Langkah Awal Bangun Karir di Industri Fashion

(Sumber Gambar : http://www.stdi.ac.id/uploads/academic/DSC04391.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Industri fashion cukup menarik perhatian. Bahkan industri ini menyumbangkan kontribusi Pendapatan Domestik Bruto (PDB) nasional sebesar 3.76 persen, dengan nilai ekspor pada 2017 di Indonesia. Seperti yang diberitakan fimela.com, nilai ini terus meningkat setiap tahunnya. Perkembangan industri fashion dapat menjadi peluang karir bagi sebagian orang.

Industri fashion adalah dunia yang sangat kompetitif bagi para kreatif, apalagi tren fashion begitu cepat berubah. Untuk terjun ke industri ini, ada beberapa hal yang harus kita persiapkan. Dikutip dari topuniversities.com, untuk mendapatkan kesempatan berkarir di industri ini ada beberapa hal yang harus kita pelajari.

  • Memulai dengan Magang

Tempat terbaik untuk memulai dan belajar adalah magang. Pengalaman saat magang sangat berharga untuk kita, apalagi jika kita sudah memiliki pengetahuan (teori) tentang fashion, kita dapat memperaktikannya di tempat magang. Di sini kita dapat mencari ilmu sebanyak-banyaknya, bisa bertanya kepada ahlinya, dan tentu tempat kita bereksperimen. Saat magang kita dapat mencoba dan tidak apa-apa jika gagal, di sini kita akan belajar sebelum masuk ke dunia kerja yang sebenarnya.

  • Ikuti perkembangan

Industri fashion saat ini tidak terlepas dari media sosial atau website. Dunia maya adalah tempat industri fashion berkembang. Di sini proses jual beli, perkembangan model-model, dan lainnya berjalan. Peluang akan kita dapatkan di sini. Untuk memulai karir di industri fashion, ada baiknya untuk mempelajari fashion dengan memanfaatkan internet.

Pertama adalah mengikuti fashion dari orang-orang ahli di bidang fashion melalui media sosial. Kedua, kita dapat memantau perkembangan pasar melalui internet, tidak hanya dalam negeri, perkembangan pasar secara global dapat kita pantau.

  • Identifikasi karir fashion kita

Berkarir di dunia fashion tidak hanya menjadi seorang perancang baju. Industri fashion membutuhkan banyak orang dengan berbagai keterampilan. Industri ini membutuhkan penulis, ahli strategi, perancang, pemimpin proyek, pengembang bisnis, pemasar, fotografer, bahkan akuntan.Kita dapat memilih posisi apa yang sesuai dengan minat dan bakat kita. Setelah mengetahui, baru kita dapat memperdalam dan terus mengasah kemampuan kita tersebut.

Dunia fashion membutuhkan seni, antusiasme dan kreatifitas. Dengan terjun ke industri ini kita dituntut untuk terus mengembangkan diri, mengikuti perkembangan, dan memunculkan ide-ide baru. Tantangan ini tentu tidak akan berat dilalui bagi orang-orang yang menyukai dunia fashion. Tips di atas dapat membantu kita untuk melangkah ke dunia fashion, yang terpenting adalah kerja keras dan pantang menyerah. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More