English Language Indonsian Language

Tips Hadapi Konflik di Kantor

(Sumber Gambar: https://www.duniakaryawan.com/wp-content/uploads/2017/04/Ilustrasi-penyebab-konflik-karyawan.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Setiap tempat kerja memiliki permasalahan masing-masing. Terkadang kita merasa kewalahan di tempat kerja, atau kita bertemu dengan rekan kerja yang tidak sesuai dengan kita. Hal tersebut sangat wajar. Kita tidak akan menemukan tempat kerja yang sempurna dan sesuai keinginan sepenuhnya.

Kabar baiknya, setiap permasalahan yang ada di tempat kerja memiliki solusi masing-masing. Setidaknya setiap masalah yang ada dapat terminimalisir dengan jika kita menemukan solusinya. Hermonay.com merangkum beberapa permasalahan yang kerapkali ditemukan di tempat kerja dan bagaimana cara mengatasinya.

  • Kewalahan dengan pekerjaan yang ada

Terkadang kita mendapatkan beban kerja yang terlalu banyak. Bisa jadi kita mengerjakan pekerjaan diluar pekerjaan utama, atau kita menghadapi event besar sehingga beban kerja meningkat. Sampai pada titik kita merasa tidak bisa menyelesaikan pekerjaan yang kita miliki.

Jika kita merasa dalam situasi seperti ini, yang kita harus lakukan adalah mencari bantuan. Kita tidak bekerja sendirian, kita memiliki rekan kerja yang akan saling membantu. Kita dapat meminta bantuan untuk menyelesaikan tugas kita. Selain itu, kita dapat berdiskusi dengan manager mengenai beban kerja yang kita miliki.

  • Mendapat pekerjaan yang tidak sesuai

Pernahkah kita mendapati pekerjaan yang tidak sesuai dengan tawaran awal? Sering kali kita menemukan kasus seperti itu, kita direkrut mengisi posisi marketing tetapi mengerjakan pekerjaan lain. Hal seperti ini sering terjadi terutama saat kita melamar ke perusahaan yang belum stabil.

Yang dapat kita lakukan adalah berbicara dengan atasan. Tentu kita akan merasa keberatan dan dibohongi. Agar tidak berlarut-larut sebaiknya kita membicarakannya dengan atasan. Cari jalan keluar yang tepat, mintalah pekerjaan yang sesuai dengan tawaran awal.

  • Konflik dengan rekan satu kantor

Perselisihan dengan teman satu kantor adalah hal yang biasa terjadi. Akan tetapi jika perselisihan ini sudah mengganggu pekerjaan, maka tentu harus segera dicari jalan keluarnya.

Hal yang harus dilakukan pertama adalah menurunkan ego. Jika memang kita tidak menyukai rekan satu kantor, kita harus menurunkan ego dan bersikap profesional dalam pekerjaan. Kedua adalah bersikap baik kepada semua orang. Bersikap positif tentu akan mendapatkan feedback yang positif juga. Untuk menghindari konflik mulailah bersikap positif dari diri sendiri.

  • Mendapatkan review negatif

Terkadang kita merasa sudah menjalani pekerjaan dengan benar, tetapi ternyata kita mendapatkan evaluasi negatif dari atasan. Review mengatakan kita mengerjakan pekerjaan tidak sesuai harapan, lalu apa yang harus kita lakukan?

Pertama tentu jangan panik dan mengira-ngira. Jika kita berada di situasi ini, hal yang harus dilakukan adalah mendengarkan. Bisa jadi walaupun kita merasa sudah melewatkan berapa hal. Buka pikiran dan terima kritikan yang membangun.

Permasalahan pastinya selalu ada, semua tergantung bagaimana kita menghadapinya. Jika terjadi konflik di kantor tentunya kita harus berpikir jernih dan mencari jalan keluar terbaik. Dengan menghadapi dan menyelesaikan konflik, kita akan terus berlatih dan mengembangkan diri. (Mar)

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung