
(Sumber Gambar : https://miro.medium.com/max/1024/1*vThNvfV1i_uZbTP0FMCYyQ.png)
Bandung, ITB Career Center - Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran suatu produk atau jasa yang dilakukan secara digital menggunakan media internet. Semenjak internet hadir, seluruh kegiatan kini berbasis internet, salah satunya adalah kegiatan marketing. Pemasaran dianggap lebih maksimal menggunakan media internet. Media digital ini dipercaya dapat meningkatkan promosi, branding dan hubungan dengan pelanggan.
Melihat perkembangannya, kini banyak perusahaan yang membutuhkan seorang digital marketing. Tetapi, membangun karir sebagai seorang digital marketing memberikan kita tantangan tersendiri . Dikutip dari digitalmarketinginstitute.com, dunia digital marketing sangat cepat dan tidak berhenti berkembang, sehingga membutuhkan kreatifitas tinggi dan orisinalitas di setiap kesempatannya.
Untuk mengembangkan karir menjadi seorang digital marketing, keterampilan kita pun harus terus berkembang. Berikut adalah beberapa tips penting untuk meningkatkan karier pemasaran digital kita.
Sebagai seorang digital marketing, penting untuk mengembangkan dua jenis keterampilan, yaitu hard skill dan soft skill. Hard skill yang perlu kita kuasai adalah kemampuan investasi pemasaran. Kita harus pintar menemukan peluang-peluang dalam industri ini. Sehingga target-target yang ditetapkan perusahaan dapat tercapai.
Sedangkan soft skill yang dibutuhkan adalah keterampilan yang berhubungan dengan kreativitas, inovasi, kolaborasi, dan influence. Keterampilan ini adalah dasar yang harus dimiliki seorang digital marketing professional.
Berkarir dalam digital marketing mengharuskan kita mengikuti perkembangan media sosial. Dengan teknologi dan media sosial yang terus berkembang, tren baru muncul dengan cepat. Namun, perhatikan lebih dari sekadar tren pemasaran. Tren yang muncul mempengaruhi daya saing dan strategi penjualan perusahaan. Lihatlah kemajuan dalam industri periklanan dan digital. Selanjutnya, kita dapat mengembangkan strategi bisnis yang diseusiakan dengan perkembangan yang ada.
Mendapatkan feedback atas pekerjaan yang kita lakukan dapat membantu kita untuk mengetahui kekurangan-kekurangan dalam pekerjaan. Jika kita merupakan seorang junior digital marketing, kita perlu meningkatkan pengetahuan dan mencari feedback dari para profesional yang berpengalaman. Hal ini akan memperluas pengetahuan kita.
Selain itu, kita harus bersiap dengan kritik yang membangun dan memahami kelemahan. Kita tidak hanya dapat memperbaiki kekurangan, bahkan dapat mempelajari kritikan untuk membangun kekuatan dalam diri.
Memasuki dunia digital marketing, kita harus mencoba menajdi pribadi yang terbuka untuk mencoba hal-hal baru. Jangan lupa untuk keluar dari zona nyaman. Ambil setiap kesempatan dan hadapi risiko yang ada dengan perhitungan yang matang. Jangan pernah membatasi potensi yang kita miliki di industri ini. (Mar)