English Language Indonsian Language

Mengenal Dua Jenis Komunikasi Bisnis Dalam Bekerja

Sumber foto : https://bit.ly/2E5m8an

Bandung, ITB Career Center – Cara kita berkomunikasi dengan orang lain dibangun dari kebiasaan komunikasi sehari-hari. Dalam pekerjaan, keahlian komunikasi ini dapat mempengaruhi komunikasi bisnis kita saat bekerja. Komunikasi bisnis yang efektif akan mempengaruhi proses, efisiensi, dan koordinasi setiap lapisan perusahaan.

Dikutip Nextiva.com, komunikasi bisnis adalah proses berbagi informasi antara orang-orang di dalam dan di luar perusahaan. Komunikasi bisnis yang efektif adalah bagaimana karyawan dan manajemen berinteraksi untuk mencapai tujuan organisasi. Dengan komunikasi bisnis yang baik, kesalahan komunikasi antar karyawan akan terminimalisir. Dalam berbisnis, ada dua jenis komunikasi yang harus kita ketahui yaitu :

Komunikasi Bisnis Internal

Organisasi memiliki komunikasi bisnis internal. Komunikasi bisnis internal adalah seluruh komunikasi yang dilakukan antar karyawan di dalam perusahaan. Komunikasi ini dibagi menjadi beberapa jenis, pertama komunikasi ke atas yaitu komunikasi apa pun yang datang dari bawahan ke manajer. Komunikasi ini pun bisa dilakukan dari orang lain ke atas hierarki organisasi.

Kedua adalah komunikasi ke bawah atau komunikasi manajerial. Komunikasi ini dilakukan dari atas ke bawahan. Ketiga adalah komunikasi lateral atau komunikasi teknis. Komunikasi leteral adalah komunikasi internal lintas departemen antara rekan kerja

Komunikasi Bisnis Eksternal

Selain komunikasi internal, ada juga komunikasi bisnis eksternal. Komunikasi bisnis eksternal adalah komunikasi yang dilakukan oleh karyawan kepada pelanggan, vendor, atau pihak luar perusahaan. Komunikasi eksternal sama pentingnya dengan komunikasi internal, komunikasi ini dapat mempengaruhi penilaian pihak luar terhadap perusahaan.

 

Setelah mengetahui kedua jenis komunikasi dalam bisnis, selanjutnya kita harus mempelajari lebih dalam mengenai kedua komunikasi tersebut. Mempelajari komunikasi bisnis, sangat penting bagi kita yang bekerja dalam suatu organisasi. Kedua jenis komunikasi bisnis tersebut, baik internal dan eksternal harus dilakukan dengan sebaik mungkin, karena dapat membawa peluang bagi perusahaan dan dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan. (Mar)

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung