Pertimbangan Membangun Karir Bersama Startup

(Sumber Gambar : https://vortexbladeless.com/wp-content/uploads/2018/11/successful-startup-vortex.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Bekerja di perusahaan startup cukup menarik perhatian banyak orang. Gambaran bekerja di startup adalah menyenangkan, kekinian, dan memiliki teknologi yang lebih maju dibandingkan perusahaan yang sudah berdiri lama. Bergabung dengan startup memang dapat menjadi langkah yang menyenangkan dan dapat memberikan pengalaman berharga.

Sebelum memilih bergabung dengan startup, ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan terlebih dahulu. Salah satunya mengenai fakta, bahwa kebanyakan start-up merupakan perusahaan baru yang belum stabil dari beberapa sisi. Banyak yang harus dipikirkan. Dikutip dari themuse.com, berikut adalah hal yang harus dipersiapkan sebelum kita bergabung dengan perusahaan startup.

  • Nyaman dengan perubahan

Tidak seperti perusahaan berpengalaman, startup terkadang belum memiliki prosedur yang jelas dan terstruktur. Banyak perubahan terjadi dengan cepat dan tidak terduga. Misalnya kejelasaan job desk pekerjaan, rencana kerja yang berubah-ubah, hingga kebijakan perusahaan mengenai sesuatu hal.

Hal ini terjadi karena startup masih mencari cara dan aturan yang sesuai dengan perusahaannya. Perubahan ini dapat menjadi tantangan tersendiri bagi kita. Banyak hal yang akan kita pelajari seiring berkembangnya perusahaan. Maka, jika kita dapat nyaman dengan perubahan yang terjadi, bukan masalah untuk kita memilih startup untuk memulai karir kita.

  • Mengerjakan banyak hal

Dalam startup bisa jadi kita diminta melakukan pekerjaan di luar bidang yang kita lakukan. Kita mungkin diminta untuk melakukan pekerjaan administratif, memasukan surat ke amplop, membeli makanan, menjawab telepon, hingga diminta membuat proposal dalam waktu singkat.

Hal ini tentu dapat memberikan dampak terhadap karyawan. Mungkin untuk pertama kali bergabung, kita akan sering dibingungkan dengan ketidakjelasan pekerjaan kita tersebut. Tetapi, kita pun harus belajar lebih sabar dan lebih kritis menghadapi hal tersebut. Kita dapat menegaskan job desk kita yang sebenarnya dan tetap dapat membantu pekerjaan yang dapat kita lakukan. Keduanya tidak masalah jika kita menjalaninya dengan tujuan ingin berkontribusi banyak bagi perusahaan.

  • Pemberian startup

Startup senang memberikan penghargaan kepada karyawan atas kinerja kita. Selain itu, banyak fasilitas yang biasanya diberikan kepada karyawan seperti makan siang gratis, ruangan yang bagus, hingga penghargaan jalan-jalan bagi karyawan. Kemewahan itu terkadang tidak berlangsung lama atau tidak stabil. Terkadang pula, walaupun banyak fasilitas yang diberikan, ada hal-hal penting yang malah tidak ditanggung oleh perusahaan, seperti tunjangan kesehatan, atau tunjangan pendidikan.

Maka ada baiknya untuk mencari tahu apakah hal tersebut dapat menjadi masalah bagi kita atau tidak. Jika kita tidak masalah dengan fasilitas yang ditawarkan, maka tidak masalah pula bagi kita bekerja di perusahaan tersebut.

Startup dapat mengalami kegagalan dengan cepat. Ini adalah salah satu resiko yang harus dipikirkan sejak awal. Belum stabilnya perusahaan adalah salah satu pemicunya. Tetapi tidak jarang startup pun dapat berkembang pesat dan memberikan banyak keuntungan bagi karyawannya. Melihat hal tersebut, jika kita menyukai tantangan dan kejutan, startup adalah perusahaan yang tepat untuk memulai karir. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More