Bekerjasama dengan Pemerintah Jepang, Japan Job Fair 2019 Diselenggarakan di Tiga Negara

HR Event and Promotion PT Pasona, Fauzi saat memberikan pengarahan kepada calon peserta Japan Job Fair 2019 pada Seminar Sosialisasi “Japan Job Fair 2019” yang dilaksanakan di Ruang 9211, GKU Timur, ITB Kota Bandung, pada Senin (2/9/2019). (Dok. ITB Career Center / Mar)

Bandung, ITB Career Center – Pemerintah Jepang melalui Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Indsutri Jepang (METI) bekerjasama dengan Pasona dan Jetro akan menyelenggarakan Japan Job Fair 2019 di tiga negara, yaitu Jakarta (Indonesia) pada 5 Oktober 2019, Bandung (Indonesia) pada 7 Oktober 2019, Da Nang (Vietnam) pada 16 November 2019, Hanoi (Vietnam) pada 19 November 2019, Ho Chi Minh (Vietnam) pada 23 November 2019 dan Delhi (India) pada 8 Desember 2019.

Japan Job Fair 2019 merupakan ajang pertemuan bagi para lulusan baru maupun pencarian kerja di berbagai kota besar di Asia, untuk bekerja di perusahaan Jepang dan perusahaan Jepang yang ingin mencari tenaga kerja global.

HR Event and Promotion PT Pasona, Fauzi mengatakan tujuan dari Japan Job Fair 2019 adalah untuk mewadahi perusahaan Jepang yang ingin mencari tenaga kerja asing. Apalagi setiap tahunnya, tren mencari pekerja asing terus berkembang di Jepang, karena memang perusahaan Jepang harus terus berkembang dan bersaing.

“Pasona bekerja sama dengan Jetro untuk mengumpulkan perusahaan Jepang yang tertarik mengikuti Job Fair. Di sini kami bertanggung jawab mengenai eventnya,” ujar Fauzi saat memberikan pengarahan kepada calon peserta Japan Job Fair 2019 pada Seminar Sosialisasi “Japan Job Fair 2019” yang dilaksanakan di Ruang 9211, GKU Timur, ITB Kota Bandung, pada Senin (2/9/2019).

Hingga saat ini, 18 perusahaan dipastikan bergabung dalam Japan Job Fair 2019 di Bandung, dan angka ini akan terus bertambah. Japan Job Fair 2019 disponsori oleh pemerintah Jepang, maka dari pihak perusahaan maupun peserta Job Fair akan merasa aman dan terhindar dari penipuan.

“Seluruh proses visa dan legalitasnya sudah dijamin. Nanti dapat dibantu oleh Jetro proses untuk visanya,” ujar Fauzi.

Perusahaan yang mengikuti Japan Job Fair 2019 ini rata-rata merupakan perusahaan yang baru pertama kali berkunjung ke Indonesia. Perusahaan tersebut membukan lowongan pekerjaan tidak hanya untuk ditempatkan di Jepang tetapi dapat ditempatkan di perusahaan Jepang cabang Indonesia.

“Perusahaan yang mengikuti Japan Job Fair 2019 terdiri dari berbagai macam bidang, diantaranya industri manufaktur, digital marketing, dan IT untuk berbagai posisi,” jelas Fauzi.

Fauzi menegaskan, Japan Job Fair 2019 tidak hanya terbuka untuk fresh graduate dan profesional, tetapi terbuka juga untuk mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi. Peserta pun dapat mengikuti Japan Job Fair 2019 secara gratis. Tidak hanya pameran perusahaan, rangkaian acara terdiri dari; seminar bersama masing-masing perusahaan, wawancara langsung pada hari-H, layanan konseling karir, dan lainnya.

Peserta dapat melakukan registrasi dan mengirimkan lamaran kepada perusahaan Jepang yang diinginkan melalui website japanjobfair.go.jp sebelum acara. Sehingga pada hari-H, perusahaan Jepang sudah dapat memilih kandidat terbaik yang akan diwawancara pada saat Job Fair.

“Nanti langsung interview pada hari-H. Kita menganjurkan untuk perusahaan Jepang tidak melakukan proses interview di Jepang, jadi seluruh proses interview dilakukan di sini (tempat berlangsungnya Japan Job Fair 2019). Baik itu ketika acara dimulai, maupun setelah selesai acara,” jelasnya.

Bagi jobseekers yang tertarik mengikuti Japan Job Fair 2019, seluruh informasi dapat dilihat melalui website japanjobfair.go.jp dan media sosial instagram METI Japan Job Fair di @japanjobfair2019. (Mar)

 

 

 

 

 

 

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More