Tips Menunggu Hasil Proses Rekrutmen Perusahaan

(Sumber Gambar : https://www.duniakaryawan.com/wp-content/uploads/2018/05/Ilustrasi-menghadapi-interview-kerja.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Interview merupakan salah satu tahapan rekrutmen yang paling menegangkan. Di sini kita akan bertemu secara langsung, empat mata, dengan utusan perusahaan. Bahkan biasanya kita diwawancara langsung oleh pimpinan perusahaan. Maka banyak orang yang mempersiapkan interview dengan maksimal.

Banyak orang yang tidak sadar bahwa tahapan setelah interview ini merupakan proses penting, karena banyak perusahaan yang menempatkan tahap interview pada puncak rekrutmen. Setelah melalui tahap ini, kita akan diberi informasi lebih lanjutnya. Seperti yang dikutip dari www.iamexpat.nl, Berikut adalah enam tips praktis untuk membantu kita melewati proses pasca-interview.

  • Ketahui waktu hasil interview

Kita dapat bertanya kepada perekrut atau pewawancara kapan keputusan hasil interview akan diumumkan. Entah mereka memiliki kandidat lain atau tenggat waktu untuk posisi itu, penting untuk mengetahui jadwal pengumuman hasil interview. Kita juga dapat bertanya pengumuman akan disampaikan melalui website atau sms. Maka kita dapat menunggu dengan pasti apakah kita diterima atau tidak.

  • Menimbang ulang pekerjaan

Setelah melewati proses interview, kita akan lebih mengenal perusahaan. Setelah itu, kita dapat menimbang ulang mengenai pekerjaan di perusahaan tersebut. Kita dapat merasakan kesan yang didapatkan dari perusahaan melalui proses interview. Apakah perusahaan tersebut cocok dengan kita, apakah budaya kerja di sana sesuai dengan kita, dan lainnya. Jika dirasa perusahaan ini cocok, informasikan kepada pewawancara. Ini menghemat banyak waktu kita dan perusahaan untuk menentukan kandidat terpilih.

  • Ikuti Jadwal

Setelah mengetahui jadwal pengumuman hasil interview, sebaiknya kita tidak terlalu sering bertanya kepada perusahaan tentang proses rekrutmen. Beri waktu kepada perusahaan untuk menilai seluruh proses rekrutmen. Kita dapat menunggu kabar dari perusahaan mengenai hasil tersebut. Jika dalam waktu yang sudah ditentukan tidak ada kabar dari perusahaan, baru kita dapat menghubungi perusaaan.

  • Berterima kasih

Terlepas dari hasil rekrutmen, kita dapat mengucapkan terima kasih kepada perusahaan. Kita dapat mengirimkan surat terima kasih kepada manajer perekrutan, berterima kasih kepada mereka atas waktu dan pertimbangan mereka. Ini, tentu saja, tidak akan mempengaruhi keputusan tetapi itu menunjukkan karakter.

Proses pasca-interview sama pentingnya dengan interview itu sendiri. Proses ini merupakan kesempatan untuk merefleksikan dan membedakan diri kita dari pesaing. Patuhi jadwal dan tunggu hasil dengan baik. Jangan sampai kita mengabaikan undangan selanjutnya dari perusahaan. Jika pengumuman sudah ada, dan kita lolos seluruh proses rekrutmen, jangan tunda untuk menghubungi perusahaan dan mengikuti tahapan selanjutnya. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More