English Language Indonsian Language

Pekerjaan Yang Booming Semejak Pandemi Corona Virus

Sumber Foto : https://bit.ly/3axFyAq

Bandung, ITB Career Center – Pandemi Corona berdampak pada pekerjaan banyak orang. Beberapa orang kehilangan pekerjaan, tetapi, ada beberapa bidang yang justru muali diminati dibanding biasanya. Kebanyakan dari bidang tersebut adalah bidang yang berbasis teknologi online dan bidang kesehatan.

Dikutip Thebalancecareers.com, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan terdapat peningkatan lapangan kerja di bidang perdagangan, layanan profesional, dan perawatan kesehatan. Toko kelontong, hingga apotek yang dukungan dengan penjualan berbasis online pun mendapatkan peningkatkan penjualan. Beberapa bidang yang dapat menjadi pilihan diantaranya :

Jasa Pengiriman Makanan

Untuk mencegah penyebaran virus, banyak orang yang memilih makan di rumah dibandingkan makan di restoran. Berdasarkan kasus tersebut, beberapa tempat makan memanfaatkan pengiriman makanan untuk penjualannya. Contohnya Challenger, Grey & Christmas mencatat bahwa Perusahaan Domino mempekerjakan 1.000 pengemudi pengiriman baru untuk memenuhi permintaan pesan antar.

Selain layanan pesan antar dari restoran, banyak restoran yang menawarkan pengiriman melalui aplikasi pengiriman makanan sesuai permintaan seperti Gofood dan Grabfood. Beberapa aplikasi tersebut bahkan memberikan potongan harga, sehingga lebih menguntungkan jika membeli makanan dari rumah.

Jasa Pengiriman Barang

Biro Statistik Tenaga Kerja juga melaporkan lonjakan besar dalam permintaan untuk pengiriman paket di UPS, FedEx, dan Layanan Pos. Bahkan, perusahaan Amazon mempekerjakan driver pengiriman sesuai permintaan (Flex) dan driver pengiriman gaji (Mitra Layanan Harian). Penjualan online yang meningkat memberikan keuntungan tersendiri terhadap jasa pengiriman barang. Banyak orang yang lebih senang belanja secara online karena lebih aman dan nyaman. Bahkan terkadang harganya jauh lebih murah.

Guru Online

Bidang Pendidikan merupakan bidang yang paling terdampak. Sekolah berganti sistem menjadi pembelajaran jarak jauh. Begitu juga dengan bimbingan belajar di luar sekolah, terjadi penurunan minat siswa. Akibatnya, banyak perusahaan bimbingan belajar online merekrut guru dan tutor. Misalnya, USA Today mencatat bahwa perusahaan pendidikan online Outschool merekrut 5.000 guru online. Biro Statistik Tenaga Kerja di USA memproyeksikan peningkatan 11% (jauh lebih cepat dari rata-rata) di bidang postsecondary antara 2018 dan 2028.

 

Dari beberapa data di atas, dapat disimpulkan banyak pekerjaan yang muncul akibat pandemi. Beberapa pekerjaan dengan permintaan pasar tinggi mulai membuka lowongan pekerjaan walaupun di masa pandemi. Kita dapat menyesuaikan pencarian kerja dengan industri yang sedang naik daun. Masih banyak peluang berkarir walaupun dalam keadaan pandemi. (Mar)

 

 

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung