktivitas dan kebijakan kantor dalam perusahaan dapat menegaskan informasi dan menumbuhkan kesepahaman antara satu divisi dengan divisi lainnya. Laporan dan dokumen ini pun merupakan informasi yang legal yang biasa digunakan untuk menyebarkan kebijakan dari pimpinan.

 

Beberapa saluran komunikasi di atas dapat kita terapkan dalam komunikasi antar rekan kerja. Kita dapat memanfaatkan berbagai saluran komunikasi untuk meningkatkan komunikasi bisnis di tempat kerja. Tujuannya agar koordinasi antar rekan kerja dapat berjalan dengan maksimal. (Mar)

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung