Budaya Kerja Orang Jepang, Pekerja Keras Hingga Team Work

(Sumber Gambar: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTcYoflGbLQpNLzssHHceD5rQcVH1m8TViYkHkEF_bJqJiAuyNNmQ )

Bandung, ITB Career Center – Budaya kerja orang Jepang indentik dengan pekerja keras, dan tepat waktu dalam bekerja. Hal ini disampaikan oleh Overseas Development Manager CBS Techno Co.Ltd, Xiao Wu. CBS Techno menrupakan perusahaan Jepang, menurutnya, sebagai orang yang bekerja di Jepang sejak lama, budaya kerja yang paling mencolok di Jepang adalah senang bekerja keras, menjaga sopan santun dan tepat waktu.

“Walaupun di sana jam bekerjanya mulai pukul 9 pagi hingga 6 sore tapi untuk menunjukan performa yang bagus, bisanya kita sudah ada di kantor kurang lebih 15 menit lebih awal dan pulang 15 menit setelah jam kantor berakhir. Selain itu, setiap orang memiliki konsitensi yang tinggi menganai waktu bekerja di sana,” ujarnya saat ditemui di ITB Career Center, Kota Bandung pada Jumat (9/8/2019).

Selain itu, Xiao mengatakan ciri lain budaya kerja di Jepang adalah pengembangan diri bagi karyawan baru. Karyawan yang baru bergabung dengan perusahaan tidak akan langsung dituntut untuk mengembangkan profit perusahaan, mereka akan diberikan kesempatan untuk lebih banyak praktik dan belajar mengenai bidang yang ditekuni. Terutama untuk perusahaan engineering, mereka akan fokus untuk belajar. Perusahaan akan membentuk setiap karyawannya untuk memiliki kemampuan sesuai standar perusahaan. Mereka diberikan pelatihan agar menjadi lebih baik.

“Dalam waktu enam bulan pertama di perusahaan, senior akan sangat sering mengajari kita, dan kita akan lebih banyak praktik dan belajar sebelum benar-benar fokus membangun perusahaan. Biasanya dua sampai tiga tahun. Untuk perusahaan engineering kita membutuhkan waktu untuk menjadi engineer yang baik di Jepang, dan perusahaan akan membantu kita menjadi engineer yang bagus,” jelasnya.

Saat ditanya mengenai team work, budaya kerja Jepang pun menjunjung tinggi kerjasama tim. Walaupun terkadang karyawan diberikan tugas secara individu, tetapi kita dapat berdiskusi satu sama lain mengenai pekerjaan tersebut, terlebih jika kita mengalami kesulitan saat mengerjakan tugas.

Team work ini membutuhkan kemampuan komunikasi. Menurut Xiao mengatakan dengan kemampuan komunikasi yang baik, seseorang akan mudah untuk berdiskusi dengan rekan kantor lainnya.

“Kemampuan komunikasi sangat penting di Jepang. Kemampuan komunikasi ini dibutuhkan saat kita memberikan report kepada atasan, atau saat kita berdiskusi dengan rekan kerja. Diskusi yang dilakukan ini bertujuan agar pekerjaan yang kita lakukan menjadi lebih baik. Jadi walaupun kita mendapat tugas sendiri, komunikasi ini sangat penting,” ujarnya.

Budaya kerja orang Jepang dan Indonesia tidak berbeda jauh. Xiao melihat beberapa karyawan di perusahaan yang berasal dari Indonesia memiliki sifat pekerja keras dan sopan santun yang baik. Menurutnya tidak sulit bagi orang Indonesia yang ingin bekerja di Jepang untuk beradaptasi dengan budaya kerja Jepang. Perusahaannya pun setiap tahun mencari kandidat dari berbagai negara untuk bergabung dengan perusahaannya di Jepang, termasuk kandidat asal Indonesia.

“Tahun ini kita mengunjungi Indonesia dua kali dan mendapatkan 10 kandidat asal Indonesia. Kita mencari kandidat dari Indonesia karena mereka memiliki sifat pekerja keras dan berpotensi,” ujar Xiao. (Mar)





Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More