Tes Kepribadian Untuk Tentukan Karir Yang Pas

(Sumber Gambar : https://assets-a2.kompasiana.com/items/album/2018/08/31/kenali-4-tipe-kepribadian-ini-di-dalam-dunia-kerja-5b88f03e43322f17c02d5124.jpg?t=o&v=350 )

Bandung, ITB Career Center – Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kita dapat memilih karir yang tepat, salah satu caranya adalah mengikuti tes kepribadian dan penilaian karir. Tes kepribadian akan memperlihatkan kekuatan yang kita miliki, kelemahan, bakat, keterampilan serta nilai-nilai dalam diri. Seperti yang dikutip dari thebalancecareers.com, tes kepribadian akan membantu kita dalam menentukan karir di masa depan.

  • Waktu yang pas

Waktu yang tepat untuk kita melakukan tes kepribadian adalah saat kita akan mencari pekerjaan untuk pertama kali, misalnya seorang fresh graduate. Bisa juga saat kita akan mencari pekerjaan baru untuk berpindah dari pekerjaan kita sebelumnya. Tes ini akan membantu kita menemukan jalan karir yang ideal untuk kita.

Jika sebenarnya kita sudah tahu bidang apa yang kita minati, tes kepribadian ini tetap akan membantu kita. Tes kepribadian akan memperlihatkan kepada kita, pelatihan seperti apa yang harus kita ikuti atau pengalaman apa yang harus kita cari demi mendukung bidang yang kita pilih. Hal tersebut akan membantu kita meningkatkan kemampuan dalam bidang yang sudah kita minati dan akan menjadikan kita kandidat terkuat saat melamar ke sebuah perusahaan.

  • Tes yang terpercaya

Berbagai macam tes kepribadian dapat kita tamui secara online. Ada beberapa tes yang berbayar, ada pula yang tidak berbayar. Ketika kita mengikuti tes kepribadian gratis, perlu diingat bahwa tes tersebut mungkin tidak tervaliditas. Lebih baik kita berkonsultasi langsung dengan ahli psikologi. Kita akan diberikan rekomendasi tes yang sesuai standar. Selain itu, kita dapat berdiskusi mengenai hasil tes yang mungkin memberi kita wawasan tentang pekerjaan apa yang cocok untuk kita.

  • Macam-macam tes

Ada beberapa tes yang dapat kita lakukan untuk membantu kita menemukan karir yang tepat. Pertama adalah aptitude tests atau tes bakat untuk mengukur kemampuan untuk mempelajari keterampilan atau melakukan jenis pekerjaan tertentu. Ini termasuk tes yang biasanya digunakan perusahaan untuk menyaring kandidat dalam proses rekrutmen.

Kedua adalah tes karir digunakan untuk menunjukkan pekerjaan mana yang cocok dengan tipe kepribadian dan karir apa yang dapat kita pilih. Ketiga adalah tes kecerdasan. Tes ini dirancang untuk mengukur tingkat intelektual kita. Intelligent intelligence quotient (IQ) seseorang adalah ukuran kecerdasan yang diperoleh dari hasil beberapa tes yang dirancang khusus.

Tes kepribadian dirasa sangat membantu bagi sebagian orang untuk menentukan karir. Yang terpenting adalah mengikuti tes sejujur mungkin agar hasil yang di dapat akan seakurat mungkin. Setelah menemukan karir yang sesuai kepribadian, tugas kita selanjutnya adalah berusaha menjadi yang terbaik untuk mencapai kesuksesan. (Mar)

 

 

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More