PT Seiwa Indonesia Buka Kesempatan Berkarir untuk Tiga Posisi

(Sumber Gambar : http://cdn.simplesite.com/i/9c/a6/284852681768281756/i284852689464882833._szw1280h1280_.jpg)

Bandung, ITB Career Center - PT Seiwa Indonesia kembali membuka kesempatan untuk berkarir menjadi seorang production engineering, dan staf Health, Safety, Environment (HSE). Menurut HR Assistant Manager, Slamet Santoso Nugroho, perusahaan multinasional ini sekaran sedang membuka lowongan untuk tiga posisi diantaranya adalah production engineering, dan staf HSE. Sedangkan satu posisi lainnya yaitu posisi Information technology (IT), rekrutemannya dilakukan secara terpisah.

“Masing-masing posisi kemungkinan diisi oleh satu hingga dua orang. Sebenarnya ini dilihat dari kebutuhan dan user. Terkadang jika user sudah suka, kita akan terima semua,” jelas Santoso saat ditemui di sela-sela rekrutmen di ITB Career Center, Kota Bandung, pada Selasa (7/8/2019).

PT Seiwa Indonesia sendiri merupakan salah satu anggota Mitsuboshi Belting Ltd Group Japan yang bergerak dibidang produksi automotif yang berada di Cikarang Barat, Bekasi.Ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh para kandidat untuk bergabung dengan perusahaan asal Jepang ini. Pertama adalah tahap pendaftaran online melalui ITB Career Center. Di sini data akan dipilih sesuai dengan kriteria yang dicari. Kandidat terpilih akan diberikan undangan untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu tahap tes tulis.

“Kita filter kandidat yang cocok dengan kriteria kita, kadang yang daftar beragam, ada yang jenjang D3 sampai S2. Tetapi karena memang yang kita cari background-nya S1, kita hanya saring yang S1 saja. Yang kita saring itu lihat dia lulusan jurusan apa, bacground pendidikannya, cocok tidak dengan perusahaan, semua dilihat dari profilnya,” ujarnya.

Tes tulis terdiri dari beberapa bagian, yaitu tes potensi akademik, problem solving test dan tes bahasa Inggris. Semua tes dilakukan sesuai dengan spesifikasi perusahaan dan ada pula soal khusus yang diberikan sesuai dengan posisi yang dilamar. Santoso mengatakan, salah satu kriteria penting adalah penguasaan bahasa Inggris. Walaupun perusahaan asal Jepang, bahasa Inggris tetap menjadi persyaratan penting.

“Walaupun sekarang banyak orang Jepang yang bisa bahasa Indonesia, tetapi saat berkomunikasi dengan orang Jepang, kalau ada kata-kata yang tidak dimengerti, harus kita terjemahkan dalam bahasa inggris. Kalau dia bisa bahasa Jepang malah lebih bagus lagi, akan menjadi nilai plus,” jelasnya.

Tahap selanjutnya yang dilalui oleh kandidat yang lolos adalah tahap wawancara. Wawancara dilakukan dua kali, yaitu oleh HR, sedangkan wawancara kedua oleh user dan redaksi. Setelah itu ada tahap evaluasi dan tahap medical check up . Setelah melalui tahapan rekrutmen, kandidat terpilih akan melakukan magang selama tiga bulan sebelum akhirnya diterima menjadi karyawan PT Seiwa Indonesia.

Satu bulan pertama, kandidat akan diberikan tugas secara umum. Selanjutnya pada bulan kedua dan ketiga, kandidat baru akan diberikan tugas sesuai dengan bidang masing-masing. Setelah tiga bulan, peserta akan melaporkan hasil pekerjaannya melalui persentasi di depan manager dan direksi. Dari hasil persentasi, baru akan diputuskan apakah kandidat diterima menjadi karyawan atau tidak.

“Dari hasil persentasi akan ditentukan apakah karyawan layar lanjut untuk bergabung dengan perusahaan atau tidak,” ujar Santoso. (Mar)

   



Komentar



Events & Calendar
    • No Upcoming Event
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More