Cermati Job Offer Sebelum Terima Pekerjaan

(Sumber Gambar : https://www.best-job-interview.com/images/xjoboffer1.jpg.pagespeed.ic._PNPJGNdCA.jpg)

Bandung, ITB Career CenterJob offer atau tawaran kerja adalah momen saat kita diberikan pilihan untuk menerima atau menolak tawaran kerja setelah kita melewati seluruh proses rekrutmen. Di sini kita akan diberikan penjelasan mengenai gaji yang diberikan, tunjangan, dan hal spesifik lainnya mengenai pekerjaan yang kita lamar. Jika kita setuju, kita akan menuju tahap selanjutnya yaitu penandatanganan kontrak kerja.

            Sebelum menyetujui, kita harus memeriksa dan mempertimbangkan beberapa hal saat job offer. Tidak hanya soal gaji, banyak hal lain yang harus dipertimbangkan dan ini berhubungan dengan keberlangsungan karir kita. Seperti yang dikutip dari thebalancecareers.com, ada beberapa tips mengenai apa saja yang dapat dipertimbangkan saat job offer.

  • Evaluasi Job Offer

Sebelum menyetujui job offer,perhatikan gaji, tunjangan, bonus, iklim dan budaya kerja, jadwal bekerja, dan jam bekerja. Pertimbangkan pula kewajiban pekerjaan kita dan apakah kita akan senang bekerja dengan suasana perusahaan seperti itu, atau tidak. Pertimbangkan pro dan kontra serta minta waktu untuk mengevaluasi isi dari job offer. Kita pun dapat bertanya mengenai hal tersebut dan meminta respon perusahaan langsung.

  • Evaluasi Benefit dan Tunjangan

Kita dapat meminta penjelasan lebih mengenai tunjangan yang akan kita dapat. Tunjangan yang diberikan perusahaan biasanya berupa tunjangan kesehatan, pensiun, liburan, cuti, asuransi jiwa dan lainnya. Kita dapat meminta rincian dari setiap tunjangan dan mempelajarinya, apakah sesuai dengan apa yang kita butuhkan, atau tidak.

  • Negosiasi Gaji

Jika memungkinkan, kita dapat menegosiasi gaji jika dirasa tidak sesuai dengan standar. Apalagi jika kita seorang professional yang sudah berpengalaman di bidang tersebut, tentu kita tahu betul mengenai standar gaji untuk pekerjaan yang akan kita lakukan. Jika besar gaji tidak menjadi masalah, kita dapat mempertimbangkan kembali keuntungan lain yang didapat selain gaji.

  • Cara Menerima atau Menolak Job Offer

Setelah kita membuat keputusan apakah akan menerima atau menolak tawaran tersebut, inilah saatnya untuk memberi tahu perusahaan. Luangkan waktu untuk menerima atau menolak posisi secara formal, dan lakukan dengan sopan agar tetap menjaga hubungan baik dengan perusahaan.

Setelah melewati tahap ini, kita akan diberikan kontrak kerja dan menandatanganinya. Jika kita sudah pada tahap penandatanganan kontrak, artinya kita sudah terikat dengan hukum. Maka sangat penting untuk mempertimbangkan beberapa hal di atas demi karir kita. Setelah mengetahui tips di atas, diharapakan kita tidak terburu-buru menerima pekerjaan tanpa mempelajari job offer sebelumnya. (Mar)

 

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More