Tips and Tricks

Evaluasi Kemampuan Berbahasa Asing Menggunakan "European language levels: Self Assessment Grid" dari CEDEFOP

European Centre for the Development of Vocational Training atau CEDEFOP adalah agensi yang salah satu layanannya adalah website Europass, berisi informasi tentang persyaratan untuk seseorang dapat belajar dan bekerja di Eropa. Salah satu syarat yang diberikan adalah keterampilan salah satu bahasa di Eropa, tentu saja.

Website Europass memberikan panduan tingkat keterampilan berbahasa yang disebut "European language levels: Self Assessment Grid." Di halaman tersebut...

continue reading

Apa Saja Penyebab Gagal Saat Proses Rekrutmen?

Proses rekrutmen dilakukan dengan berbagai tahapan untuk memperoleh sumber daya manusia yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Umumnya tahapan rekrutmen terbagi menjadi; seleksi administrasi, psikotes dan wawancara. Namun ada juga perusahaan yang menambahkan tahapan lain seperti tes kesehatan hingga tes keahlian posisi yang dilamar.

Pernah berkali-kali gagal dalam proses rekrutmen? Faktor penyebabnya beragam loh! Mungkin Anda merasa sudah mengikuti setiap tahapan rekrutmen dengan baik. Namun pada hasil akhir, Anda gagal dan tidak termasuk ke dalam kandidat yang lolos. Tentu rekan-rekan kebingungan dan tak mau mengulang kesalahan yang sama di rekrutmen selanjutnya kan?

Menurut tim rekrutmen PT Bekaert Indonesia, kelayakan calon karyawan tidak dilihat dari hard skill saja, banyak hal yang dipertimbangkan, khususnya mengenai ‘kesesuaian’ calon karyawan dengan sistem kerja di perusahaan. Selain itu kesalahan-kesalahan calon karyawan selama proses rekrutmen juga menjadi penyebab gagalnya diterima bekerja. Apa saja ya?

continue reading

Apa Yang Dipertimbangkan Recruiter Ketika Mewawancarai Pelamar Kerja?

Pernah gagal pada proses rekrutmen ketika wawancara kerja? Mungkin saja rekan-rekan melakukan beberapa kesalahan ketika menjawab pertanyaan recruiter. Selain percaya diri, Anda harus tau apa saja yang dipikirkan recruiter saat wawancara kerja. Berikut hal-hal yang dipikirkan recruiter saat wawancara menurut Cherry Zulviyanti, S.Psi, selaku HRD Sinarmas Mining.

continue reading

Mental yang Harus Dibangun Menghadapi Dunia Kerja

Sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja, penting sekali bagi lulusan baru untuk mengenal bagaimana dunia kerja. Tidak hanya menyiapkan Currciculum Vitae, tetapi juga ada banyak mental yang harus di bangun oleh lulusan baru.  Rekan-rekan akan menemukan kompetisi, tuntutan, dan kewajiban dengan tanggung jawab pekerjaan dalam dunia kerja. Berikut ‘Mental yang Harus Dibangun Rekan-Rekan Memasuki Dunia Kerja’ berdasarkan wawancara penulis dengan tim rekrutmen dari Sinarmas Mining, Cherry Zulfiyanti, S.Psi dan tim rekrutmen dari PT Timah Indonesia Tbk:

continue reading

Fresh Graduate? Ini Dia yang Harus Dipersiapkan Memasuki Dunia Kerja!

Setelah lulus kuliah ternyata perjuanganmu bukan selesai, tetapi semua pilihan penting ada di masa ini. Ada yang memilih melanjutkan kuliah magister, ada yang serius berwirausaha, ada yang melanjutkan bisnis keluarga, ada yang menikah, ada yang bekerja, dan masih banyak pilihan-pilihan lain.

Yang paling dikhawatirkan dari setelah lulus kuliah adalah ketika kamu bahkan tidak tahu mau melakukan apa. Bingung menentukan sikap, padahal fase ini adalah salah satu yang terpenting untuk masa depanmu. Jangan sampai ketika kamu sudah lulus masih kebingungan. Ini dia beberapa hal tips yang harus dipersiapkan untuk Fresh Graduate yang akan memasuki dunia kerja! Tips ini didapatkan dari wawancara penulis bersama Alumni Desain Produk ITB angkatan 2002, Mufti Alem yang kini sedang mengembangkan start up www.greeneration.org dan berkarya di Alem Studio.

continue reading

Passport

Oleh Rhenald Kasali
(Jawapos, 8 Agustus 2011)


Setiap saat mulai perkuliahan, saya selalu bertanya kepada mahasiswa berapa orang yang sudah memiliki passport. Tidak mengherankan, ternyata hanya sekitar 5% yang mengangkat tangan. Ketika ditanya berapa yang sudah pernah naik pesawat, jawabannya melonjak tajam. Hampir 90% mahasiswa saya sudah pernah melihat awan dari atas. Ini berarti mayoritas anak-anak kita hanyalah

continue reading

Ingin Kerja di Jepang? Bisa!

Belakangan ini, ITB Career Center seringkali didatangi tamu dari perusahaan Jepang (dan Korea) yang berminat untuk merekrut pegawai dari Indonesia. Kira-kira, apa penyebabnya, ya?

continue reading

Pentingnya Kemampuan Bahasa Asing: Bisa Memberi Tambahan Gaji 21 Juta Rupiah

Kita mungkin sudah mahfum bahwa kemampuan bahasa asing seseorang sangat berpengaruh terhadap pencapaian karirnya. Tapi seberapa besar pengaruhnya, itu yang mungkin belum terasa oleh banyak orang. Untuk mendapatkan gambarannya, mari kita simak liputan berikut ini.

continue reading

Memulai dari Mimpi

Bagaimana menentukan impian? Coba ambil pulpen dan selembar kertas lalu tulis lima impianmu selama lima tahun ke depan. What do you think will happen to you in the next five years?

continue reading

Tips Membuat Resume, CV, Curriculum Vitae

Anda sebetulnya tahu bedanya CV yang baik dan kurang baik, CV lebay dan non-lebay. Di paling atas, tulis nama Anda dengan font besar, masukkan foto di bagian kanan atas, nomor ponsel, e-mail, alamat rumah, dan tempat serta tanggal lahir.

Selanjutnya, kita masuk ke isi. Hal yang penting dilihat tentu adalah pendidikan. Tidak perlu mencantumkan TK, SD, SMP. Cukup masukkan... 

continue reading

10 Tips Yang Bermanfaat Untuk Pegawai Baru

  1. Di awal masa bekerja, biasanya Anda akan masuk ke probation period di mana perusahaan akan menilai kelayakan Anda untuk direkrut menjadi pegawai tetap. Tunjukkan maturity dan willingness to learn. Sama seperti di kampus, akan ada deadline dan multiple projects di mana Anda akan bekerja bersama tim...
continue reading

Sopankah Menanyakan Hasil Tes Wawancara ?

Panggilan wawancara kerja merupakan saat yang paling menyenangkan bagi pencari kerja. Karena panggilan tersebut merupakan langkah awal untuk meniti pekerjaan yang diidamkan. Sopankah menanyakan hasil test wawancara ?

continue reading

Saran Penting Dalam Menghadapi Wawancara

Bagi Anda pencari kerja yang dipanggil untuk menjalani wawancara kerja, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa saran di bawah ini.

continue reading

Tips Berpakaian Saat Wawancara

Apa saja yang harus Anda perhatikan dalam berpakaian saat hendak melakukan wawancara kerja?

continue reading

Bersikap Percaya Diri

Ada ekspresi khas dalam wawancara pekerjaan dari kebanyakan lulusan Universitas, bila ditanyakan, "Bagaimana kamu melihat hidupmu tiga tahun mendatang?".

continue reading

Pengaruh Tatapan Mata Saat Wawancara

Apakah pengaruh kontak mata pada saat wawancara? Bagaimana juga pengaruh intonasi suara terhadap keberhasilan wawancara?

continue reading

Wawancara Saat Psikotest

Berbohong saat tes wawancara bukan hanya tak berguna, tapi juga bisa membuat Anda tidak diterima. Lebih bijaksana bila pertanyaan dijawab apa adanya, spontan, langsung ke pokok persoalan, tidak mengada-ada, tidak menggurui, dan sopan.

continue reading

Persiapan Menghadapi Psikotest

Apa saja yang harus Anda siapkan sebelum menghadapi psikotes?

continue reading

Tips Menghadapi Wawancara Psikotest

Apa saja tips untuk menghadapi wawancara psikotes? Simak artikel berikut.

continue reading

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Banyak perusahaan yang memandang surat lamaran atau cover letter sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran Anda. Karena itu penting sekali bagi Anda untuk menuliskan surat lamaran yang baik. Berbagai tips di bawah akan membantu Anda.

continue reading

Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More