English Language Indonsian Language

Hadapi Kehilangan Pekerjaan Dengan Sikap Positif

sumber foto : https://bit.ly/32tZD8Z

Bandung, ITB Career Center – Kehilangan pekerjaan dapat menjadi beban berat baik secara emosional maupun finansial. Untuk mengurangi dampaknya, ada langkah-langkah yang penting dipahami agar kita dapat bangkit kembali, salah satunya adalah dengan belajar melihat sesuatu dari sudut pandang yang positif dan mulailah mencari pekerjaan baru.

Meskipun kehilangan pekerjaan bisa menjadi situasi yang membuat stres, ada beberapa cara untuk membantu kita menangani emosi tersebut dan mengatur kehidupan kita kembali. Sehingga untuk pekerjaan selanjutnya kita akan dapat melangkah maju dengan karier profesional. Dikutip dari Indeed.com, berikut adalah beberapa langkah yang harus diambil ketika kehilangan pekerjaan:

Akui emosi

Menunjukan berbagai macam emosi ketika kehilangan pekerjaan adalah hal yang wajar. Kita mungkin merasa sedih pada awalnya, kita mungkin menjadi marah karena diberhentikan dari perusahaan. Terlepas dari apa yang dirasakan, penting untuk menyadari bahwa emosi tersebut adalah normal. Ingatkan diri sendiri bahwa tidak apa-apa untuk merasakannya. Setelah mengalami emosi tersebut, mulailah bangkit. Kita harus bersemangat untuk memulai karier baru dan melepaskan masa lalu.

Pertimbangkan keuangan

Ketika kehilangan pekerjaan, kemungkinan besar kita pun kehilangan sumber penghasilan utama. Salah satu langkah terpenting yang harus diambil dalam situasi ini adalah memperhitungkan kembali keuangan. Kita harus menghitung anggaran dan menyesuaikan pengeluaran. Jika kemungkinan dalam waktu dekat kita tidak akan mendapatkan pemasukan, pertimbangkan untuk mengurangi makan di luar atau pembelian lain yang tidak perlu. Gunakan tabungan sebijak mungkin

Kelilingi diri dengan orang yang tepat

Setelah kehilangan pekerjaan, penting untuk mengelilingi diri dengan orang-orang positif untuk membantu bangkit lebih cepat. Meskipun kita mungkin ingin menghabiskan waktu sendirian saat sedih, tetapi bertemu dengan sekelompok orang yang baik seperti keluarga dan teman dekat, bukanlah hal yang buruk. Bersikaplah hati-hati dengan siapa kita menghabiskan waktu dan pilihlah untuk bergaul dengan mereka yang menginspirasi dan mendukung kita.

Pertimbangkan langkah karier selanjutnya

Kehilangan pekerjaan merupakan saat yang tepat untuk mengevaluasi kembali langkah karier berikutnya. Ambil pelajaran dari pekerjaan yang lama, apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan minat kita, atau pekerjaan tersebut telah membawa kita ke karir yang lebih baik. Jika kita menikmati pekerjaan tersebut, pertimbangkan untuk melamar bidang yang sama. Jika tidak, cari peluang di bidang lainnya. Ini adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan pengalaman di bidang lain. Kita pun dapat melanjutkan pendidikan, mendapatkan sertifikasi dan banyak lagi.

 

Kehilangan pekerjaan bukanlah akhir dari segalanya. Kita harus tetap berpikir positif dan mencari peluang-peluang yang ada. Bisa jadi ini adalah titik balik hidup kita, di mana kehidupan karir kita akan lebih baik nantinya. Yang terpenting adalah terus semangat dan pantang menyerah. (Mar)

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung