English Language Indonsian Language

Temukan Gaya Belajar Tepat untuk Pengembangan Karir

sumber : https://bit.ly/2WMLjVg

Bandung, ITB Career Center – Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk mencapai tujuan karir adalah terus belajar. Baik mencari pekerjaan baru atau fokus pada promosi di pekerjaan sekarang. Dengan terus belajar dan memperluas keterampilan, sedikit demi sedikit tujuan karir kita pun akan tercapai.

Dikutip dari Indeed.com, agar maksimal dalam belajar, ada tiga gaya belajar yang dapat kita pilih sesuai dengan kecocokan kita. Setiap orang mempelajari dan menyimpan informasi baru secara berbeda. Cara belajar paling efektif akan memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam berkarier. Berikut tiga gaya belajar yang dapat kita pilih:

Visual

Belajar secara visual atau disebut juga spasial adalah penyerapan informasi berupa gambar yang diambil dari papan tulis, grafik, diagram, peta atau gambar lainnya. Orang yang cocok dengan belajar secara visual biasanya lebih mudah memproses gambar sebelum mereka membaca teks dan juga mampu memvisualisasikan konsep dengan cepat. Orang-orang yang belajar secara visual lebih suka ketika instruksi dicetak daripada diberikan secara lisan.

Audio

Belajar secara auditori adalah penyerapan informasi secara lisan, contohnya ketika dikatakan dengan lantang, seperti dalam suasana kuliah atau presentasi lisan. Dengan jenis belajar ini, seseorang dapat dengan mudah mengingat apa yang orang lain katakan dan lebih suka berbicara melalui topik yang mereka anggap kompleks atau sulit dipahami. Orang-orang yang belajar auditori lebih suka arahan verbal. Mereka mungkin mengajukan beberapa pertanyaan untuk memahami materi pelajaran dengan lebih baik dan mungkin perlu mendengar sesuatu secara berulang. Mereka pun bekerja dengan baik dalam diskusi tim.

Kinestetik

Belajar secara kinestetik atau disebut juga belajar secara sentuhan, adalah penyerapan informasi melalui pengalaman daripada ditunjukkan atau diceritakan. Jenis pembelajar ini lebih suka melakukan hal-hal yang lebih “nyata”. Mereka lebih suka menyentuh dan merasakan barang-barang dan dapat dengan mudah mengingat hal-hal yang telah mereka lakukan dibandingkan dengan apa yang telah mereka dengar atau baca. Mereka pun suka membuat dan menciptakan sesuatu menggunakan tangan mereka, dan mengingat informasi secara lebih baik ketika terlibat secara fisik.

 

Tiga hal di atas adalah beberapa gaya belajar yang dapat membantu kita menyerap informasi dengan lebih baik. Luangkan waktu kita untuk mengetahui gaya belajar paling tepat. Setelah kita mengetahui gaya belajar mana yang paling efektif, kita bisa mulai terapkan dalam bekerja sehari-hari. (Mar)

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung