Tips and Tricks

Alur dan Jadwal Pendaftaran CPNS 2019

Bandung, ITB Career Center – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah dimulai. Sebanyak 152.286 formasi dibuka pada penerimaan CPNS tahun 2019. Tahun lalu, jumlah pelamar CPNS 2018 mencapai empat juta pelamar, tahun ini pun jumlah pendaftar dirpresiksi meningkat hingga 10 persen. Untuk kita yang ingin mengikuti pendaftaran CPNS 2019, ada beberapa informasi yang perlu diketahui, seperti alur pendaftaran dan jadwal pendaftaran seleksi CPNS 2019. Dirangkum dari sscn.bkn.go.id, berikut alur pendaftaran dan jadwal CPNS 2019.

continue reading

Pekerjaan Dengan Penghasilan Fantastis di Indonesia

Bandung, ITB Career Center – Salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh seseorang dalam mencari pekerjaan adalah bayaran yang didapatkan. Terkadang suatu perkerjaan memiliki daya tarik tersendiri karena memberikan penghasilan yang diatas rata-rata. Ada beberapa pekerjaan yang memiliki bayaran tinggi, dikutip dari Michaelpage.co.id, berikut pekerjaan yang memiliki bayaran tinggi di Indonesia.

continue reading

Pintar Manfaatkan Waktu untuk Tetap Produktif Setiap Hari

Bandung, ITB Career Center – Setiap orang ingin lebih produktif. Terkadang banyak hal yang menghalangi kita untuk fokus menyelesaikan tugas-tugas, seperti rasa malas, sosial media, atau godaan lainnya. Saat malas menyerang, otomatis kita akan berhenti produktif dan memilih untuk menunda pekerjaan.

continue reading

Pentingnya Tes Kepribadian dalam Proses Rekrutmen

Bandung, ITB Career Center – Tes kepribadian merupakan salah satu alat yang digunakan oleh perusahaan untuk meyeleksi calon karyawannya. Melalui tes ini perusahaan akan mendapatkan kandidat dengan kepribadian dan nilai-nilai yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Dengan begitu perusahaan akan menemukan kandidat yang paling memenuhi syarat untuk posisi tersebut, baik dalam hal keahlian dan kepribadian.

continue reading

Cara Jitu Jadi Public Speaker Handal

Bandung, ITB Career Center – Tidak semua orang dapat berbicara dengan baik di depan umum. Berbicara di depan umum atau lebih dikenal sebagai public speaker memiliki trik tersendiri. Ada beberapa trik yang dapat diterapkan agar kita memiliki kemampuan public speaking yang baik. Kemampuan ini pun akan sangat membantu kita dalam membangun karir. Dikutip dari brightnetwork.co.uk, ada beberapa hal yang dapat kita terapkan untuk menjadi public speaker yang baik.

continue reading

Bijak Gunakan Media Sosial Demi Bangun Reputasi Baik di Tempat Kerja

Bandung, ITB Career Center – Belakangan ini, media sosial, seperti Facebook, Twitter atau Instagram digunakan oleh sebagian orang untuk melihat karakter seseorang. Reputasi kita akan dinilai melalui media sosial. Bagaimana kita mempergunakan media sosial, akan dinilai oleh orang lain.

continue reading

Trik Bangun Karir dalam Industri Kreatif

Bandung, ITB Career Center – Industri kreatif dipandang sebagai bidang yang sulit ditaklukan. Menurut Kementerian Perdagangan Indonesia, industri kreatif adalah sebuah industri yang berasal dari pemanfaatan kreatifitas, keterampilan serta bakat seseorang. Industri ini dianggap sulit karena persaiangannya sangat ketat. Kita harus terus memunculkan ide-ide kreatif untuk tetap berkembang dan bertahan pada industri ini.

continue reading

Karir Tepat Bagi Seorang Pemalu

Bandung, ITB Career Center – Setiap orang memiliki karakter masing-masing. Karakter yang kita miliki ini dapat berpengaruh pada pemilihan karir di masa depan. Salah satunya karir untuk orang yang memiliki sifat pemalu. Berbeda dengan orang yang senang menjadi pusat perhatian, seseorang yang pemalu biasanya tidak terlalu menonjol dan memilih pekerjaan di belakang layar.

continue reading

Mengenal Peluang Berkarir Baru Karena Perkembangan Teknologi

Bandung, ITB Career Center – Banyak pekerjaan yang muncul akibat perkambangan teknologi. Bahkan mungkin tidak terpikirkan sebelumnya bahwa pekerjaan tersebut akan ada. Pekerjaan tersebut dapat menjadi peluang kita dalam membangun karir. Seperti yang dikutip dari inc.com, ada beberapa pekerjaan yang muncul akibat perkembangan teknologi, diantaranya adalah sebagai berikut:

continue reading

Cegah Kegalauan Dalam Tentukan dan Kembangkan Karir Setelah Lulus Kuliah

Bandung, ITB Career Center – Fase menentukan karir terkadang merupakan fase sulit bagi seseorang. Menentukan rencana karir dan bidang karir yang kita inginkan, dapat menjadi tantangan tersendiri. HRD PT Sayap Mas Utama (Wings Group Indonesia), Paulus mengatakan tantangan terbesar setelah lulus kuliah adalah mencari kerja.

continue reading

Jurus Jitu Kembangkan Karir Sebagai Digital Marketing

Bandung, ITB Career Center - Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran suatu produk atau jasa yang dilakukan secara digital menggunakan media internet. Semenjak internet hadir, seluruh kegiatan kini berbasis internet, salah satunya adalah kegiatan marketing. Pemasaran dianggap lebih maksimal menggunakan media internet. Media digital ini dipercaya dapat meningkatkan promosi, branding dan hubungan dengan pelanggan.

continue reading

Inilah Keuntungan Memiliki Pengalaman Kerja

Bandung, ITB Career Center – Memiliki pengalaman bekerja dapat menjadi keuntungan bagi kita saat melamar ke suatu perusahaan. Pengalaman kerja pun merupakan salah satu poin penting yang diperhitungkan oleh perusahaan saat mencari karyawan. Seorang pelamar yang memiliki pengalaman kerja biasanya akan lebih diutamakan.

 
continue reading

Tes Kepribadian Untuk Tentukan Karir Yang Pas

Bandung, ITB Career Center – Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kita dapat memilih karir yang tepat, salah satu caranya adalah mengikuti tes kepribadian dan penilaian karir. Tes kepribadian akan memperlihatkan kekuatan yang kita miliki, kelemahan, bakat, keterampilan serta nilai-nilai dalam diri. Seperti yang dikutip dari thebalancecareers.com, tes kepribadian akan membantu kita dalam menentukan karir di masa depan.

continue reading

Perbandingan Antara Perusahaan Pemerintah dengan Perusahaan Swasta

Bandung, ITB Career Center – Perusaahan pemerintah atau perusahaan swasta adalah dua pilihan tempat berkarir kita. Tetapi, banyak diantara kita yang masih sulit menentukan lebih baik berkarir di perusahaan pemerintah, atau perusahaan swasta. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

continue reading

Pentingnya Personal Development Mulai Sekarang

Bandung, ITB Career CenterPersonal development atau pengembangan diri adalah suatu kegiatan untuk meningkatkan kemampuan dalam diri seperti mengasah keterampilan, meningkatkan kinerja, dan lainnya. Personal development sangat penting, terutama bagi kita yang ingin sukses dalam berkarir. Dengan meningkatnya kemampuan diri, kualitas kehidupan dan karir kita pun akan berkembang.

continue reading

Tips Menunggu Hasil Proses Rekrutmen Perusahaan

Bandung, ITB Career Center – Interview merupakan salah satu tahapan rekrutmen yang paling menegangkan. Di sini kita akan bertemu secara langsung, empat mata, dengan utusan perusahaan. Bahkan biasanya kita diwawancara langsung oleh pimpinan perusahaan. Maka banyak orang yang mempersiapkan interview dengan maksimal.

continue reading

Langkah Awal Bangun Karir di Industri Fashion

Bandung, ITB Career Center – Industri fashion cukup menarik perhatian. Bahkan industri ini menyumbangkan kontribusi Pendapatan Domestik Bruto (PDB) nasional sebesar 3.76 persen, dengan nilai ekspor pada 2017 di Indonesia. Seperti yang diberitakan fimela.com, nilai ini terus meningkat setiap tahunnya. Perkembangan industri fashion dapat menjadi peluang karir bagi sebagian orang.

continue reading

Cermati Job Offer Sebelum Terima Pekerjaan

Bandung, ITB Career Center – Job Offer atau tawaran kerja adalah momen saat kita diberikan pilihan untuk menerima atau menolak tawaran kerja setelah kita melewati seluruh proses rekrutmen. Di sini kita akan diberikan penjelasan mengenai gaji yang diberikan, tunjangan, dan hal spesifik lainnya mengenai pekerjaan yang kita lamar. Jika kita setuju, kita akan menuju tahap selanjutnya yaitu penandatanganan kontrak kerja.

continue reading

Tips Sukses Sebagai Freelancer Sekaligus Karyawan Kantoran

Bandung, ITB Career CenterFreelance atau pekerja lepas merupakan pekerjaan yang cukup populer beberapa tahun belakangan. Survei yang dilakukan oleh Freelancers Union dan Elance-oDesk pada 2014 di Amerika, terdapat 14,3 juta orang yang memiliki pekerjaan tambahan sebagai freelancer. Pekerjaan ini banyak digemari karena waktu bekerjanya yang fleksibel. Karena memiliki waktu yang fleksibel, banyak orang yang merangkap pekerjaan sebagai freelance sekaligus bekerja di kantor (waktu bekerja penuh).

continue reading

Kualifikasi yang Dibutuhkan Untuk Berkarir di Bidang Pendidikan

Bandung, ITB Career Center – Bekerja di bidang pendidikan di Indonesia cukup populer. Pekerjaan di bidang pendidikan ini berkaitan dengan menjaga integritas lembaga-lembaga akademik dan menjaga kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan. Pekerjaan yang masuk dalam bidang pendidikan diantaranya sebagai guru, dosen, pengajar lainnya, konselor sekolah, asisten dosen, spesialis pelatihan, administrator pendidikan, dan lainnya.

continue reading

Skill Penting Seorang Engineer

Bandung, ITB Career Center – Prospek kerja seorang engineer tidak bisa dipandang sebelah mata. Jurusan ini memiliki kategori pekerjaan yang cukup luas, yaitu pekerjaan yang menggunakan dasar sains dan matematika untuk menyelesaikannya. Pekerjaan yang biasa dilakukan meliputi disiplin ilmu teknik mesin, listrik, kimia, sipil dan lingkungan.

continue reading

Pertimbangan Membangun Karir Bersama Startup

Bandung, ITB Career Center – Bekerja di perusahaan startup cukup menarik perhatian banyak orang. Gambaran bekerja di startup adalah menyenangkan, kekinian, dan memiliki teknologi yang lebih maju dibandingkan perusahaan yang sudah berdiri lama. Bergabung dengan startup memang dapat menjadi langkah yang menyenangkan dan dapat memberikan pengalaman berharga.

continue reading

Kebiasaan Buruk Generasi Milenial di Tempat Kerja

Bandung ITB Career Center – Generasi milenial memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan generasi lainnya. Generasi ini disebut-sebut sebagai generasi yang paling maju akan teknologi, tetapi diperkirakan juga sebagai generasi paling malas. Selain itu, generasi milenial dikenal memiliki beberapa kebiasaan buruk saat di tempat kerja, mereka terlihat egois, gemar menuntut dan kecanduan teknologi.

continue reading

Mengenal Budaya Kerja Amerika

Bandung, ITB Career Center – Setiap tempat memiliki budaya kerja yang berbeda-beda. Jangankan berbeda benua, berbeda negara pun terkadang berbeda pula budaya kerja yang diterapkannya. Perbedaaan budaya tersebut seringkali menjadi hambatan bagi kita yang ingin bekerja di perusahaan asing. Karena perbedaan budaya mencangkup perbedaan etika, perbedaan cara bekerja, perbedaan menyampaikan pendapat, perbedaan cara bersosialisasi dan lainnya.

continue reading

Industri Perbankan Tujuan Tepat Para Fresh Graduate

Bandung, ITB Career Center – Berkarir di industri perbankan cukup diminati oleh para pencari kerja. Berkarir di industri perbankan memang menjadi pilihan karena keamanan dan fleksibilitas pekerjaan. Industri perbankan dipercaya memberikan banyak peluang bagi para fresh graduate atau pemula, maupun profesional berpengalaman untuk mengembangkan karir.

continue reading

Persiapakan Diri Bangun Karir di Luar Negeri

Bandung, ITB Career Center – Berkarir di luar negeri merupakan impian banyak orang. Banyak yang memilih berkarir di luar negeri karena berbagai alasan, misalnya jenjang karir yang lebih jelas, wawasan yang lebih luas, relasi dari berbagai negara, hingga penghasilan yang besar. Akan tetapi, bekerja di luar negeri tidaklah mudah.

continue reading

Kiat Hadapi FGD Rekrutmen Kerja ala Air Liquide Indonesia

Bandung, ITB Career Center – Salah satu proses rekrutmen yang sering ditemui adalah Focus Group Discussion (FGD). Bagi sebagian perusahaan, proses FGD merupakan seleksi andalan yang digunakan untuk mengeliminasi para kandidat. Salah satunya digunakan dalam proses rekrutmen Campus Hiring Air Liquide Indonesia 2019 untuk program Management Trainee (MT).

continue reading

Langkah Sukses Jadi Freelancer

Bandung, ITB Career Center – Sama seperti pekerjaan lainnya, menjadi seorang freelancer memiliki tantangan tersendiri. Tidak terikat waktu, bukan berarti bebas dalam bekerja. Apalagi, pekerjaan yang dikerjakan setiap harinya tidak stabil. Pemasukan tidak menentu tergantung dengan projek yang datang. Kelebihan dan kekurangan menjadi freelancer ini merupakan resiko yang harus dihadapi jika kita ingin menjadi seorang freelancer.

continue reading

Pentingnya Bangun Relasi Bagi Karir

Bandung, ITB Career CenterMembangun relasi sangat penting bagi karir dan perusahaan kita. Relasi adalah hubungan profesional yang akan membantu kita membangun dan meningkatkan perusahaan demi mencapai tujuan.

continue reading

Maksimalkan Persiapan Sebelum Wawancara Kerja

Bandung, ITB Career Center – Persiapan wawancara untuk bekerja bukan hanya mempersiapkan jawaban atas pertanyaan yang bersifat umum. Biasanya pada saat wawancara untuk bekerja kita akan diberi pertanyaan mendalam mengenai siapa diri kita sebenarnya.

 
continue reading

Tips Hadapi Konflik di Kantor

Bandung, ITB Career Center – Setiap tempat kerja memiliki permasalahan masing-masing. Terkadang kita merasa kewalahan di tempat kerja, atau kita bertemu dengan rekan kerja yang tidak sesuai dengan kita. Hal tersebut sangat wajar. Kita tidak akan menemukan tempat kerja yang sempurna dan sesuai keinginan sepenuhnya.

continue reading

Tips Jaga Kesehatan Bagi Pekerja Keras

Bandung, ITB Career Center – Tanpa disadari, banyak diantara kita yang bekerja dengan berlebihan tanpa memikirkan kesehatan. Pekerjaan yang kita lakukan pun terkadang menuntut kita untuk bekerja hingga larut malam. Tidak jarang kita melewatkan sarapan dan makan siang karena terlalu sibuk bekerja. Padahal kesehatan merupakan aset penting bagi setiap manusia.

continue reading

Work Life Balance Bagi Ibu Sebagai Wanita Karir

Bandung, ITB Career Center – Jumlah ibu yang menjadi wanita karir terus bertambah setiap tahunnya. Menurut Center fo American Progress, empat dari 10 ibu di Amerika Serikat merupakan wanita karir. Sebenarnya, banyak ibu yang bekerja memiliki perasaan bersalah terhadap keluarga, karena membagi fokus antara pekerjaan dan keluarga. Tetapi terkadang tuntutan ekonomi dan keinginan untuk bekerja mengharusnya ibu bekerja.

continue reading

Terapkan Hal Ini untuk Dapatkan Kesuksesan

Bandung, ITB Career Center – Siapapun ingin sukses baik dalam kehidupan pribadinya maupun dalam karirnya. Apapun akan kita lakukan demi mendapatkan kesuksesan. Menurut money.usnews.com, masyarakat dengan umur 20 hingga 36 tahun adalah umur di mana kita paling sering memikirkan kesuksesan. Di umur ini mereka mencari kesuksesan terutama kesuksesan dalam berkarir. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan menuju kesuksesan tersebut. Berikut adalah hal dapat kita lakukan untuk menjadi sukses.

continue reading

Hal Penting dalam Perencanaan Karir

Bandung ITB Career Center – Kita membutuhkan rencana untuk meniti karir. Perencanakan dibutuhkan karena tidak semua berjalan berdasarkan keberuntungan. Apalagi untuk seseorang yang belum dapat menentukan karir di masa depan.

continue reading

Pengalaman atau Gelar Pendidikan, Hal Penting Untuk Melamar Pekerjaan

Bandung, ITB Career Center – Saat kita melamar pekerjaan, kita pasti berpikir mana yang lebih penting, apakah pengalaman lebih penting dari pada gelar, atau justru gelar lebih penting. Beberapa pekerjaan mengutamakan gelar pendidikan yang kita miliki sebagai salah satu syarat rekrutmen. Tetapi orang yang memiliki pengalaman justru lebih diutamakan.

continue reading

Berhenti Menjadi Karyawan dan Miliki Bisnis Sendiri

Bandung, ITB Career Center – Hampir semua entrepreneur bermula sebagai seorang karyawan sebelum ia membangun bisnisnya sendiri. Banyak karyawan yang memang berkeinginan untuk memiliki perusahaan sendiri setelah sekian lama bekerja untuk orang lain. Penelitian yang ada memperkirakan, lima dari sembilan karyawan ingin memulai bisnis mereka sendiri.  

continue reading

Menjadi Konselor Karir yang Baik

Bandung, ITB Career Center – Salah satu layanan pusat karir adalah konseling karir. Beberapa pusat karir di perguruan tinggi memiliki jasa konseling karir untuk membantu mahasiswa atau alumni yang masih kesulitan menentukan karirnya. Kepala Pusat Pengembangan Karir, Universitas Katolik Parahyangan, Dewiyani, mengatakan konseling karir diisi oleh seorang konselor karir.

continue reading

Miliki Attitude Yang Baik Untuk Sukses Bekerja

Bandung, ITB Career Center – Beberapa softskill yang sebaiknya dimiliki oleh lulusan adalah attitude (character, personality, mentality), competency (technical skill), softskill communication, leadership, problem solving, decision making, dan awareness. Hal ini sesuai dengan company survey yang dilakukan oleh Career Center Universitas Diponegoro (Undip). Menurut President Director PT Undip Citra Cipta Prima, Fitrie Arianti, hasil dari company survey mengatakan, sebagian besar perusahaan menyampaikan bahwa lulusan belum memenuhi kebutuhan perusahaan.

continue reading

Roadmap Bisnis, Langkah Awal Bangun Bisnis Sendiri

Bandung, ITB Career Center – Membangun sebuah bisnis tentu tidak mudah. Kita akan dihadapkan dengan hal mengejutkan yang tidak pernah terbayangkan. Kita menemukan banyak hal baru, sehingga saat memulai bisnis, tidak hanya fokus membangun bisnis tetapi kita akan belajar dari pengalaman membangun bisnis tersebut.

continue reading

Alasan Sulitnya Mencari Kerja Jaman Sekarang

Bandung, ITB Career Center - Beberapa orang mengeluhkan sulitnya mencari kerja di jaman sekarang. Jika dahulu proses mencari pekerjaan begitu mudah, kini beberapa sistem baru menyulitkan kita mendapat pekerjaan. Sistem serba otomatis yang diterapkan perusahaan dalam mencari karyawan ternyata cukup menyulitkan bagi jobseeker.

continue reading

Benefit Membangun Bisnis saat Mahasiswa

Bandung, ITB Career Center - Penelitian menyebutkan generasi milenial lebih suka bekerja sendiri dibandingkan harus bekerja di perusahaan orang lain. Mileneal adalah generasi entrepreneur. Banyak orang yang semenjak mahasiswa sudah merintis bisnisnya masing-masing. Sehingga setelah lulus kuliah nanti, tidak mencari pekerjaan, tetapi mencari pekerja untuk bisnis yang sudah dibangun.

continue reading

Selesaikan Masalah Tanpa Masalah untuk Startup

Bandung, ITB Career Center – Kemampuan penyelesaian masalah merupakan hal penting bagi stratup. Pemilik startup harus dapat menyelesaikan masalah yang muncul dengan cepat dan tepat. Apalagi, untuk menuju kesusksesan pasti kita menghadapi tantangan dan permasalahan yang tidak sedikit. Permasalahan yang muncul biasanya berhubungan dengan kinerja karyawan, ketegangan di tempat kerja saat terjadi masalah, masuknya masalah pribadi, hingga keuangan yang tidak stabil.

continue reading

Saran - Saran Kurang Tepat Tentang Karir Untuk Masa Depan

Bandung, ITB Career Center - Sering sekali kita mendapatkan saran mengenai karir dari manapun, entah itu keluarga atau teman-teman. Biasanya mereka memberikan saran berdasarkan pengalaman yang didapat saat bekerja. Tetapi, nyatanya tidak semua saran cocok dengan kita. Banyak yang malah salah langkah karena mengikuti saran yang kurang tepat.

continue reading

Work Anxiety: Tips Kelola Kecemasan di Kantor

Bandung, ITB Career Center – Mengalami kegelisahan dan stress di tempat kerja sering dialami banyak orang. Biasanya hal ini terjadi karena pekerjaan yang menumpuk dan mendekati waktu deadline. Bila kegelisahan sudah melewai batas, artinya kita mengalami depresi ringan yang disebut work anxienty.  

continue reading

Managemen Keuangan bagi Pekerja Muda

Bandung, ITB Career Center - Saat mendapatkan pekerjaan, hal dipikirkan adalah mendapatkan uang sebanyak-banyaknya. Akan tetapi, jarang kita berpikir bagaimana mengelola penghasilan kita dengan baik. Kebanyakan orang tidak memiliki pengetahuan tentang pengelolaan keuangan ini. Padahal hal ini sangat penting.

continue reading

Peluan Karir di Era Teknologi Informasi

Bandung, ITB Career Center – Semakin pesat berkembangnya teknologi, berdampak pada pekerjaan yang ada. Banyak pekerjaan yang hilang karena adanya teknologi, tetapi ada pula pekerjaan yang muncul berkat teknologi. Kini berbagai keahlian dalam bidang teknologi informasi banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan, itu berarti lowongan pekerjaan dalam bidang teknologi informasi pun semakin terbuka lebar.

continue reading

Tahapan Mendapatkan Beasiswa Pendidikan di Luar Negeri

Bandung, ITB Career Center - Mendapatkan beasiswa untuk meneruskan pendidikan di luar negeri adalah impian banyak orang. Banyak keuntungan yang kita dapatkan saat meneruskan pendidikan di luar negeri, seperti mendapat pengalaman baru, mendapat pengetahuan yang lebih luas lagi, apalagi lulusan luar negeri dicap mudah mendapatkan pekerjaan.

continue reading

Berhenti Hidup Untuk Bekerja, Pisahkan Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

Bandung, ITB Career Center - Banyak karyawan yang bekerja tidak kenal waktu. Bekerja lembur adalah hal biasa karena tuntutan pekerjaan. Bahkan terkadang kita mengorbankan waktu liburan untuk bekerja. Jika kita mengalami hal tersebut,ini artinya bisa jadi pekerjaan kita telah merengut hidup kita.

continue reading

Temukan Passion Diri Mulai Sekarang

Bandung, ITB Career Center - Memiliki pekerjaan yang sesuai dengan passion adalah impian banyak orang. Passion sendiri diartikan sebagai sesuatu yang kita sukai dan tidak merasa terbebani menjalaninya. Dengan kata lain, jika memiliki pekerja sesuai passion, pekerjaan akan terasa menyenangkan. Untuk itu, sebelum mencari pekerjaan, tentukan terlebih dahulu passion yang kita miliki.  

continue reading

Percaya Diri Hadapi Hari Pertama Kerja

Bandung, ITB Career Center - Menghadapi hari pertama kerja pasti menimbulkan rasa gugup bagi kita. Gugup bisa terjadi karena kita akan berada di tempat baru, suasana baru dan bertemu dengan orang baru saat bekerja nanti. Hari pertama bekerja tentu harus dipersiapkan dengan baik, karena di sini adalah awal kita meniti karir.

continue reading

Miliki Kemampuan Ini untuk Sukses Berbisnis Online

Bandung, ITB Career Center – Bisnis online beberapa tahun terakhir menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Banyak pembisnis yang beralih ke online karena peluang penjualannya dirasa lebih luas dibandingkan membuka toko di suatu daerah. Walaupun bisnis onlilne dirasa lebih mudah dijalani, nyatanya ada beberapa keahlian yang harus dimiliki pembisnis online agar bisnisnya dapat berkembang dengan cepat.

continue reading

Improve Kemampuan Komunikasi untuk Bekerja

Bandung, ITB Career Center – Salah satu kemampuan yang penting dalam mencari kerja adalah kemampuan komunikasi. Kemampuan komunikasi yang baik sering menjadi kriteria dasar yang harus dimiliki oleh pelamar saat mencari pekerjaan. Hal ini penting, karena kita akan berinteraksi dengan banyak orang saat bekerja nanti dan tentu kegiatan komunikasi penting untuk melakukan interaksi di kantor.

continue reading

Kiat Negosiasi Gaji Saat Melamar Kerja

Bandung, ITB Career Center - Negosiasi gaji saat wawancara penerimaan kerja cukup menjadi dilema bagi sebagian orang. Apalagi jika muncul pertanyaan jumlah gaji yang kita minta pada perusahaan saat wawancara. Dilema muncul jika kita membayangkan bagaimana tanggapan perusahaan jika kita melakukan negosiasi gaji, apakah mereka setuju atau malah memberikan tanggapan negatif.

continue reading

Konsep Untuk Bangun Bisnis Online Sendiri

Bandung, ITB Career Center – Bisnis online semakin menjamur di Indonesia. Hal ini didukung dengan kemudahan teknologi informasi dan jaringan internet yang semakin mudah diakses. Menurut data yang dilansir dari id.techinasia.com, total bisnis online di Indonesia telah meningkat hingga sekitar 4,5 juta pada 2017 dan terus meningkat hingga kini.

continue reading

Pilihan Pekerjaan yang Cocok Bagi Seorang Extrovert

Bandung, ITB Career Center - Banyak hal yang kita pertimbangkan saat mencari pekerjaan, contohnya penghasilan yang didapat, hingga pengalaman yang didapat saat bekerja. Kita juga harus memikirkan apakah pekerjaan yang kita pilih sesuai dengan kepribadian yang kita miliki. Disadari atau tidak, kepribadian dapat menentukan karir kita kedepannya, hal ini berhubungan dengan kenyamanan dalam bekerja, lingkungan kerja hingga jenis pekerjaan yang dilakukan.

continue reading

Karir Tepat untuk Seorang Introvert

Bandung, ITB Career Center – Mencari pekerjaan untuk seorang introvert dapat dikatakan susah-sasah gampang. Dikatakan seperti itu karena kepribadian seorang introvert yang sedikit pemalu, senang menyendiri, tidak nyaman dalam keramaian dan individualis. Akan tetapi tidak perlu khawatir, karena sebenarnya banyak pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert. Semua tergantung bagaimana kita memilih dan menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian kita.

continue reading

Mengenal Tes Psikologi dalam Proses Rekrutmen Kerja

Bandung, ITB Career Center – Salah satu proses rekrutmen yang seringkali dikhawatirkan oleh pelamar adalah tes psikologi. Tes psikologi dianggap menyulitkan dan sulit ditebak hasilnya. Banyak orang yang belum memahami mengenai seperti apa tes psikologi ini, apa arti dari soal-soal psikologi atau bagaimana cara pengisiannya.

continue reading

Persiapan Mengikuti Titian Karir Terpadu ITB April 2019

Bandung, ITB Career Center – Penyelenggaraan ITB Integrated Career Days atau disebut juga Titian Karir Terpadu ITB tinggal menghitung hari. Titian Karir Terpadu ITB merupakan sebuah job fair sebagai wadah yang menjembatani perusahaan dengan job seeker. Di sini kita dapat bertemu dengan perusahaan impian kita dan berinteraksi langsung untuk mendapatkan informasi seputar karir di perusahaan tersebut.

continue reading

6 Cara Asah Kemampuan Berpikir Kritis

Bandung, ITB Career Center – Setiap perusahaan memiliki kriteria tersendiri yang harus dimiliki oleh para calon karyawannya. Setiap karyawan harus memiliki beberapa kemampuan yang sesuai dengan perusahaan. Seperti yang dikutip dari princetonreview.com, penelitian yang dilakukan pada 2017 oleh National Association of College and Employers menyebutkan, lebih dari 75 persen perusahaan akan mencari karyawan yang memiliki kemampuan kerjasama tim, problem solving yang baik, dan kemampuan komunikasi.

continue reading

Keuntungan Mencari Kerja di Job Fair

Bandung, ITB Career Center- Bursa kerja menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pusat yang menjadi tempat penawaran pekerjaan. Bursa kerja atau dalam bahasa Inggris disebut job fair, seringkali menjadi pilihan para job seeker untuk mencari perusahan yang tepat untuk bekerja nantinya.

continue reading

Mau mencapai target? Work Smarter not Harder

Bandung, ITB Career Center - Istilah work smarter, not harder banyak dianut oleh para profesional. Mengapa demikian? Bekerja keras sendiri diartikan sebagai kegiatan bekerja dengan sungguh-sunggu tanpa lelah. Seseorang yang bekerja keras biasanya tidak akan berhenti jika target belum tercapai demi kepuasan hasil.

continue reading

Tak Perlu Lembur, Hal ini Tingkatkan Produktivitas dalam Bekerja

Bandung, ITB Career Center – Saat bekerja, sering kali kita dihadapkan pada situasi sulit, di mana tugas yang ada sangat banyak. Kita merasa tidak punya waktu yang cukup untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut. Selain merasa stres, pada akhirnya yang kita lakukan adalah lebur dan lembur. Tentunya ini tidak baik bagi kesehatan.

continue reading

Inilah Lima Soft Skill yang Menunjang Karir

Bandung, ITB Career Center – Persaingan menuju dunia kerja kian ketat. Tidak hanya faktor IPK, terdapat beberapa faktor lainnya yang harus dimiliki seseorang untuk ikut bersaing mendapatkan pekerjaan. Salah satu yang diinginkan oleh perusahaan adalah seseorang yang memiliki soft skills yang baik.

continue reading

5 Kebiasaan Pemimpin Yang Baik

Bandung, ITB Career Center - Memiliki jiwa kepemimpinan atau leadership yang baik merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki calon karyawan. Banyak perusahaan yang mencari karyawan dengan jiwa kepemimpinan yang baik, karena nantinya tidak hanya memimpin diri sendiri, ada saatnya kita memimpin sebuah tim dalam pekerjaan.

continue reading

Langkah Awal Cari Pekerjaan Tepat untuk Seorang Fresh Graduate

Bandung, ITB Career Center – Menjadi lulusan dari sebuah perguruan tinggi merupakan hal yang membanggakan. Apalagi jika kita mendapatkan nilai sempurna dan lulus dari perguruan tinggi ternama. Setelah lulus, dunia sebenarnya kita hadapi, yaitu dunia kerja. Banyak lulusan perguruan tinggi atau fresh graduate yang terkadang kesulitan mendapatkan pekerjaan karena berbagai hal. Kegelisahan mulai muncul manakala setelah lulus kita tidak juga mendapatkan pekerjaan.

continue reading

Segitiga Kesuksesan untuk Optimalkan Karir di Tempat Kerja

Bandung, ITB Career Center – Menentukan karir mungkin cukup sulit bagi sebagian orang, akan tetapi mempertahankan karir akan lebih sulit lagi jika kita tidak mengetahui strateginya. Aviantara Budi Prasetyo dalam bukunya berjudul Career Optimizer memberikan tiga poin penting dalam mengoptimalkan karir.

continue reading

Mengenal Budaya Kerja di Jepang

Bandung, ITB Career Center – Bekerja di Jepang merupakan impian banyak orang. Negara dengan tingkat kedisiplinan tinggi ini ternyata memiliki daya tarik sendiri bagi masyarakat dunia untuk berkarir di Jepang. Human Resources Nikkei, Yuri Fokuoka memberikan gambaran mengenai budaya bekerja di Jepang dalam Seminar Nikkei Asian Recruiting Forum 2019.

continue reading

Marak Penipuan Loker Palsu, Lakukan Verifikasi Sebelum Melamar

Bandung, ITB Career Center - Informasi mengenai lowongan pekerjaan akan sangat mudah kita temui secara online. Penyebaran yang begitu mudah terkadang membuat kita kesulitan membedakan mana informasi lowongan pekerjaan yang benar atau tidak yang ternyata adalah penipuan. Penipuan ini dapat kita temukan melalui media sosial, website, hingga dikirim langsung ke email.

continue reading

Ubah Mindset Mu dan Raih Kesuksesan

Bandung, ITB Career Center – Memiliki karir yang cemerlang bahkan menjadi seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan pastinya menjadi impian banyak orang. Banyak hal yang dilakukan untuk menggapai cita-cita tersebut, seperti terus mengasah kemampuan diri, mencari pengetahuan sebanyak-banyaknya, dan lainnya. Apapun dilakukan untuk selalu mengembangkan diri.

continue reading

Manfaatkan Teknologi untuk Kembangkan Bisnis Mu!

Bandung, ITB Career Center – Perkembangan teknologi berdampak pada berbagai bidang, salah satunya bisnis. Teknologi informasi dan komunikasi memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan dalam berbisnis. Kini kita tidak harus terpaku pada satu tempat untuk menjalankan bisnis, kita dapat menjalankan bisnis dimanapun dan kapanpun.

continue reading

Bangun Personal Branding di Era Teknologi Informasi

Bandung, ITB Career CenterDalam buku Manajemen Pemasaran karya Phillip Kotler, branding adalah nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi dari semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk membedakan (memiliki ciri khas) dari barang atau jasa lain.

continue reading

Bekal Penting untuk Melamar Kerja ala LG Electronics

Bandung, ITB Career Center - Untuk sebagian orang, mendapat pekerjaan di perusahaan besar merupakan hal yang sulit. Persaingan yang begitu ketat dan jumlah pelamar yang tidak sedikit, terkadang menjadi faktor sulitnya mendapat pekerjaan di perusahaan besar.

continue reading

Pekerjaan yang Cocok di Era Teknologi dan Otomatisasi

Bandung, ITB Career Center – Perkembangan teknologi begitu pesat, perusahaan kini mulai berorientasi teknologi, otomatisasi dan kecerdasan buatan yang ternyata menggeser banyak pekerjaan. Banyak lapangan pekerjaan yang hilang dan tergantikan oleh mesin. Menurut, penelitian yang dilakukan oleh MCKinsey Global Institute Report, sebanyak 375 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2030.

continue reading

Hindari Kebiasaan Ini Saat Bekerja

Bandung, ITB Career Center – Setiap orang ingin melakukan pekerjaan secara maksimal. Persaingan di tempat kerja begitu ketat karena semua berlomba-lomba berkerja sebaik mungkin demi mencapai karir yang diinginkan. Pencapaian karir tersebut terkadang dapat terhambat oleh diri sendiri, salah satunya akibat kebiasaan buruk yang dimiliki seseorang. Walaupun semua orang memiliki kebisaan buruk masing-masing, kita harus dapat menghindari hal tersebut. Menunjukan beberapa kebiasaan buruk di kantor dapat memperlihatkan diri yang kurang profesional dalam bekerja.

continue reading

Work-Life Balance yang Tepat Bagi Workaholic

Bandung, ITB Career CenterWork-Life Balance atau keseimbangan waktu antara pekerjaan dan kehidupan pribadi seringkali diabaikan oleh para workaholic. Banyak orang yang tidak bisa menyesuaikan membagi waktu, baik karena tuntutan pekerjaan maupun kesadaran pribadi.

continue reading

Enam Kesalahan "Body Language" Saat Interview

Bandung, ITB Career Center – Hal yang biasa kita lakukan dalam menghadapi wawancara kerja adalah mencari tahu sebanyak mungkin pertanyaan apa yang biasanya ditanyakan saat wawancara dan jawaban apa yang sesuai dengan pertanyaan itu. Selain mempersiapkan jawaban, sebenarnya ada hal penting lain yang sering kali tidak terpikirkan sebelum menghadapi wawancara kerja, yaitu bahasa tubuh.

continue reading

Pertimbangkan Ini Sebelum Memulai Bisnis Sendiri

Bandung, ITB Career Center - Delapan tahun terakhir, perkembangan entrepreneur begitu pesat. Banyak orang yang mulai mencoba membuka bisnis dibandingkan dengan bekerja di kantor. Ada pula orang yang tetap bekerja di kantor sekaligus menjalankan bisnisnya. Banyak orang yang tertarik untuk berbisnis dilatarbelakangi oleh berbagai hal, diantaranya waktu yang lebih fleksibel, keuntungan berlipat hingga motivasi membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

continue reading

Pentingnya Passion dalam Karir Menurut PT Djabesmen Co.

Bandung, ITB Career Center – Passion merupakan hal yang penting. Sebelum menentukan karir, ada baiknya kita mengetahui apa passion kita. Hal ini disampaikan oleh Plant Director PT DjabesmenBenny Hasnuddin saat ditemui di sela-sela proses rekrutmen Djabesmen Co di Galeri Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Ganesha No. 10, Kota Bandung pada Senin (28/1/2019).

continue reading

Tips Cara Temukan Passion dan Tujuan Hidup

Bandung, ITB Career Center – Setiap orang memiliki tujuan hidup dan passionnya masing-masing. Tujuan hidup dan passion merupakan sebuah petunjuk jalan dalam kehidupan untuk meraih kesuksesan. Ada beberapa orang yang sudah mengetahui tujuan hidup dan passionnya sejak awal, ada pula yang masing bertanya-tanya apa sebenarnya yang ia lakukan di kehidupan ini dan hingga kini belum menemukan tujuan hidup serta passionnya.

continue reading

Move On dari Kegagalan untuk Kesuksesan Bisnis

Bandung, ITB Career Center- Kegagalan dalam berbisnis adalah hal yang biasa. Semua orang pernah mengalami kegagalan. Seringkali kegagalan tersebut dianggap akhir dari segalanya, padahal kegagalan bisa menjadi awal dari sebuah keberhasilan. Hal tersebut disampaikan seorang Co-Founder Hanimun Food, Satria Maulana. Menurutnya, kegagalan merupakan proses yang tidak terhindarkan untuk menuju capaian yang diinginkan.

continue reading

“Perfect Timing” Kunci Kesuksesan Start-Up

Bandung, ITB Career Center – Perusahaan rintisan atau yang sering disebut Start-up merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berapa pada fase perkembangan. Walaupun merupakan perusahaan baru, di Indonesia sendiri sering kita temui start-up yang sudah terbilang sukses dan memiliki keuntungan yang fantastis.

continue reading

Begini Resume Yang Benar Demi Dapatkan Pekerjaan Impian!

Bandung, ITB Career Center –Resume merupakan syarat pertama yang biasanya dibutuhkan untuk melamar pekerjaaan. Resume merupakan tool pertama yang digunakan pelamar untuk memberikan informasi kepada perusahaan tentang dirinya, di sana pun kita memperlihatkan kualitas dan potensi diri kepada perusahaan.

continue reading

Catatan Penting untuk Berkomunikasi dengan Baik

Bandung, ITB Career Center – Komunikasi adalah hal penting dalam kehidupan. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dapat menguntungkan kita dalam berbagai hal salah satunya dalam bersosialisasi di tempat bekerja. Seorang penulis sekaligus penyiar radio, Celeste Headlee memberikan pandangannya tentang bagaimana berkomunikasi dengan baik. Menurutnya, kesalahan komunikasi dapat berpotensi menjadi percekcokan. Hal ini akan berdampak tidak baik bagi kita terhadap lingkungan sekitar.

continue reading

Lakukan Ini Jika Ingin Masuk Perusahaan Besar ala PT KBS

Bandung, ITB Career Center – Menjadi pintar saja tidak cukup untuk mendapatkan pekerjaan di zaman sekarang. Beberapa perusahaan menuntut para pelamar untuk tidak hanya pintar, akan tetapi cerdas dan kreatif dalam menghadapi permasalahan yang ada. Hal ini disampaikan oleh Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia PT Krakatau Bandar Samudera, Nandang Hariana, di Center for Research and Community Service (CRCS) Building Kampus ITB, pada Senin (21/1/2019).

continue reading

Unilever Kenalkan Tipe-Tipe Preferensi Diri Dalam Memaksimalkan Pekerjaan

Bandung, ITB Career Center – Dalam dunia karir, ternyata kita bisa memilih suatu pekerjaan atau tugas sesuai preferensi kita. Berbeda dari personal branding yang memang dibentuk untuk memaksimalkan kompetensi diri dalam dunia kerja, preferensi mengambil peranan lebih tinggi karena menghasilkan pendapat yang dominan dan disukai seseorang terkait keputusannya dalam bekerja.

continue reading

Shopee Berbagi Tips Sederhana Sebelum Melamar Pekerjaan

Bandung, ITB Career Center – Melamar pekerjaan membutuhkan persiapan yang matang. Tak hanya mempersiapkan administrasi, Egtheasilva Artella, HR Shopee International Indonesia mengatakan bahwa mengenali konteks perusahaan yang dituju akan mempermudah kita mempersiapkan material yang diperlukan sebelum memantapkan karir di perusahaan yang diincar.

continue reading

Kenali Diri dan Dapatkan Karir yang Tepat!

Bandung, ITB Career Center- Salah satu hal penting untuk mendapatkan pekerjaan yang tepat adalah dengan mengenal bakat diri. Salah satu Konselor ITB Career Center, Karlina Firdaus mengatakan, setiap individu memiliki permasalahan masing-masing yang dapat menghambat dalam pemilihan karir yang tepat. Hal ini dapat diselesaikan jika ia mampu mengenali dirinya, baik itu mengetahui kelebihan, kekurangan, maupun potensi individu itu sendiri.

continue reading

Bukan Bakat, Ini Faktor Penunjang Penguasaan Bahasa Asing

Bandung, ITB Career Center – Menguasai lebih dari satu bahasa ternyata memberikan keuntungan bagi diri sendiri. Hal tersebut dapat menjadi nilai plus bagi seseorang dalam berbagai hal, salah satunya adalah mencari pekerjaan. Banyak perusahaan yang lebih memilih pelamar dengan penguasaan bahasa asing yang baik. Alasannya beragam, salah satunya karena banyak perusahaan yang ingin masuk dalam persaingan global.

            Tuntutan yang begitu besar akan penguasaan bahasa ternyata tidak mudah diterima semua orang. Banyak diantara kita yang sulit belajar bahasa asing dan beranggapan bahwa belajar bahasa membutuhkan bakat. Buktinya banyak orang yang penguasaan bahasa asingnya masih minim padahal ia belajar di sekolah sejak kecil atau bahkan mengikuti kursus bahasa. Lalu apakah benar tidak semua orang bisa dengan mudah menguasai bahasa asing?

continue reading

Tips Bangun Personal Branding di Dunia Kerja ala General Electric

Bandung, ITB Career Center -  Tak banyak yang tahu bahwa membangun branding ternyata juga memerlukan proses yang harus dilakukan secara terus-menerus. Hal ini disampaikan oleh Andien, Talent Acquisition General Electric pada pekan ITB Company Week di Ruang 9211 GKU Timur ITB yang lalu.

"Seperti sebuah merek, konsumer pasti sudah mengenal produk-produknya karena punya strong personal branding. Merek atau brand supaya dikenal juga harus memiliki strong values untuk bertahan baik dari segi product maupun servisnya," ungkapnya.

continue reading

Cara Sederhana Meningkatkan Produktifitas Bagi Karyawan

Bandung, ITB Career Center- Sebagai karyawan, tentu kita pernah merasakan jenuh akan pekerjaan yang kita lakukan. Kita akan mencari cara untuk dapat menghilangkan jenuh tersebut dengan mencari kegiatan yang menyenangkan. Akan tetapi, pada akhirnya banyak kegiatan menyenangkan diluar pekerjaan tersebut, dapat mengganggu pekerjaan utama.

Kegiatan tersebut dapat mengganggu pekerjaan dan menurunkan produktifitas sebagai karyawan. Padahal setiap perusahaan menuntut karyawannya untuk tetap produktif demi kemajuan perusahaan. Penurunan kinerja ini pun akan berdampak pada penilaian atasan terhadap kita.

continue reading

Bagaimana Membuat Keputusan untuk Berkarir?

Bandung, ITB Career Center - Banyak yang menganggap bahwa karir adalah cerminan dari diri kita pada sebuah tatanan industrial masyarakat. Salah memilih sebuah karir bisa dianggap gagal merencanakan hidup yang akan berdampak pada 5 sampai 10 tahun ke depan.

Altona Widjaja, Head of New Digital Ventures OCBC NISP mengatakan bahwa anggapan tersebut meski berdampak panjang, ternyata tidak selamanya benar.

continue reading

Siapkan Skills Berikut Ini untuk Berkarir sebagai Konsultan

Bandung, ITB Career Center - Grup Konsultan Ternama Asal Eropa, Roland Berger kembali adakan interview untuk kandidat konsultan dari ITB. Dalam wawancara dengan media ITB Career Center, Jerry, Senior Project Manager Roland Berger mengaku bahwa ada beberapa kemampuan (skills) yang memang sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang konsultan. 

Menurut konsultan asal Jerman yang telah bergabung dengan Roland Berger selama 8 tahun ini, pemikiran struktural dan kemampuan analisa menjadi beberapa yang wajib dimiliki oleh seorang konsultan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi kliennya nanti.

"Seorang konsultan setidaknya harus memiliki kerangka pemikiran yang terstruktur. Kedua, mereka harus memiliki kemampuan analitik yang bagus untuk menyelesaikan sebuah masalah/kasus. Ketiga, kemampuan numbering atau kuantitatif sangat menunjang karir seorang konsultan karena mereka harus mempertimbangkan semua resiko yang muncul dari kalkukasi untung rugi yang ditawarkan kepada kliennya," ungkapnya.

continue reading

Ketahui Proses Pengenalan Diri dan Pengembangan Karir Lewat Tes Sidik Jari

BANDUNG, ITB CAREER CENTER - Lewat sesi training "Career Booster: Pengembangan Diri dan Karir Berbasis Tes Sidik Jari Psikologi "di ITB, Dedi Priadi, MT., MA., Inventor Tes Sidik Jari Psikologi menjelaskan bahwa ada beberapa kriteria yang mampu melihat tradisi kerja seseorang. Tes graphology, pengalaman kerja, tes kepribadian, dan cognitive abilities adalah beberapa contohnya.

Tes sidik jari menjadi salah satu alternatif dalam melihat potensi diri. Dedi menyatakan bahwa training sidik jari yang diadakan dalam rangka Career Booster menyambut Wisuda ITB ini dianggap perlu untuk melihat kesesuaian dengan kepribadian dan strengt point dari masing-masing peserta training.

continue reading

Bingung Tentukan Karir? Konseling saja di ITB Career Center!

Bandung, ITB Career Center  ̶  Salah satu layanan yang diberikan oleh ITB Career Center adalah menyediakan pelatihan dan konseling. Pelatihan dan konseling yang diberikan oleh ITB Career Center merupakan dua pelayanan yang dapat dimanfaatkan mahasiswa ITB apabila mahasiswa atau alumni ITB membutuhkan konsultasi terkait pekerjaan ataupun pelatihan kompetensi kerja.

continue reading

Yuk, Asah Soft Skills Kamu Sejak Masih Kuliah!

Hard skills versus soft skills

Pertimbangan mengenai perlunya mengasah hard skill dan soft skill, tentu kerap menjadi perdebatan bagi banyak pelamar kerja dan fresh graduate seperti kamu. Sir Ken Robinson, salah seorang penasehat edukasi internasional dalam salah satu kesempatannya di TED Talks menekankan bahwa hard skills masih menjadi salah satu kompetensi yang diagungkan dalam dunia pendidikan karena pada era industri kemampuan ini lebih bisa diukur dan terstandarisasi. Menurutnya, hal tersebut berkaitan dengan era industrial yang masih berorientasi pada hasil/kuantitas barang yang dapat diproduksi dalam periode waktu tertentu (batches).

continue reading

Evaluasi Kemampuan Berbahasa Asing Menggunakan "European language levels: Self Assessment Grid" dari CEDEFOP

European Centre for the Development of Vocational Training atau CEDEFOP adalah agensi yang salah satu layanannya adalah website Europass, berisi informasi tentang persyaratan untuk seseorang dapat belajar dan bekerja di Eropa. Salah satu syarat yang diberikan adalah keterampilan salah satu bahasa di Eropa, tentu saja.

Website Europass memberikan panduan tingkat keterampilan berbahasa yang disebut "European language levels: Self Assessment Grid." Di halaman tersebut...

continue reading

Apa Saja Penyebab Gagal Saat Proses Rekrutmen?

Proses rekrutmen dilakukan dengan berbagai tahapan untuk memperoleh sumber daya manusia yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Umumnya tahapan rekrutmen terbagi menjadi; seleksi administrasi, psikotes dan wawancara. Namun ada juga perusahaan yang menambahkan tahapan lain seperti tes kesehatan hingga tes keahlian posisi yang dilamar.

Pernah berkali-kali gagal dalam proses rekrutmen? Faktor penyebabnya beragam loh! Mungkin Anda merasa sudah mengikuti setiap tahapan rekrutmen dengan baik. Namun pada hasil akhir, Anda gagal dan tidak termasuk ke dalam kandidat yang lolos. Tentu rekan-rekan kebingungan dan tak mau mengulang kesalahan yang sama di rekrutmen selanjutnya kan?

Menurut tim rekrutmen PT Bekaert Indonesia, kelayakan calon karyawan tidak dilihat dari hard skill saja, banyak hal yang dipertimbangkan, khususnya mengenai ‘kesesuaian’ calon karyawan dengan sistem kerja di perusahaan. Selain itu kesalahan-kesalahan calon karyawan selama proses rekrutmen juga menjadi penyebab gagalnya diterima bekerja. Apa saja ya?

continue reading

Apa Yang Dipertimbangkan Recruiter Ketika Mewawancarai Pelamar Kerja?

Pernah gagal pada proses rekrutmen ketika wawancara kerja? Mungkin saja rekan-rekan melakukan beberapa kesalahan ketika menjawab pertanyaan recruiter. Selain percaya diri, Anda harus tau apa saja yang dipikirkan recruiter saat wawancara kerja. Berikut hal-hal yang dipikirkan recruiter saat wawancara menurut Cherry Zulviyanti, S.Psi, selaku HRD Sinarmas Mining.

continue reading

Mental yang Harus Dibangun Menghadapi Dunia Kerja

Sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja, penting sekali bagi lulusan baru untuk mengenal bagaimana dunia kerja. Tidak hanya menyiapkan Currciculum Vitae, tetapi juga ada banyak mental yang harus di bangun oleh lulusan baru.  Rekan-rekan akan menemukan kompetisi, tuntutan, dan kewajiban dengan tanggung jawab pekerjaan dalam dunia kerja. Berikut ‘Mental yang Harus Dibangun Rekan-Rekan Memasuki Dunia Kerja’ berdasarkan wawancara penulis dengan tim rekrutmen dari Sinarmas Mining, Cherry Zulfiyanti, S.Psi dan tim rekrutmen dari PT Timah Indonesia Tbk:

continue reading

Fresh Graduate? Ini Dia yang Harus Dipersiapkan Memasuki Dunia Kerja!

Setelah lulus kuliah ternyata perjuanganmu bukan selesai, tetapi semua pilihan penting ada di masa ini. Ada yang memilih melanjutkan kuliah magister, ada yang serius berwirausaha, ada yang melanjutkan bisnis keluarga, ada yang menikah, ada yang bekerja, dan masih banyak pilihan-pilihan lain.

Yang paling dikhawatirkan dari setelah lulus kuliah adalah ketika kamu bahkan tidak tahu mau melakukan apa. Bingung menentukan sikap, padahal fase ini adalah salah satu yang terpenting untuk masa depanmu. Jangan sampai ketika kamu sudah lulus masih kebingungan. Ini dia beberapa hal tips yang harus dipersiapkan untuk Fresh Graduate yang akan memasuki dunia kerja! Tips ini didapatkan dari wawancara penulis bersama Alumni Desain Produk ITB angkatan 2002, Mufti Alem yang kini sedang mengembangkan start up www.greeneration.org dan berkarya di Alem Studio.

continue reading

Passport

Oleh Rhenald Kasali
(Jawapos, 8 Agustus 2011)


Setiap saat mulai perkuliahan, saya selalu bertanya kepada mahasiswa berapa orang yang sudah memiliki passport. Tidak mengherankan, ternyata hanya sekitar 5% yang mengangkat tangan. Ketika ditanya berapa yang sudah pernah naik pesawat, jawabannya melonjak tajam. Hampir 90% mahasiswa saya sudah pernah melihat awan dari atas. Ini berarti mayoritas anak-anak kita hanyalah

continue reading

Ingin Kerja di Jepang? Bisa!

Belakangan ini, ITB Career Center seringkali didatangi tamu dari perusahaan Jepang (dan Korea) yang berminat untuk merekrut pegawai dari Indonesia. Kira-kira, apa penyebabnya, ya?

continue reading

Pentingnya Kemampuan Bahasa Asing: Bisa Memberi Tambahan Gaji 21 Juta Rupiah

Kita mungkin sudah mahfum bahwa kemampuan bahasa asing seseorang sangat berpengaruh terhadap pencapaian karirnya. Tapi seberapa besar pengaruhnya, itu yang mungkin belum terasa oleh banyak orang. Untuk mendapatkan gambarannya, mari kita simak liputan berikut ini.

continue reading

Memulai dari Mimpi

Bagaimana menentukan impian? Coba ambil pulpen dan selembar kertas lalu tulis lima impianmu selama lima tahun ke depan. What do you think will happen to you in the next five years?

continue reading

Tips Membuat Resume, CV, Curriculum Vitae

Anda sebetulnya tahu bedanya CV yang baik dan kurang baik, CV lebay dan non-lebay. Di paling atas, tulis nama Anda dengan font besar, masukkan foto di bagian kanan atas, nomor ponsel, e-mail, alamat rumah, dan tempat serta tanggal lahir.

Selanjutnya, kita masuk ke isi. Hal yang penting dilihat tentu adalah pendidikan. Tidak perlu mencantumkan TK, SD, SMP. Cukup masukkan... 

continue reading

10 Tips Yang Bermanfaat Untuk Pegawai Baru

  1. Di awal masa bekerja, biasanya Anda akan masuk ke probation period di mana perusahaan akan menilai kelayakan Anda untuk direkrut menjadi pegawai tetap. Tunjukkan maturity dan willingness to learn. Sama seperti di kampus, akan ada deadline dan multiple projects di mana Anda akan bekerja bersama tim...
continue reading

Sopankah Menanyakan Hasil Tes Wawancara ?

Panggilan wawancara kerja merupakan saat yang paling menyenangkan bagi pencari kerja. Karena panggilan tersebut merupakan langkah awal untuk meniti pekerjaan yang diidamkan. Sopankah menanyakan hasil test wawancara ?

continue reading

Saran Penting Dalam Menghadapi Wawancara

Bagi Anda pencari kerja yang dipanggil untuk menjalani wawancara kerja, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa saran di bawah ini.

continue reading

Tips Berpakaian Saat Wawancara

Apa saja yang harus Anda perhatikan dalam berpakaian saat hendak melakukan wawancara kerja?

continue reading

Bersikap Percaya Diri

Ada ekspresi khas dalam wawancara pekerjaan dari kebanyakan lulusan Universitas, bila ditanyakan, "Bagaimana kamu melihat hidupmu tiga tahun mendatang?".

continue reading

Pengaruh Tatapan Mata Saat Wawancara

Apakah pengaruh kontak mata pada saat wawancara? Bagaimana juga pengaruh intonasi suara terhadap keberhasilan wawancara?

continue reading

Wawancara Saat Psikotest

Berbohong saat tes wawancara bukan hanya tak berguna, tapi juga bisa membuat Anda tidak diterima. Lebih bijaksana bila pertanyaan dijawab apa adanya, spontan, langsung ke pokok persoalan, tidak mengada-ada, tidak menggurui, dan sopan.

continue reading

Persiapan Menghadapi Psikotest

Apa saja yang harus Anda siapkan sebelum menghadapi psikotes?

continue reading

Tips Menghadapi Wawancara Psikotest

Apa saja tips untuk menghadapi wawancara psikotes? Simak artikel berikut.

continue reading

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Banyak perusahaan yang memandang surat lamaran atau cover letter sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran Anda. Karena itu penting sekali bagi Anda untuk menuliskan surat lamaran yang baik. Berbagai tips di bawah akan membantu Anda.

continue reading

Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More