Kualifikasi yang Dibutuhkan Untuk Berkarir di Bidang Pendidikan

(Sumber Gambar: https://www.strath.ac.uk/media/1newwebsite/imagesbysize/1600x600/Business_1600x600-min.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Bekerja di bidang pendidikan di Indonesia cukup populer. Pekerjaan di bidang pendidikan ini berkaitan dengan menjaga integritas lembaga-lembaga akademik dan menjaga kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan. Pekerjaan yang masuk dalam bidang pendidikan diantaranya sebagai guru, dosen, pengajar lainnya, konselor sekolah, asisten dosen, spesialis pelatihan, administrator pendidikan, dan lainnya.

Seperti yang dikutip di jobs.telegraph.co.uk, secara umum untuk berkarir di bidang pendidikan kita setidaknya memiliki gelar sarjana. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan untuk yang tidak memiliki gelar sarjana, mengingat peluang kerja di bidang pendidikan begitu luas. Untuk kita yang tertarik berkarir dalam bidang pendidikan, ada beberapa kemampuan yang sebaiknya dimiliki demi menunjang karir.

  • Adaptability

Jika kita memilih menjadi seorang pendidik di bidang ini untuk berkarir, kita harus siap akan perubahan yang begitu sering. Tidak hanya teknik mengajar, kurikulum hingga bahan ajar terus berubah mengikuti perkembangan jaman. Sebagai seorang profesional, kita harus mudah beradaptasi dengan hal tersebut.

  • Berdedikasi

Meskipun bidang pendidikan memiliki waktu bekerja yang cukup terjadwal, tetapi kita harus mempersiapkan diri untuk bekerja diluar jam kantor. Bekerja lembur harus dijalani, hal ini memperlihatkan dedikasi kita terhadap pekerjaan.

  • Komunikasi

Sebagai orang yang berkarir dalam bidang pendidikan, harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Kemampuan ini diguanakan salah satunya untuk menyampaikan pengetahuan kepada orang lain. Pengetahuan yang dimiliki tidak akan tersampaikan dengan baik tanpa komunikasi yang baik pula.

  • Kreatif

Kreatifitas mendukung kita dalam menyampaikan pengetahuan kepada orang lain. Sebagai seorang guru misalnya, tidak semua murid memahami pelajaran yang kita ajarkan melalui metode pembelajaran biasa. Maka tugas kita sebagai guru untuk berpikir kreatif agar semua murid dapat memahami apa yang kita ajarkan.

  • Manajemen

Untuk sukses berkarir dalam bidang pendidikan, kita harus mampu mengelola tugas dan menyampaikan gagasan secara terstruktur. Maka memiliki sistem manajemen kerja yang baik sangat membantu dalam bidang pendidikan. Kita harus terorganisir dalam mengelola berbagai tugas dan memfasilitasi pembelajaran.

  • Pengetahuan

Mereka yang bekerja di bidang pendidikan pastinya memiliki pengetahuan yang luas dalam bidangnya. Mendalami bidang yang kita tekuni ini menjadi keharusan agar kita memiliki pengetahuan yang luas. Kita pun harus dapat menyampaikan pengetahuan tersebut kepada orang lain.

Bidang pendidikan merupakan profesi yang terus berkembang. Bidang ini menawarkan peluang yang luas dan pengembangan diri yang cukup baik. Ada beberapa keuntungan saat kita memilih berkarir di bidang pendidikan, pertama memiliki perspektif yang luas, memiliki waktu kerja yang terjadwal, dapat memenuhi kebutuhan pribadi dan pendidikan, dan kemampuan interaksi interpersonal yang terus terasah. (Mar)

 

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More