Perbandingan Antara Perusahaan Pemerintah dengan Perusahaan Swasta

(Sumber Gambar : https://blue.kumparan.com/image/upload/fl_progressive,fl_lossy,c_fill,q_auto:best,w_640/v1519643022/31741810883_30e19c9fcb_k_rgjs7p.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Perusaahan pemerintah atau perusahaan swasta adalah dua pilihan tempat berkarir kita. Tetapi, banyak diantara kita yang masih sulit menentukan lebih baik berkarir di perusahaan pemerintah, atau perusahaan swasta. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Perusahaan pemerintah atau yang dikenal dengan perusahaan negara adalah perusahaan yang memiliki modal dari kekayaan negara, baik itu sebagian atau seluruhnya. Sedangkan perusahaan swasta atau perusahaan tertutup adalah perusahaan yang dimiliki oleh organisasi non-pemerintah atau sekelompok orang yang memiliki saham.

Seperti yang dikutip dari laman yourstory.com, kedua sektor memiliki perbedaan dalam berbisnis. Hal ini harus disadari kita sebagai pencari kerja sebelum memutuskan salah satu sektor. Berikut adalah perbedaan antara keduanya yang dapat kita pelajari sebelum berkarir.

  • Proses rekrutmen

Perbedaan pertama antara perusahaan pemerintah dengan perusahaan swasta adalah dalam melaksanakan proses rekrutmen. Perusahan pemerintah biasanya membuka lowongan kerja secara luas. Mereka akan mengumumkannya melalui website dan media massa, untuk mendapatkan kandidat sebanyak-banyaknya.

Sedangkan rekrutmen yang dilakukan oleh perusahaan swasta bersifat lebih private. Tidak seluas penyebaran informasi lowongan pada perusahaan pemerintah, perusahaan swasta lebih memilih mengunakan pihak ketiga untuk menjalankan proses rekrutmen.

  • Gaji

Banyak orang yang memilih bekerja di perusahaan swasta karena dikenal memberikan gaji yang cukup tinggi. Rata-rata perusahaan swasta memberikan gaji atau bonus yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan pemerintah. Walaupun begitu, perusahaan pemerintah sebenarnya memberikan lebih banyak keuntungan bagi pekerjanya. Perusahaan pemerintah memiliki standar dan aturan yang jelas. Sedangkan perusahaan swasta biasanya memiliki aturan yang berubah-ubah. Hal ini terkadang merugikan para pekerja.

  • Waktu bekerja

Perusahaan swasta memiliki waktu bekerja yang cukup fleksibel, sedangkan perusahaan pemerintah memiliki waktu yang sudah jelas. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Untuk waktu bekerja perusahaan swasta yang fleksibel, mungkin akan menguntungkan kita yang tidak senang terikat waktu bekerja. Tetapi, untuk beberapa orang, bekerja dengan waktu yang jelas akan lebih nyaman. Ini tergantung bagaimana kita sebagai pekerja, lebih senang dengan waktu bekerja seperti apa.

  • Kompetisi

Jumlah lowongan dan jumlah kandidat yang berlaku menentukan persaingan untuk kedua sektor. Ketika perusahaan pemerintah membuka rekrutmen, banyak orang akan melamar, karena penyebaran informasi yang dilakukan secara terbuka. Sedangkan untuk perusahaan swasta, kita akan direkomendasikan oleh teman atau konsultan. Jika ada proses rekrutmen pun, tidak seluas perusahaan pemerintah,

Untuk kita yang akan memulai bangun karir, kita harus melakukan survei untuk mencari informasi mengenai perusahaan mana yang cocok bagi kita. Perusahaan swasta dan perusahaan pemerintah, sama baiknya untuk memulai karir. Pilihan ditentukan oleh kita, apakah kita lebih cocok dengan sistem bekerja di perusahaan pemerintah, atau perusahaan swasta. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More