Skill Penting Seorang Engineer

(Sumber Gambar: https://revpart.com/wp-content/uploads/2016/06/engineering-career-e1465567941843.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Prospek kerja seorang engineer tidak bisa dipandang sebelah mata. Jurusan ini memiliki kategori pekerjaan yang cukup luas, yaitu pekerjaan yang menggunakan dasar sains dan matematika untuk menyelesaikannya. Pekerjaan yang biasa dilakukan meliputi disiplin ilmu teknik mesin, listrik, kimia, sipil dan lingkungan.

Kebanyakan posisi engineer memerlukan seseorang yang memiliki pendidikan minimal sarjana dari berbagai disiplin ilmu engineering yang berhubungan dengan pekerjaan. Engineer harus memiliki pendidikan dan pelatihan yang baik, maka diperlukan gelar sarjana dalam beberapa bidang engineering. Mechanical engineering misalnya, banyak mechanical engineer yang memiliki gelar lebih tinggi dari sarjana untuk mendukung pekerjaannya. Terlebih engineer juga memerlukan lisensi.

Untuk menjadi seorang engineer ada beberapa kemampuan yang harus dikuasai. Mereka harus memiliki hardskill yang berhubungan dengan bidangnya. Selain itu mereka harus memiliki pemahaman yang kuat akan standar industri, dan kemampuan komputer. Selain hardskill, ada beberapa softskill yang harus dimiliki, seperti yang dikutip dari thebalancecareers.com, berikut beberapa skill yang harus dimiliki seorang engineer.

  • Problem Solving

Bagian terbesar pekerjaan seorang engineer adalah memecahkan permasalahan menggunakan mesin atau peralatan yang mereka miliki. Kemampuan analisis mereka harus baik untuk menemukan jalan keluar dari setiap permasalahan yang ditemui. Pemecahan masalah tersebut dilakukan dengan pemikirian analisis, analisis melalui riset, tes prototype, dan lainnya.

  • Kreatif

Salah satu pekerjaan engineer melibatkan pengembangan dan perencanaan produk, mulai dari batre, generator listik hingga perangkat medis. Untuk menciptakan produk, dibutuh kreatifitas.

  • Komunikasi

Saat mengerjakan projek dengan klien, seorang engineer harus menjelaskan produk yang cukup rumit kepada klien. Apalagi, biasanya klien bukan merupakan orang teknik yang paham dengan istilah rumit tersebut. Maka sebagai seorang engineer, kemampuan komunikasi sangat peting, untuk menyampaikan hal rumit tersebut kepada klien agar mudah dipahami. Mereka pun harus dapat menjelaskan ide mereka dengan jelas dan efektif.

  • Teamwork

Engineering melibatkan banyak kerja tim, mereka sering bekerja dalam kelompok untuk mengembangkan produk dan pemecahan masalah. Mereka pun terkadang bekerja dengan bidang lainnya, maka harus dapat bekerjasama dengan baik. Sikap toleransi dan menurunkan ego dalam kerjasama tim sangat penting, hal ini yang seharusnya dimiliki oleh engineer.

Beberapa skill tersebut diharapakan dimiliki oleh seorang engineer. Skill tersebut dapat dikembangkan untuk menunjang pekerjaan kita. Kita dapat mulai mengasahnya saat kuliah, yaitu melalui projek yang biasa dilakukan oleh dosen hingga ikut kegiatan organisasi. (Mar)

 

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More