
(Sumber Gambar : https://sola5.org/wp-content/uploads/2018/05/ct.jpg)
Bandung, ITB Career Center – Setiap perusahaan memiliki kriteria tersendiri yang harus dimiliki oleh para calon karyawannya. Setiap karyawan harus memiliki beberapa kemampuan yang sesuai dengan perusahaan. Seperti yang dikutip dari princetonreview.com, penelitian yang dilakukan pada 2017 oleh National Association of College and Employers menyebutkan, lebih dari 75 persen perusahaan akan mencari karyawan yang memiliki kemampuan kerjasama tim, problem solving yang baik, dan kemampuan komunikasi.
Selain ketiga hal tersebut, ada kemampuan yang tidak kalah penting yang sebaiknya dimiliki oleh para pekerja, yaitu kemampuan berpikir kritis. Seperti yang dirilis dalam ziprecruiter.com, berpikir kritis adalah kemampuan untuk menganalisis suatu konsep secara objektif dengan mempertimbangkan fakta dan perspektif yang berbeda untuk mencapai kesimpulan yang logis.
Kemampuan ini penting agar keputusan yang kita ambil dapat berimbang dan tidak didasari suatu kepentingan atau emosi sesaat. Terutama untuk para calon pemimpin yang kelak memimpin perusahaan. Ada beberapa cara untuk menjadi pribadi yang kritis, seperti yang dirilis ziprecruiter.com ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Kemampuan berpikir kritis membantu kita menemukan solusi yang kreatif yang dapat membantu perusahaan untuk terus berinovasi dan memenangkan persaingan. Kemampuan berpikir kritis ini bukan sekedar konsep, akan tetapi akan menuntun kita menemukan penyelesaian masalah yang paling efektif dari setiap masalah yang ada. (Mar)