English Language Indonsian Language

Pro Kontra Bekerja di Rumah atau Bekerja di Kantor

Sumber foto : https://bit.ly/33UbXjk

Bandung, ITB Career Center – Bekerja di rumah sekarang adalah hal yang biasa. Semenjak pandemi, work from home dilaksanakan oleh banyak perusahaan demi mengurangi penyebaran virus corona. Walaupun banyak orang yang mulai nyaman bekerja dari rumah, banyak pula yang mengeluh karena dirasa kurang produktif saat bekerja di rumah.

Dikutip dari Nextiva.com, ada perbedaan antara bekerja di rumah dan bekerja di kantor. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurang masing-masing. Ada beberapa pro dan kontra tentang sistem bekerja ini. Berikut perbandingannya kedua sistem bekerja yang dapat kita pelajari.

Menuju Tempat Bekerja

Penelitian menyebutkan, rata-rata para pekerja di Amerika menghabiskan setidaknya 27 menit waktu perjalanan ke tempat kerja setiap harinya. Waktu tersebut akan lebih lama jika terkendala kemacetan. Lebih dari 14 juta orang menghabiskan satu jam atau lebih bepergian untuk bekerja.

Banyak orang yang senang bekerja di rumah karena tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk datang ke kantor. Kita dapat bekerja jarak jauh dengan memanfaatkan internet, email, video, telepon, dan lainnya.

Namun, beberapa orang lebih senang bekerja di kantor atau pergi keluar untuk bekerja. Bekerja di rumah dirasa kurang efektif. Mereka tetap menikmati bangun pagi, bersiap-siap, dan pergi ke tempat bekerja, sehingga tempat bekerja terpisah antara rumah dan kantor. Inilah sebabnya banyak orang yang bekerja dari jarak jauh masih memilih untuk pergi ke kedai kopi atau coworking space.

Komunikasi

Menurut penelitian dari Laporan Komunikasi Bisnis 2020 Nextiva.com, komunikasi tatap muka adalah metode komunikasi yang paling disukai oleh karyawan. Komunikasi tatap muka hanya dapat dilakukan saat kita berada di kantor. Komunikasi tatap muka akan lebih memperkuat hubungan antar karyawan dan mengurangi miskomunikasi. Kita pun akan mudah bersosialisasi dengan rekan kerja.

Walaupun begitu, banyak orang yang tidak keberatan dengan komunikasi virtual. Interaksi di kantor atau virtual tidak ada bedanya. Komunikasi bisa tetap berjalan dengan baik walaupun menggunakan panggilan video atau pesan singkat. Apalagi kini banyak aplikasi yang mendukung kita untuk berkomunikasi jarak jauh dengan baik.

Fleksibilitas

Saat bekerja dari kantor, kemungkinan kita memiliki jadwal yang sudah ditentukan. Jadwal pasti seperti masuk pukul 7 pagi dan pulang pukul 5 sore. Sedangkan ketika bekerja di rumah kita tidak memiliki jadwal pasti. Bekerja di rumah memiliki fleksibilitas tersendiri, kita dapat menyesuaikan jadwal pekerjaan dengan kebutuhan kita. Bisa jadi kita hanya membutuhkan waktu 3 jam untuk bekerja. Tetapi tidak menutup kemungkinan kita akan bekerja lebih banyak di rumah lebih dari waktu bekerja saat di kantor.

Banyak orang yang kesulitan membagi waktu antara pribadi dan pekerjaan. Walaupun begitu, semakin banyak perusahaan yang mengadopsi jam kerja untuk pekerjaan jarak jauh sesuai dengan jadwal karyawan. Pergeseran ini berarti lebih banyak fleksibilitas tetapi kita harus bisa bekerja dari mana saja dan kapan saja.

 

Ada beberapa keuntungan bekerja di rumah atau di kantor. Ada beberapa orang yang lebih senang bekerja di rumah dan sebaliknya. Semua tergantung dari bagaimana kenyamanan kita dalam bekerja, yang terpenting adalah tugas-tugas dan tanggung jawab dapat kita selesaikan dengan baik di mana pun kita bekerja. (Mar)

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung