English Language Indonsian Language

Tren Telecommuting Semenjak Pandemi Corona

Sumber foto : https://bit.ly/31DrgKA

Bandung, ITB Career Center – Secara sederhana, telecommuting adalah pekerjaan yang dilakukan secara jarak jauh, di luar kantor atau perusahaan. Telecommuting juga dikenal sebagai teleworking, dan kegiatan ini berbeda dengan freelancing. Seorang freelancer adalah pekerja independen dan dapat memilih jam kerja sendiri. Sedangkan seorang pekerja jarak jauh, kita tetap dipekerjakan oleh satu perusahaan, tetapi dapat melakukan pekerjaan di tempat lain.

Dikutip dari Indeed, banyak perusahaan kini yang mulai menerapkan telecommuting. Banyak orang menyadari, pekerjaan yang biasa dilakukan di kantor, ternyata bisa diselesaikan di mana pun. Pada dasarnya, pekerjaan telecommuting terbagi dalam tiga kategori berdasarkan di mana dan bagaimana pekerjaan itu di lakukan. Tiga kategori tersebut adalah

Kerja jarak jauh

Pekerja jarak jauh melakukan pekerjaannya di tempat yang terpisah dengan kantor perusahaan, misalnya di rumah, coworking space, kedai kopi atau bahkan taman. Para karyawan hanya ke kantor beberapa kali seminggu dan untuk keperluan rapat atau penilaian. Bisa juga pekerjaan jarak jauh dilakukan oleh beberapa posisi pekerjaan yang mengharuskan ia berada di luar kantor. Salah satu contoh orang yang menjalankan kerja jarak jauh diantaranya staff tenaga penjualan, bagian distribusi barang, dan lainnya.

Pekerjaan virtual

Pekerjaan virtual adalah pekerjaan yang benar-benar dilakukan secara virtual tanpa tatap muka. Pekerjaan virtual tidak memerlukan karyawan untuk bekerja di kantor. Bahkan ada beberapa perusahaan yang menerapkan pekerjaan virtual tidak memiliki kantor sama sekali. Kelebihan pekerjaan virtual ini adalah meskipun kita akan memiliki jabatan dan tanggung jawab, pekerjaan virtual menawarkan banyak fleksibilitas waktu.

Pekerjaan kerja dari rumah

Bekerja di rumah artinya kita mengerjakan segala tugas di rumah. Kita memiliki tempat khusus di rumah sebagai ruang bekerja. Semenjak pandemi, banyak orang yang bekerja jarak jauh dan hanya bekerja di rumah. Mereka mengisolasi diri di rumah dan belum banyak yang berani untuk bekerja di luar rumah. Walaupun dari segi waktu bekerja kurang efektif, bekerja di rumah merupakan salah satu kategori bekerja jarak jauh yang banyak dilakukan sekarang.

 

Adanya pandemi menggeser kebiasaan kita dalam bekerja. Tren telecommuting ini mulai dirasa lebih efektif dibandingkan harus bekerja ke kantor setiap hari. Banyak karyawan dan perusahaan yang sudah mulai nyaman dengan telecommuting. Kedepannya mungkin bekerja jarak jauh akan dilakukan di segala bidang. (Mar)

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung