2.png)
(Sumber Gambar : https://topcareer.id/wp-content/uploads/2019/08/cropped-Tetap-produktif-walau-bekerja-dari-rumah.jpg)
Bandung, ITB Career Center – Semenjak informasi mengenai pandemik COVID-19 beredar di Indonesia, dimana tingkat penderitanya semakin bertambah setiap harinya, Presiden memberikan arahan untuk masyarakat agar berdiam diri dirumah (#dirumahaja) atau #GerakanSocialDistacing, agar mencegah penyebaran virus tersebut semakin luas. Sesuai dengan arahan tersebut, sebagian besar perusahaan telah memberikan kebijakan kepada para karyawannya untuk bekerja di rumah.
Untuk perusahaan dan karyawan yang tidak terbiasa bekerja di rumah, mungkin akan sedikit kesulitan pada awal bekerja di rumah. Kegiatan ini tentu penuh dengan tantangan, apalagi kita sebagai karyawan harus tetap produktif. Dikutip dari Indeed.com, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar tetap produktif saat bekerja di rumah.
Sangat penting untuk membuat jadwal bekerja saat kita tidak biasa bekerja dari rumah. Untuk lebih pasti, kita pun bisa berdiskusi dengan atasan kita, tentang jam bekerja dari rumah. Sehingga, kita lebih terpacu untuk produktif walaupun bekerja di rumah sendirian.
Kita dapat memulai dengan review tugas-tugas yang harus kita kerjakan di rumah. Catat tugas-tugas dan apa saja yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas tersebut. Urutkan tugas berdasarkan prioritas atau kepentingan paling mendesak. Jangan lupa untuk memasukan jadwal istirahat agar tugas selesai tanpa membuat kita merasa kelelahan.
Jika memungkinkan kita dapat membangun suasana kantor di rumah. Hal ini membuat kita lebih produktif dan bekerja lebih baik. Membangun suasana bekerja layaknya di kantor bisa kita lakukan dengan tetap aktif berkomunikasi dengan rekan kantor untuk keperluan pekerjaan, atau mengikuti jam kantor biasa untuk bekerja.
Kita pun dapat memanfaatkan layanan video untuk membantu kita bekerja dari rumah. Kita tetap bisa melaksanakan rapat dan berdiskusi dengan rekan kerja melalui videocall. Peralatan yang perlu kita siapkan untuk membangun suasana bekerja atau untuk menunjang rapat dari rumah adalah komputer atau laptop, microphone, kamera, dan speakers.
Bekerja di rumah dapat membuat kita sulit membuat batasan antara bekerja dan istirahat. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita dapat menyamakan jam bekerja kita dengan manajer dan tim agar waktu bekerja lebih jelas. Jika kita masih merasa terlalu banyak bekerja, kita dapat mencoba metode Pomodoro dengan fokus selama 25 menit, lalu istirahat 5 menit.
Walaupun bekerja di rumah, perusahaan menekankan karyawan untuk tetap produktif. Target perusahaan harus tetap tercapai walaupun karyawan tidak datang ke kantor. Menghadapi wabah ini pun, kita dianjurkan untuk tetap menjaga kesehatan walaupun di rumah. Sehingga pekerjaan beres, target tercapai dan kita tetap sehat. (Mar)