English Language Indonsian Language

Menyikapi Perasaan Jenuh Pada Pekerjaan

Sumber foto : https://bit.ly/3iv5dN2

Bandung, ITB Career Center – Kita pasti pernah merasa tidak memiliki motivasi di tempat kerja. Kita pun pernah merasa tidak bahagia dan tidak bersemangat dalam bekerja. Bisa jadi, perasaan itu muncul karena rasa jenuh dalam bekerja. Kita ingin perubahan dalam karir tetapi kesulitan untuk mengetahui perubahan apa yang cocok sesuai dengan yang kita inginkan. Bisa jadi, walaupun kita sudah mengetahui perubahan tersebut, kita masih takut untuk mengambil keputusan, sehingga kita terasa jalan di tempat.

Dikutip dari Themuse.com, pendiri The Coaching Creative, Alina Campos mengatakan, dari kasus yang sering ia tangani mengenai hal ini, simpulan yang dapat ia bagikan adalah untuk membuat keputusan yang lebih cerdas dan lebih tepat tentang karier, kita perlu mengumpulkan data tentang diri kita. Salah satunya adalah dengan mengetahui nilai-nilai yang terpenting bagi kita, misalnya nilai akuntabilitas, kemandirian, dan keseimbangan kehidupan kerja.

Dengan mengetahui nilai apa yang benar-benar mendorong keinginan mereka untuk bekerja di satu perusahaan, hal ini akan membuat kita lebih termotivasi untuk bekerja. Kita pun akan lebih percaya diri untuk memutuskan karir selanjutnya. Alina Campos memberikan tiga tips yang dapat kita lakukan untuk mengubah diri menjadi lebih termotivasi untuk bekerja atau bahkan mulai mengubah pekerjaan tersebut saat kita mulai kehilangan semangat bekerja.

Luangkan waktu

Disaat kita jenuh akan suatu pekerjaan, kita dapat berhenti melakukannya untuk beberapa saat, kemudian menjernihkan pikiran kita dengan sesuatu yang kita suka. Jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan dalam keadaan seperti ini. Campos mengatakan, seseorang perlu meluangkan waktu sejenak, menginggalkan pekerjaan dan mengerjakannya kembali jika sudah bersemangat lagi.

Diskusi dengan seseorang tentang hal ini

Salah satu hal yang dapat meringankan beban adalah bercerita dengan orang lain. Saat kita mulai merasa jenuh dengan pekerjaan yang kita lakukan, kita dapat meminta pendapat rekan kerja yang terpercaya tentang pekerjaan yang kita lakukan. Di sini kita akan mendapatkan masukan dari rekan kerja yang dapat menembuhkan motivasi untuk kita.

Lakukan perubahan

Nilai-nilai yang kita inginkan tentang pekerjaan, muncul dari pengalaman kita selama bekerja. Seringkali nilai tersebut berubah sesuai dengan perkembangan karir. Jika awalnya kita merasa cocok dengan satu perubahan, dan kemudian merasa tidak cocok seiring waktu, maka yang harus dilakukan adalah cari pekerjaan yang sesuai dengan nilai kita sekarang. Walaupun tidak mudah, kita dapat memilih opsi terakhir ini saat merasa jenuh akan pekerjaan. Bekerjalah sesuai dengan nilai yang kita anut agar bersemangat melakukan pekerjaan tersebut.

 

Jangan takut akan perubahan, kejenuhan merupakan tanda ada sesuatu yang harus kita ubah. Kejenuhan pun bisa berarti kita harus berhenti pada rutinitas sehari-hari dan beristirahat sebentar. Beberapa tips di atas dapat kita lakukan jika sudah merasa jenuh pada pekerjaan, dengan begitu kita akan kembali bersemangat dalam berkarir. (Mar)

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung