Pentingnya Personal Development Mulai Sekarang

(Sumber Gambar : https://opportunitydesk.org/wp-content/uploads/2018/03/10-Tips-for-achieving-Personal-Development.jpg)

Bandung, ITB Career CenterPersonal development atau pengembangan diri adalah suatu kegiatan untuk meningkatkan kemampuan dalam diri seperti mengasah keterampilan, meningkatkan kinerja, dan lainnya. Personal development sangat penting, terutama bagi kita yang ingin sukses dalam berkarir. Dengan meningkatnya kemampuan diri, kualitas kehidupan dan karir kita pun akan berkembang.

Seperti yang dikutip dari oxbridgeacademy.edu.za, pengembangan diri sangat penting, karena seiring berjalannya kehidupan, keadaan dan lingkungan akan berubah. Untuk dapat menghadapi itu semua, pengembangan diri penting untuk membantu kita menghadapi tekanan dan tantangan yang ada. Pengembangan pribadi adalah proses peningkatan diri yang berkelanjutan baik dalam karir, dalam pendidikan, dalam kehidupan pribadi, atau bidang lainnya. Berikut adalah empat alasan mengapa pengembangan diri sangat penting dan harus menjadi prioritas.

  • Kekuatan untuk keluar dari zona nyaman

Jika ada bidang dalam pekerjaan yang tidak kita sukai, atau ada bidang yang tidak kita kuasai dan membuat kita menghindari pekerjaan tersebut, kita bisa mengatasinya dengan pengembangan diri. Kekurangan pada diri kita dapat kita minimalisir dengan pengembangan diri. Dengan begitu kita akan percaya diri keluar dari zona nyaman dan mencoba bidang baru.

  • Meningkatkan kemampuan yang sudah dimiliki

Pengembangan diri tidak hanya akan memperbaiki kekurangan, tetapi bisa juga untuk lebih meningkatkan kemampuan yang kita miliki. Jika kita sudah merasa menonjol pada suatu bidang, kita bisa lebih memperdalam kemampuan tersebut agar semakin ahli dalam bidangnya. Kita juga bisa melihat potensi diri, dan mengasah kembali potensi tersebut.

  • Meningkatkan percaya diri

Meningkatkan keterampilan otomatis dapat meningkatkan percaya diri. Saat kita dapat menguasai sesuatu, mendapatkan keterampilan baru, mengembangkan diri dalam bidang tertentu, tentu kita akan merasa nyaman. Secara alami rasa nyaman itu muncul dalam diri kita, sehingga kita akan lebih percaya diri. Percaya diri adalah hal yang penting dalam berkarir. Tentu dengan kepercayaan diri dan kemampuan yang baik, kesuksesan akan mudah diraih.

  • Meningkatkan kesadaran diri

Pengembangan pribadi berkaitan dengan kesadaran diri. Ini memberi kita kesempatan untuk melihat secara jujur bidang-bidang apa saja yang perlu ditingkatkan. Melalui proses ini, kita akan lebih mengenal siapa diri sebenarnya, apa nilai-nilai yang kita miliki dan tujuan dalam hidup sebenarnya. Setelah kita melewati proses ini, kita akan meningkatkan kesadaran diri untuk terus berkembang.

Setelah mengetahui pentingnya mengembangkan diri, kita dapat mulai mengembangkan diri dari sekarang. Tetapkan tujuan yang akan kita capai dan buat perubahan. Buat perencanaan tentang apa yang akan kita kembangkan, apa kekurangan dan kelebihan kita. Yang terpenting adalah jangan takut akan perubahan selama perubahan itu ke arah yang lebih baik. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More